Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori?

  • Whatsapp

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori?

 

Cara yang sederhananya adalah dengan mengalikan jumlah kebutuhan kalori/kg sesuai dengan aktivitas fisik dengan berat badan. Jumlah kebutuhan kalori/kg itu, bisa diketahui melalui Indeks Masa Tubuh (IMT). Cara menghitung IMT adalah.

Berat Badan (BB) Dibagi Tinggi Badan

Misal, seseorang perempuan dengan berat badan 58 kg, tinggi badan 1,60 m, dengan aktivitas ringan sehari-hari. IMTnya berarti: 58 kg/1,6m 2= 22,6 kg/m2. Berarti wanita tersebut mempunai IMT yang normal. BB tersebut kemudian dikalikan dengan jumlah kebutuhan kalori untuk aktivitas ringan yaitu 30 kalori/kg (lihat tabel). Berarti kebutuhan kalori total 58 x 30kalori= 1.740 kalori/ hari.

Nah, jika seseorang itu kelebihan berat badan, ia harus menghitung kembali berat badan idealnya. Caranya adalah dengan 90% dikalikan dengan tinggi badan -100. Setelah itu baru disesuaikan dengan kebutuhan kalorinya berdasarkan IMT berat badan ideal tadi. Jika sudah tahu kebutuhan kalori tadi, jika berniat untuk menurunkan berat badan, tinggal komposisi nutrisinya yang dimodifikasi.

Baca Juga  Resep Spaghetti yang Enak Cocok untuk Bekal Anak Anak Sekolah

Misalnya yang tadinya karbohidrat 55%- 60%, protein 15%-20%, 30% lemak dimodifikasi menjadi karbohidratnya dibikin rendah, sekitar 40% saja, lalu protein sekitar 30%, dan 30 % lemak. Asal tetap sesuai dengan kebutuhan nutrisi, modifikasi komposisi ini dibenarkan. Dan sekali lagi, modifikasi hanya boleh dalam jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan. Akan lebih baik meminta saran dari dokter.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.