Boleh Ga Sih Memberi Bedak Pada Bayi ?

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Boleh Ga Sih Memberi Bedak Pada Bayi ?

“Sejak lahir sampai sekarang anak saya menggunakan bedak talk. Kalau belum, rasanya ada yang kurang. Saya menaburkan bedak pelan-pelan agar butiran-butirannya tidak terhirup oleh Si kecil. Saya tidak gunakan pada area intimnya. Karena takut dapat menutup saluran pipisnya.” Roma Shofa, 23, ibu dari M. Maulana Khalilurrahman, 13 bulan.

“Saya rutin memakaikan bedak di punggung dan leher Si Kecil karena daerah tempat saya tinggal panas. Jika tidak, malah membuat mereka biang keringat. Jika ditaruh di organ intim tentu saja tidak baik, kalau cemang-cemong terlalu tebal di wajah juga bikin bayi batuk.” Meutia Fitri Hasan, 25, ibu dari Zidan Hussein Almanar, 8 bulan.

 

“Sejak lahir sampai Si Kecil 3,5 tahun, saya selalu pakaikan bedak sehabis mandi. Bedaknya sering berganti merk. Puji Tuhan Si Kecil tidak kenapa-kenapa. Saat memakaikannya sponsnya tidak ditepuktepuk terlalu keras, cukup diusap-usapkan perlahan ke badannya.” Silviana Dwi Aryani, 27, ibu dari Sheilla Maureen Ellena Quinn, 3,5 tahun.

Baca Juga  Profil Biografi Biodata Lobow Band

 

“Saya menggunakan bedak seperlunya saja pada bayi. Saya menggunakan spons untuk menaburkan bedak agar butiran halus berbahaya tidak mudah terhirup oleh Si Kecil. ” Yulin Sabbathany Eltondo, 28, ibu dari Clement Y. Nainggolan, 2.

 

“Kedua anak saya dari bayi sampai sekarang tidak pernah memakai bedak tabur. Sekarang banyak cologne, minyak rambut, dan minyak telon yang khas beraroma bayi untuk menjaga agar Si Kecil tetap wangi.” Caecilia Dwi Wahyuni, 28, ibu dari Adrian Jocello Satria Wiratmaja, 4, dan Andreas Jocelino Manggala Wiratmaja, 2.

 

“Kedua anak saya dari lahir hingga sekarang tidak menggunakan bedak talk. Jika khawatir bau keringat, tinggal ganti pakaiannya saja. Menurut informasi, bedak talk dapat masuk ke dalam pernapasan, dan dapat menghambat keringat keluar.” Maharani Dewi, 32, ibu dari Raditya Arsyanta, 6, dan Syahrul Diera Rasyid, 4.

Baca Juga  Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Baik dan Benar

 

“Saya tidak pernah memakaikan Si Kecil yang sekarang berusia 7 bulan bedak talk karena takut ada efek samping, seperti iritasi kulit atau gangguan pernapasan. Saya hanya memberikan minyak telon. Selain hangat, aromanya juga menenangkan.” Nurlaily Thariqa, 32, ibu dari Siti Bilqis Azzahra, 7 bulan.

 

“Anak kedua saya tidak pernah menggunakan bedak. Ketika umur 1 tahun, ia biang keringat dan gatal-gatal. Saya beri bedak bayi tapi tidak reda, malah semakin parah seperti iritasi. Lalu saya menggunakan baby cream. Alhamdulillah membaik dan kulitnya menjadi mulus kembali.” Tri Ariski Leventining, 35, ibu dari Muhammad R. Haidar Al Zaki, 23 bulan.

 

Tanggapan Ahli, Boleh Ga sih Memberi Bedak pada Bayi ?

“Tidak masalah memakaikan bedak talk pada bayi. Ketika memakaikan bedak pada Si Kecil, hindari menaruh langsung di depan wajahnya, agar butiran-butiran bedak tidak terhirup. Letakkan bedak di tangan terlebih dahulu dan jauhkan dari Si Kecil. Tepuk-tepuk, lalu usapkan ke tubuh Si Kecil, dan jangan sampai terkena area intimnya. Bedak talk dapat menyebabkan pneumonia sebenarnya hanya mitos, karena pneumonia disebabkan infeksi, bukan iritasi karena kemungkinan adanya butiran bedak yang terhirup oleh Si Kecil,” ungkap dr. Margareta Komalasari, SpA, dokter spesialis anak dari Brawijaya Clinic Kemang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.