Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

  • Whatsapp

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Dasar mesin diesel

Alternatif mesin bensin sejak lama.

Mesin diesel sederhana benarbenar pekerja keras di kehidupan modern ini. Pelajari tentang bagaimana mesin luar biasa ini berkerja dan perbedaannya dengan mesin bensin.

 

SEJARAH SINGKAT

Lahirnya mesin diesel hadir pada akhir abad ke-19 ketika para ilmuwan mulai mencari jalan untuk menggantikan mesin uap, yang dianggap kurang efisien; dan mesin bensin, yang terkadang berbahaya dan juga kurang efisien. Mesin uap dan bensin hanya efisien sekitar 10 hingga 12 persen, yang menjadikannya mahal untuk dioperasikan dan tidak dapat diandalkan untuk penggunaan tertentu. Pada saat itu, mesin bensin dapat bocor dan karena bensin sangat mudah menguap, mesin akan menimbulkan percikan api terutama jika digunakan dalam area terbatas. Bapak mesin diesel modern adalah German Rudolf Diesel. Dalam penelitiannya, ia menemukan bahwa udara, jika terkompresi sangat tinggi, akan menjadi hangat yang akan membakar bahan bakar. Inilah dasar mesin diesel. APA

cara-kerja-mesin-diesel-4-tak-1

PERBEDAAN MESIN DIESEL DAN BENSIN?

Baca Juga  Spesifikasi, Harga, Mobil Sport Terbaru, Porsche 911 Carrera S

Baik mesin diesel dan bensin merupakan mesin pembakaran internal yang berkerja menggunakan siklus empat langkah. Keempat langkah tersebut adalah saluran masuk, kompresi, tenaga dan saluran keluar. Pertama udara masuk ke dalam silinder, kemudian terkompresi bersama bahan bakar.

 

Pada titik ini, campuran bahan bakar dan udara menyala yang menyebabkan ledakan. Ledakan tersebutlah yang menyebabkan piston bergerak ke bawah dan menggerakkan poros mesin untuk memproduksi gerakkan. Langkah terakhir adalah saluran pembuangan yang dikeluarkan dari silinder sehingga mulai siklus dari awal lagi. Perbedaan utama antara mesin diesel dan bensin adalah bahwa mesin bensin menggunakan busi untuk menyalakan campuran udara dan bahan bakar, sedangkan mesin diesel benar-benar mengandalkan kompresi udara bertekanan sangat tinggi.

 

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, Rudolf Diesel mengetahui bahwa temperatur udara akan menjadi naik jika terkompresi sangat tinggi. Temperatur tersebut akan sangat tinggi pada titik di mana akan menyalakan bahan bakar diesel. Pada mesin diesel, kompresi udara terjadi sekitar 14 hingga 23 kali lebih tinggi. Pada mesin bensin, perbandingan kompresi pada umumnya lebih rendah, hanya sekitar 7 hingga 10, dengan kendaraan berperforma tinggi memiliki kompresi hingga 13. Perbandingan kompresi tinggi memang diharapkan lantaran menghasilkan efisiensi termal lebih tinggi. Dengan kata lain, lebih banyak energi yang digunakan dari campuran udara dan bahan bakar. Hal ini juga menjelaskan mengapa mesin diesel dianggap lebih efisien (sekitar 25 hingga 30 persen) dibandingkan dengan mesin bensin. Dan berkat meningkatnya efisiensi keramahan emisi lingkungan dan penyempurnaan pada teknologi diesel, mobil diesel menjadi tren. Hampir setiap pabrikan mobil saat ini memiliki versi diesel pada odel terpopuler mereka.

Baca Juga  Cara Membersihkan Velg Mobil Agar Kinclong

cara-kerja-mesin-diesel-4-tak-2

 

KELEBIHAN

1. Mesin diesel adalah mesin pembakaran internal yang paling efisien, mampu mengubah lebih dari 45 persen energi bahan bakar menjadi energi gerak. Sedangkan mesin bensin memiliki daya efisiensi sekitar 30 persen.

2. Selain efisien, bahan bakar diesel juga lebih murah. Artinya kendaraan diesel lebih murah dioperasikan. Itulah sebabnya banyak bus menggunakan mesin diesel.

3. Untuk menahan kompresi tinggi gas dalam silinder, mesin diesel dirancang sangat kuat sehingga secara umum lebih tahan lama dibandingkan mesin bensin.

4. Mesin diesel dapat menggunakan bahan bakar alternatif dan terbarukan seperti biodiesel dengan sedikit atau tanpa modifikasi. Biasanya biodiesel mengacu pada penggunaan minyak sayur yang biasa digunakan untuk memasak, dan kemudian didaur ulang dan diolah sehingga dapat digunakan memberi tenaga mobil diesel.

Baca Juga  Modifikasi Honda Beat untuk Balapan

 

KEKURANGAN

1. Mesin diesel harus dirancang lebih kuat untuk menahan gas berkompresi tinggi, sehingga biasanya berbiaya mahal. Terkadang, mobil diesel lebih mahal dibandingkan dengan mobil bensin.

2. Mesin diesel relatif berbunyi agak berisik. Hal ini disebabkan oleh pengapian bahan bakar langsung yang menimbulkan gelombang tekanan.

3. Mesin diesel lebih berat dan kurang putaran dibandingkan dengan mesin bensin, yang menjadikannya kurang diinginkan untuk mobil sport.

4. Karena mesin diesel tidak menggunakan busi untuk memulai proses pembakaran, dan karena bahan bakar diesel tidak mudah terbakar, mesin dapat sulit dinyalakan saat udara dingin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.