Layanan Cloud untuk Lingkungan Enterprise

  • Whatsapp

Layanan Cloud untuk Lingkungan Enterprise

 

Dengan VMware Cloud on AWS, beralih ke hybrid cloud akan menjadi lebih mudah. Solusi ini memungkinkan suatu workload untuk dijalankan di private cloud maupun di public cloud sesuai dengan kebutuhan, tanpa perlu melakukan modifi kasi terhadap workload tersebut.

Anda masih ingat dengan VMware Cloud Foundation yang InfoKomputer bahas pada edisi Oktober 2016? VMware Cloud Foundation yang secara resmi diperkenalkan pada VMworld 2016 lalu itu mengintegrasikan core component dari SDDC, yakni VMware vSphere, VMware Virtual SAN, dan VMware NSX, plus menambahkan SDDC Manager yang mengotomatiskan proses deployment dan manajemen dari software cloud VMware.

Jadi, bila sebelumnya VMware vSphere, VMware Virtual SAN, dan VMware NSX adalah produk yang terpisah, VMware Cloud Foundation menggabungkannya serta menambahkan SDDC Manager. Tujuannya untuk memudahkan pembuatan private cloud. Nah, baru saja di pertengahan bulan Oktober 2016 lalu, VMware bersama AWS (Amazon Web Services) mengumumkan akan segera menghadirkan VMware Cloud on AWS. Saat ini, VMware Cloud on AWS masih berupa Technology Preview dan direncanakan akan hadir pada pertengahan tahun 2017 yang akan datang. VMware Cloud on AWS ini ditenagai oleh VMware Cloud Foundation yang berjalan pada public cloud milik AWS. Karena ditenagai VMware Cloud Foundation, berbagai perusahaan yang selama ini sudah menggunakan private cloud memanfaatkan VMware vSphere maupun yang beserta VMware Virtual SAN dan VMware NSX, nantinya bisa dengan mudah memindahkan workload pada private cloud-nya itu ke public cloud yang ditawarkan AWS.

Baca Juga  Mobil Mewah Murah Seperti Alphard

 

Tidak perlu melakukan modifi kasi terhadap workload tersebut, solusi ini menghadirkan pengalaman yang konsisten antara keduanya. Dengan VMware Cloud on AWS, berbagai perusahaan bisa dengan mudah memindahkan sebagian workload tertentu ke AWS dan tetap menjalankan workload lainnya di private cloud atau data center-nya sendiri. VMware Cloud on AWS memudahkan para perusahaan untuk beralih ke hybrid cloud. “VMware Cloud on AWS menawarkan konsumen kami yang terbaik dari kedua dunia,” sebut Pat Gelsinger (CEO, VMware). “Layanan baru ini akan membuat konsumen lebih mudah untuk mempertahankan investasi mereka pada aplikasi dan proses yang telah ada dengan tetap mengambil keuntungan dari ketersediaan secara global, berbagai kemampuan yang maju, dan skala dari public cloud AWS,” tegas Pat Gelsinger kemudian. Tren Hybrid Cloud Kerja sama antara VMware dan AWS ini tentunya sejalan dengan tren pada cloud computing yang kini sedang terjadi.

Baca Juga  Bluetooth Remote Shutter Android Terbaik Harga Murah

 

Hybrid cloud yang bisa memberikan kelebihan yang ditawarkan private cloud dan public cloud memang mengalami pertumbuhan yang signifi kan. Menurut survei yang dilakukan oleh RightScale pada tahun 2016, sebanyak 71% dari respondennya telah menggunakan hybrid cloud, naik dari 58% menurut survei yang sama pada tahun sebelumnya. Sementara, hanya 18% dari respondennya yang menggunakan public cloud saja dan hanya 6% dari respondennya yang menggunakan private cloud saja. Hasil ini sejalan dengan perkiraan IDC, bahwa pada tahun 2017, hybrid cloud akan digunakan oleh lebih dari delapan VMware dan AWS Segera Tawarkan VMware Cloud on AWS puluh persen perusahaan. Adapun menurut riset yang dipublikasikan MarketsandMarkets pada 2016, pasar hybrid cloud diprediksi akan bertumbuh dari US$33,28 miliar pada 2016 menjadi US$91,74 miliar pada 2021. “Konsumen kami terus menerus meminta kepada kami agar memudahkan mereka menjalankan investasi data center-nya yang telah ada bersama-sama dengan AWS,” ujar Andy Jassy (CEO, AWS). “Kebanyakan perusahaan sudah tervirtualisasi menggunakan VMware,” jelas Andy Jassy lagi. Dengan VMware Cloud on AWS yang akan dijual dan didukung oleh VMware ini, VMware akan bisa memperluas tawarannya terhadap perusahaan yang ingin menggunakan public cloud.

Baca Juga  Trik Kamera Zenfone 2 Agar Menghasilkan Foto Terbaik

 

Sementara, AWS tentunya berharap akan mendapatkan tambahan pengguna. Lagipula, menilik dari survei yang sama yang dilakukan oleh RightScale, baik VMware maupun AWS samasama merupakan pemimpin pasar. Pada private cloud, VMware vSphere/ vCenter menjadi yang terbanyak digunakan dengan 44%. Sementara pada public cloud, sebanyak 57% dari responden memanfaatkan AWS, jauh lebih banyak dari lainnya. VMware Cloud on AWS membuat VMware dan AWS makin memiliki keunggulan dari para pesaingnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.