Fitur Kamera DSLR Beserta Fungsi dan Kegunaannya

 Pilih Kamera



[Total: 0    Average: 0/5]

Fitur Kamera DSLR – Tak kenal maka tak sayang, mungkin kata pepatah tersebut benar adanya, jika kita memiliki sesuatu tapi kita sendiri tidak mengenal bahkan tidak dekat dipastikan anda sendiri tidak merasa kenal bahkan tidak sayang. Begitu juga dengan kamera, jika anda suka dengan kegiatan fotografi akan tetapi anda tidak tahu apa itu kamera DSLR maka yang terjadi adalah kegiatan dan kesukaan anda dalam dunia fotografi tidak akan bisa terpenuhi.

Jika anda suka dengan dunia fotografi tentunya anda harus belajar apa saja kelebihan dari kamera DSLR, Mirrorless, Saku, dan lain-lain. Tentunya jika anda ingin membeli sebuah kamera untuk kegiatan fotografi tentunya anda juga diharuskan untuk mengenal fitur kamera DSLR didalamnya.

Fitur Kamera DSLR

Memahami Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya



Untuk menjadi seorang fotografer profesional tentunya harus mengenal banyak sekali fungsi yang sudah disematkan dala sebuah kamera DSLR, seperti yang kita ketahui bersama ada banyak sekali fitur yang sudah dibenamkan dalam kamera DSLR, jika anda benar-benar ingin menjadi fotografi handal mau tidak mau anda harus fahami fitur-fitur dialamnya.

Untuk menjadi fotografer profesional tentunya anda diharuskan mengenal perangkat fotografi anda seperti misalnya kamera DSLR, kaera DSLR dibekali dengan banyak fitur didalmnya tentunya anda harus memulai dari saat ini untuk memahami fitur didalmnya. Dan yang tidak kalah penting untuk mengasah kemampuan kita adalah dengan selalu berlatih menggunakan kamera tersebut, setelah anda dirasa cukup mahir untuk mengambil engle selanjutnya anda bisa memulait proses editing foto.

Baca Juga  Rekomendasi Kamera Digital 4 Jutaan Berkualitas Fitur Ajib

Nah untuk lebih dekat dengan kamera DSLR dibawah ini kami sampaikan fitur kamera DSLR.

Fitur Kamera DSLR dan Mengenalnya Lebih Dekat

Pertama yang harus anda persiapkan adalah kamera DSLR dan juga anda harus mengenal fitur didalanya seperti misalnya mode yang sudah ada didalamnya. Kebanyakan kamera sudah dilengkapi dengan fitur tersebut dan fitur mode sudah dapat dibagi menjadi beberapa mode yaitu mode otomatis atau auto mode, semi auto, dan juga full manual mode.

Otomatis Mode / Automatic Modes

Untuk mode yang satu ini tentunya tidak perlu lagi kami bahas karena kebanyakan pemula untuk aktifitas memotret menggunakan mode ini, jika anda menggunakan mode ini kamera diarahkan pada objek maka kamera akan secara otomatis memilih shutter speed (kecepatan buka tutup rana), aperture (diafragma/besar kecilnya bukaan rana), ISO (sensitifitas image sensor terhadap cahaya), white balance, fokus dan juga flash yang cocok untuk megambil gambar. Biasanya untuk menggunakan mode ini akan menghasilkan foto yang bagus dalam situasi apapun.

Automatic Modes - Memahami Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya

Akan tetapi perlu diingat jika menggunakan mode diatas terkadang kamera tidak bisa secara otomatis menghasilkan gambar seperti yang kita inginkan, maka dari itu ada beberpa opsi yang ada pada auto mode.

  • Portait Mode
    Untuk mengambil bidikan secara close-up pindahkan settingan pada potrait mode, dengan begitu kamera akan memilih large aperture (bukaan rana besar) yang artinya bidikan utama dari gambar kita fokus sedangkan untuk background akan menjadi blur.
  • Macro Mode
    Fitur ini emiliki kesamaan jika dibandingkan dengan potrait mode, akan tetapi mode ini hasilnya jau lebih bagus jika anda gunakan untuk mengambil jepretan dengan bidikan yang kecil seperti misalnya bunga, binatang kecil dan asih banyak lagi.
  • Lanscape Mode
    Nah jika pada mode ini dalah kebalikan dari mode diatas, jika anda memilih lanscape mode maka kamera akan memilih small aperture yang berarti gambar bidikan yang kita ambil akan fokus dari depan (foreground) sampai dengan background dengan sebutan lain semua gambar bidikan terlihat tajam.
  • Sports Mode
    Sepertinya mode ini tidak perlu di ulas panjang lebar karena dari namanya saja sudah kita ketahu fungsinya, mode ini berguna untuk mengabil bidikan bergerak, seperti misalnya orang berlari, balap motor, atau mobil dan benda bergerak lainnya.
  • Night Mode
    Mode ini dapat anda gunakan untuk mengambil gambar pada saat ruangan yang mini dengan cahaya, atau bisa juga untuk mengambil gambar pada saat malam hari.
Baca Juga  Harga Kamera DSLR Dibawah 5 Juta Spesifikasi Unggulan

Semi Automatic Mode , Full Manual Mode / Manual Mode

 

Semi Automatic Mode

Jika pada automati mode secara keseluruhan kamera akan menyesuaikan pada otomatis seperti pencahayaan dan lain-lain maka berbeda dengan semi automatic, dengan mode ini kita akan ikut campur dalam settingan didalamnya.

Semi Automatic Mode - Memahami Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya

  • Aperture Priority Mode (A atau AV)
    Untuk mode ini anda akan memilih besar atau kecilnya bukaan lensa dan juga kamera akan menyesuaikan dengan settingan ISO dan juga shutter speed. Semakin kecil angka pada F/number maka semakin besar bukaan lensa.
  • Shutter Priority Mode (S atau TV)
    Hampir sama dengan mode aperture priority hanya saja kita memilih speed tutup lensa rana akan menyesuaikan settingan sperture ISO dengan otomatis. Shutter priority kamera akan ditampilkan dengan angka yang mewakili speed yang kita pilih.
  • Program Mode
    Mode ini biasa disebut sebagai Program AE. Emiliki fungsi yang sama dengan fully automatic akan tetapi disini kita dapa engatur sendiri white balance, ISO, Flash.
  • Auto Depth-Of Field (A-Depth)
    Menggunakan mode ini anda akan mendapatkan objek gambar depan sampai dengan belakang akan fokus dengan sendirinya, dengan menekan setengah dari tombol shutter kita dapat mengendalikan fokus sesuai dengan keinginan kita.
Baca Juga  4 Pilihan Kamera Digital 3 Jutaan Kualitas Handal

Full Manual Mode / Manual Mode

Yang terakhir adalah Manual Mode dengan mode ini kita bebas emodifikasi settingan didalmnya sesuai dengan kemampuan kita, seperti misalnya shutter speed, aperture, ISO, WB, flash dan lain-lain. Untuk mendapatkan hasil gambar bagus pada ruangan minim cahaya anda harus banyak berlatih untuk mode manual ini.

Full Manual Mode - Memahami Fitur Kamera DSLR dan Fungsinya

Jika anda serius untuk menjadi seorang fotografer profesional tentunya anda diharuskan dan membutuhkan latihan yang serius, banyak-banyaklah memotret dengan gaya engle yang berbeda, disamping itu anda juga harus mengenal dasar-dasar fotografi salah satunya sudah kami sampiakan diatas, memang untuk menjadi seorang fotografer tidak semudah itu, hobi dan bisa memotret saja belum cukup. Maka dari itu anda diharuskan mengenal fitur kamera terlebih dahulu untuk menjadi seorang fotografer profesional nantinya.

Sekali lagi untuk menjadi fotografer sukses yang handal tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, fotografer profesional adalah mereka yang menghasilka karya yang high-quality, mata yang tak pernah lelah menghasilkan foto yang artistik dan profitable. Demikian tadi informasi mengenai Fitur Kamera DSLR yang semoga dapat menjadi referensi yang saat ini tengah belajar mendalami profesi sebagai fotografi.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

Halo Gan. Selamat Datang di Teknorus.com . Btw Kenalin Nama Ane danang, udah lama sih jadi admin di teknorus. cuman postingnya masih banyakan admin alfi. Hehe. Hobi : Menulis, fotografi dan umm.....

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.