Pengertian Data Broker dan Hypervisor

  • Whatsapp
  • Data Broker

Data broker atau pialang data merupakan sebuah aktivitas bisnis yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber data, mengolahnya, membersihkannya atau menganalisisnya, serta menyajikannya dengan perjanjian tertentu kepada pihak lain. Pialang data juga bisa melisensikannya ke perusahaan lain atau mengolah data perusahaan lain dan menyajikannya dalam bentuk hasil yang siap dipakai.

Image : logic.stanford.edu 

Data yang disediakan ini biasanya akan bisa diakses via application programming interface (API) dan umumnya tersedia dalam bentuk kontrak bagi pihak yang berniat memanfaatkannya. Data yang disediakan ini lazimnya tidak dijual (dalam arti kepemilikannya dipindah-tangankan) melainkan hanya bisa diakses menggunakan sistem lisensi khusus atau berdasarkan penggunaan terbatas. Pialang data kadang-kadang disebut pialang informasi (information broker), pialang data tersindikasi (syndicated data broker), atau perusahaan yang menghasilkan informasi.

Baca Juga  HP Android di Bawah 2 Juta dengan Kamera Terbaik 16mp dan Dual Kamera Selfie

 

  • Hypervisor

Hypervisor (yang disebut juga virtual machine manager/VMM) merupakan salah satu teknik virtualisasi perangkat keras (hardware) yang memungkinkan beberapa sistem operasi (yang disebut tamu/guest), berjalan bersamaan dalam sebuah komputer atau server. Disebut hypervisor karena secara konseptual, ia berada lebih tinggi daripada program atau aplikasi supervisor dalam sistem operasi tamu. Hypervisor menyajikan platform operasi virtual bagi sistem operasi tamu dan mengelola aktivitas sistem operasi tamu. Berbagai sistem operasi yang berjalan pada hypervisor akan menggunakan sumber daya perangkat keras yang sama dalam satu server. Hypervisor sendiri dipasang pada server yang bertugas menjalankan beberapa sistem operasi tamu di dalamnya.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.