Sejarah Singkat Awal Berdirinya Yahoo Lengkap serta Pendirinya

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Sejarah Singkat Awal Berdirinya Yahoo Lengkap serta Pendirinya

Pernah menjadi raja di era 1990-an dan 2000-an, Yahoo harus mengakhiri masa kejayaannya saat memasuki era 2010-an. Gagal bersaing dengan Google dan Facebook, Yahoo pun terpaksa menyerah berjuang sendiri untuk bergabung di bawah perusahaan telekomunikasi Verizon. Pada tahun 2008, Yahoomenolak pinangan bernilaispektakuler, US$44,6 miliar, dari Microsoft yang saat itu ingin bersaing dengan Google. Tidak sampai sepuluh tahun kemudian, Yahoo merampungkan proses pembelian oleh Verizon dengan harga hanya sepersepuluhnya, yakni US$4,48 miliar. Sebesar itulah harga yang harus “dibayar” Yahoo atas kegagalan berinovasi dan berkompetisi dengan Google dan Facebook.

Mulai hari Selasa, 13 Juni 2017, Yahoo tidak lagi bergerak sebagai perusahaan independen. Kepemilikan mereka telah diakuisisi sepenuhnya oleh Verizon, perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat. Aset-aset Yahoo pun akan digabungkan dengan sesama pionir internet tahun 1990- an, AOL, di bawah bendera Oath. Oath merupakan perusahaan anyar yang dibentuk Verizon untuk menggabungkan sekitar 50 merek bisnis media dan teknologi yang sebelumnya dikelola oleh Yahoo dan AOL.

Baca Juga  HP 2 Jutaan, RAM 3gb, Terbaik, Xiaomi Redmi 3 Prime

Beberapa merek ternama yang kini bernaung di bawah Oath antara lain Yahoo News, Yahoo Finance, Yahoo Sports, Yahoo Search, Flickr, Hu ngton Post, TechCrunch, Engadget, dan Polyvore. Oath akan dikomandani Tim Armstrong yang awalnya menjabat sebagai CEO AOL. Sedangkan Marissa Mayer resmi meninggalkan posisi CEO Yahoo dengan pesangon US$23 juta, ditambah kepemilikan 4,5 juta lembar saham Yahoo senilai US$236 juta. “Dengan akuisisi ini, kami akan fokus untuk menjadi perusahaan terbaik bagi media konsumen dan mitra terbaik untuk pemasang iklan, penerbit, dan pembuat konten,” ujar Tim Armstrong (CEO, Oath). Dragon Ball Super Bahasa Indonesia Episode 103 104 105

 

Akuisisi ini juga diperkirakan membawa konsekuensi buruk berupa PHK pada 15 persen dari total 14.000 karyawan Yahoo dan AOL sekarang (sekitar 2.000 orang). Proses akuisisi Yahoo oleh Verizon telah dimulai pada Juli 2016 dengan kesepakatan transaksi US$4,83 miliar. Namun, setelah itu, Yahoo mengumumkan dua kasus pembobolan data pengguna pada September 2016 dan Desember 2016. Tak pelak, kedua insiden tersebut menurunkan nilai jual Yahoo sekitar US$350 juta. Dari sudut pandang bisnis, Verizon optimistis layanan iklan dan video mobile dari Yahoo dan AOL akan menjadi sumber pendapatan baru di luar bisnis nirkabel yang sudah jenuh. Dengan akuisisi ini, Verizon bisa menggabungkan 146 juta pelanggannya dengan 1 miliar pengguna Yahoo dan 150 juta pengguna AOL untuk mendongkrak layanan kepada pengiklan. “Kombinasi aset dari Verizon dan Oath, mulai VR sampai AI, dari 5G sampai IoT, dari kerja sama konten sampai konten original, akan menghadirkan pilihan baru untuk menarik audiensi di seluruh dunia,” ucap Marni Walden (President of Media and Telematics, Verizon).  Harga HP Sony Terbaru Fingerprint Tercanggih Kamera Terbaik

Baca Juga  Harga Spesifikasi Kamera Prosumer 3 4 5 Juta Terbaik Canon Nikon

 

Sejarah Yahoo

1994 – Didirikan oleh David Filo dan Jerry Yang sebagai mesin pencari online. Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchically Organized Oracle”. 1996 – Yahoo go public untuk pertama kalinya dengan nilai US$848 juta.

 

2000 – Yahoo mencapai nilai perusahaan tertinggi (US$125 miliar) di tengah meledaknya industri dotcom.

 

2002 – Yahoo mengajukan tawaran untuk membeli Google senilai US$3 miliar. Google menolak.

 

2005 – Yahoo menanam saham di Alibaba sebesar US$1 miliar. Inilah investasi tersukses Yahoo sampai saat ini.

 

2008 – Yahoo menolak pinangan US$44,6 miliar dari Microsoft.

 

2012 – Pemasukan iklan Yahoo terus menurun, disalip oleh Google. Yahoo pun menunjuk Marissa Mayer, mantan eksekutif Google, sebagai CEO.

 

2013 – Yahoo membeli Tumblr senilai US$1,1 miliar dengan tujuan menarik generasi millennial. Tapi, Tumblr sudah kehilangan pesonanya dan kalah populer dengan Facebook dan Twitter.

 

2016 – Marissa Mayer gagal menyelamatkan performa bisnis Yahoo sehingga kehilangan kepercayaan dari investor. Ia pun akhirnya menyetujui tawaran akuisisi dari Verizon sebesar US$4,83 miliar.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.