Vendor ERP di Indonesia

  • Whatsapp

Vendor ERP di Indonesia

Angin segar berhembus di pasar solusi teknologi Indonesia. PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) menghadirkan Forca ERP, sebuah solusi enterprise resource planning (ERP) alternatif buah karya anak negeri sendiri, berharga lebih terjangkau, dengan kemampuan yang tidak kalah dari solusi nonlokal.

Di tengah dinamika dunia usaha seperti saat ini, organisasi bisnis dituntut makin mampu mengumpulkan, mengelola, mengendalikan, dan memanfaatkan berbagai informasi yang ada. Tujuannya, untuk menunjang kinerja dan pertumbuhan bisnis. Solusi teknologi yang dipandang paling tepat untuk mewujudkan kemampuan tersebut secara lebih efi sien adalah solusi ERP. Namun tidak sedikit perusahaan yang harus berpikir dua kali untuk menerapkannya, antara lain, karena harga solusi dan biaya implementasi tinggi. Walhasil, perusahaan-perusahaan berkelas enterprise atau berskala besar saja yang umumnya mampu menerapkan sistem ERP. “Padahal tujuh puluh persen perekonomian Indonesia digerakkan oleh sektor usaha kecil menengah atau UKM,” ungkap Adel Rahadi (Chief Executive Officer, PT SISI).

Baca Juga  Smartwatch terbaik yang Cocok untuk Olahraga Lari , Seperti Sandiaga Uno

 

Dan seperti halnya sektor enterprise, UKM pun membutuhkan proses bisnis yang efi sien dan dukungan informasi yang tepat agar lebih mampu bersaing di era globalisasi dan pasar bebas. “Oleh karena itu, kami merasa tertantang untuk men-develop aplikasi buatan anak bangsa sendiri karena saat ini pasar ERP [di Indonesia] masih dikuasai oleh produk-produk luar. Lebih dari 95 persen ERP yang digunakan di Indonesia adalah buatan asing,” sambung Adel Rahadi. Kelangkaan solusi ERP yang andal dan cocok untuk segmen usaha skala menengah dilihat sebagai sebuah peluang bisnis oleh anak perusahaan Semen Indonesia Group (SIG) ini. Berbekal pengalaman mengimplementasikan, bahkan mengembangkan, beberapa solusi ERP top dunia untuk keperluan SIG, PT SISI mengembangkan Forca ERP sebagai sebuah solusi ERP yang dapat lebih diterima oleh pelaku usaha di tanah air.

 

Pengembangan sistem oleh tenaga ahli lokal membuat Forca ERP lebih terjangkau harganya. Untuk mengimplementasikan solusi ERP, terutama buatan luar negeri, sebuah perusahaan harus menyiapkan dana setidaknya Rp10 miliar. Sementara Forca ERP, dijanjikan Adel Rahadi, dapat diimplementasikan dengan biaya kurang dari sepuluh persennya. Biaya akan kian ringan karena Forca ERP disajikan ke pengguna melalui cloud. Pelanggan tidak perlu berinvestasi untuk data center, jaringan, dan staf khusus untuk mengelola sistem. Akses pun tidak menuntut jaringan komunikasi khusus. Haryanto Pudji (Chief Operating Offi cer, PT SISI) mencontohkan salah satu pelanggan dari sektor distribusi yang mengoperasikan sistem ERP-nya di beberapa kota di Jawa Timur dengan koneksi standar. Menjawab kekhawatiran cloud di sisi keamanan dan ketersediaan, Adel Rahadi memaparkan pengalaman timnya menerapkan model private cloud untuk SIG sejak tujuh tahun lalu. “Pola pengamanan dan ketersediaan untuk sistem private cloud ERP Semen Indonesia kami terapkan juga di Forca ERP,” tandasnya. Sebagai sistem ERP, Forca ERP tentu saja mengintegrasikan seluruh proses bisnis yang berjalan di satu Forca ERP Siap Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri perusahaan.

Baca Juga  Rekomendasi Game HD Android sekelas PS3, Godfire: Rise of Prometheus

 

Dan meskipun utamanya menyasar segmen medium business, menurut Handoyo, dari sisi kualitas tidaklah small and medium. “Jadi dari pengalaman kami mengimplementasikan world class ERP dunia, fi tur-fi tur yang kami develop untuk Forca tentu saja bisa dikatakan berkualitas sama dengan top ERP tadi. Salah satunya adalah comprehensive module untuk bermacam-macam operasi bisnis,” jelas Handoyo. Berharap Forca ERP menjadi solusi utama bagi mid enterprise, PT SISI tidak bekerja sendirian. Perusahaan yang baru berumur dua tahun ini menjalin kemitraan dengan partner bisnis maupun institusi pendidikan untuk membantu implementasi, memberi dukungan teknis, dan mengembangkan sistem secara terus menerus. “Dengan kekuatan ini, kami berharap ada lima puluh perusahaan yang menggunakan Forca ERP,” ungkap Adel Rahadi mengenai target PT SISI hingga tahun depan. Sebanyak 3 di antaranya sudah live saat ini, dan 8 perusahaan lainnya tengah dalam proses.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.