Ini Nih Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Ini Nih Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mengatasinya

Bagi wanita, rambut adalah aset penampilan. Mungkin Anda rela bangun lebih pagi demi punya waktu untuk mem-blow dan menata rambut agar terlihat indah dan kuat. Tapi, cuaca lembap dan panas mempengaruhi kondisi sebum di kulit kepala kita membuat tatanan rambut sulit bertahan lama.

SURVEI MEMBUKTIKAN

“Padahal sudah keramas!” atau “Baru saja di-blow,” mungkin Anda sering mengatakan itu ketika rambut sudah terlihat lepek. Kok, lepek lagi, ya? Fakta menarik dari survei yang dilakukan Pantene menyebutkan bahwa biasanya wanita mengalami rambut lepek setelah pukul 3 sore, atau disebut dengan ‘jam rawan lepek’. Dari survei yang dilakukan terhadap 496 responden tersebut, 91% diantaranya menyatakan bahwa mereka memang sering mengalami problema rambut lepek pada periode yang biasanya disebut dengan “Jam Rawan Lepek”.

Baca Juga  Bagaimana Dampak Pencemaran Limbah Pabrik Textil Terhadap Lingkungan

 

APA PENYEBAB RAMBUT LEPEK?

Penyebab utama rambut lepek adalah produksi sebum berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak alami pada kulit kepala. Tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain di antaranya:

  • TERLALU SERING DISISIR

Terlalu sering menyisir rambut dapat merangsang kelenjar minyak pada kulit kepala untuk memproduksi minyak berlebih. Hal tersebut akan membuat rambut menjadi mudah lepek. “Menyisir rambut baik untuk memperlancar transfer sebum dan membuat rambut tampak bercahaya. Namun, bila terlalu berlebihan, apalagi bila ditambah dengan produk untuk menata rambut, bisa membuat rambut terlihat lepek,” ujar dr. Anesia. Hindari menyisir rambut terlalu sering. Cukup sisir rambut setelah keramas. Jika memang harus merapikan rambut, cukup sisir menggunakan jari. Wanita Indonesia sudah melakukan berbagai macam trik untuk menghilangkan rambut lepek seperti menata dengan menggunakan suhu panas, blow, menggunakan bedak bayi pada rambut, atau dry shampoo. Malah banyak yang rela menstyling rambut berjam-jam agar rambutnya terlihat tidak lepek. Tapi, jarang bisa yang tahan lama, karena pada akhirnya, rambut akan kempes lagi.

Baca Juga  Jam Tangan Mewah Artis Indonesia

 

  • CUACA LEMBAP DAN PANAS

Cuaca lembap dan panas memengaruhi kondisi sebum di kulit kepala kita. Kondisi ini membuat produksi kelenjar minyak di dalam tubuh meningkat. Sinar m atahari dan polusi udara yang terpapar langsung pada rambut akan mempercepat kondisi rambut menjadi lepek.

 

Nah Bagaimana Solusi Mengatasi Rambut Lepek ?

  • Ketahui penyebab rambut lepek.Apakah memang kulit kepala berminyak, berketombe , atau rambut rontok sehingga rambut tampak lebih tipis.
  • Pilih produk perawatan yang aman dan cocok dengan rambut dan kulit kepala.Jangan terlalu banyak memakai produk sehingga menyebabkan sisa produk tersebut terakumulasi pada kulit kepala dan mengganggu kesehatan kulit kepala.
  • Apabila rambut sangat berminyak dan harus keramas lebih dari sekali sehari secara rutin, pertimbangkan penggunaan sampo yang bisa bantu memperkuat rambut dari pangkal hingga ujung rambutnya, dengan sampo Anti-Lepek pertama* Indonesia sehingga bisa terhindar dari rambut lepek seharian.
Baca Juga  Inilah Pesawat Supersonic Komersial Pertama di Dunia

 

Baca Juga

Siapa Sih Pemeran MJ di Film Spiderman ?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.