BahasaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNews

Sastra Jerman, Kuliah Jurusan Sastra Jerman dan Prospek Kerjanya

Sastra Jerman, Kuliah Jurusan Sastra Jerman dan Prospek Kerjanya – Jurusan sastra jerman adalah jurusan yang mempelajari ilmu susastra mengenai bahasa dan sastra dari sebuah bahasa bernama bahasa jerman. Oya, jurusan ini tidak hanya mempelajari soal sastra semata, tetapi juga struktur budaya jerman yang membentuk lahirnya bahasa jerman itu sendiri.

Jurusan sastra jerman di sebuah kampus biasanya termasuk ke dalam fakultas sastra atau fakultas ilmu budaya, itulah sebabnya di dalam fakultas ilmu budaya jurusan ini juga akan mempelajari budaya-budaya negara dan orang-orang jerman.

Struktur kurikulum mata kuliah sastra jerman bervariasi antara satu kampus dengan kampus lainnya. Tetapi secara umum seorang mahasiswa sastra jerman akan mempelajari mengenai: fonologi (tata cara pengucapan bahasa jerman atau bunyi sebuah huruf dan kata dalam bahasa jerman, fonologi terbagi atas fonetik dan fonemik).

Selain fonologi, mata kuliah sastra jerman juga akan mempelajari lexicology yang merupakan cabang ilmu linguistik. Seorang sarjana sastra jerman bisa paham bahwa sebuah kata dalam bahasa jerman terbentuknya dari mana, mengandung unsur apa saja dan beberapa kata yang terbentuk memiliki kemiripan cara baca atau cara penulisan. Ilmu ini menjadi ilmu penyusun sebuah kamus bahasa jerman.

Selain mata kuliah di atas, masih ada puluhan mata kuliah lainnya misalnya memahami budaya jerman, budaya eropa barat hingga asal usul terbentuknya bahasa jerman sebagai bahasa orang jerman. Singkatnya seorang sarjana sastra jerman tidak hanya memahami seluk beluk penguasaan sastra semata, tetapi juga menjadi seorang ahli budaya mengenai negara jerman.

Jurusan Sastra Jerman ada di kampus mana saja?

Jurusan ini di Indonesia termasuk jurusan bergengsi, walaupun peminatnya tidak sebanyak jurusan sastra inggris. Tentu saja karena penutur bahasa jerman hanya terdiri dari negara negara eropa dan sebagian kecil negara afrika. Sementara penutur bahasa inggris ada di banyak negara.

Disebut bergengsi karena image atau citra dari jurusan sastra jerma diproyeksikan bisa bekerja di dunia bisnis, ekonomi, hubungan internasional hingga komunikasi dengan perusahaan dan pelaku usaha jerman dengan Indonesia.

Nah, jurusan ini di Indonesia ini terbagi atas dua jenis, jenis pertama adalah jurusan sastra jerman, sementara jenis kedua adalah jurusan pendidikan bahasa jerman. Apa bedanya:

Jurusan ini adalah jurusan ilmu murni yang mempelajari ilmu yang telah disebutkan di atas, akan mempelajari ilmu dasar berbahasa hingga proses terbentuknya budaya jerman.

Sementara jurusan pendidikan bahasa jerman akan mendapat porsi ilmu dasar bahasa sebesar 60% sementara sisanya 40% adalah teori teori tentang pendidikan, hal ini karena jurusan pendidikan bahasa jerman diproyeksikan menjadi guru bahasa jerman atau menjadi tutor bahasa jerman.

Berikut beberapa kampus di Indonesia yang membuka jurusan ini dan juga jurusan pendidikan bahasa jerman:

1.Universitas Negeri Yogyakarta membuka jurusan pendidikan bahasa jerman jenjang sarjana.

2.Universitas negeri surabaya membuka jurusan ini dan jurusan pendidikan bahasa jerman pada jenjang sarjana.

3.Universitas negeri malang membuka jurusan pendidikan bahasa jerman jenjang sarjana.

4.Universitas negeri jakarta membuka jurusan pendidikan bahasa jerman jenjang sarjana.

5.Universitas indonesia membuka s1 jurusan sastra jerman

6.Universitas padjadjaran membuka s1 jurusan sastra jerman

7.Universitas pendidikan indonesia membuka s1 jurusan pendidikan bahasa jerman

8.Universitas negeri medan membuka s1 jurusan pendidikan bahasa jerman

9.Universitas negeri makassar membuka s1 jurusan pendidikan bahasa jerman

10.Universitas sam ratulangi membuka jurusan s1 sastra jerman

11.Universitas negeri manado membuka jurusan s1 pendidikan bahasa jerman

12.Universitas pattimura membuka jurusan s1 pendidikan bahasa jerman.

Gelar Lulusan Sastra Jerman di Indonesia

Pada awal tahun 2000-an, karena jurusan ini masih berada di naungan fakultas sastra, maka gelar seorang jurusan ini saat itu bergelar sarjana sastra (S.S.). jadi jika nama anda adalah Irawan Budi Setiawan, maka gelar sarjana sastra jerman yang anda dapatkan akan ditulis: Irawan Budi Setiawan, S.S.

Nah, semenjak tahun 2009, beberapa fakultas sastra kemudian berubah namanya menjadi fakultas ilmu budaya yang otomatis merubah gelar seorang lulusan jurusan ini menjadi sarjana humaniora (S.Hum). jadi gelarnya akan ditulis: Irawan Budi Setiawan, S.Hum.

Gelar lulusan sastra jerman ini tentunya akan berbeda dengan lulusan pendidikan bahasa jerman, karena pendidikan bahasa jerman berada di bawah naungan fakultas kependidikan dan ilmu keguruan (FKIP), maka seorang lulusan pendidikan bahasa jerman akan mendapat gelar sarjana pendidikan (S.Pd), maka gelarnya ditulis: Irawan Budi Setiawan, S.Pd.

Hampir mayoritas kampus yang membuka jurusan ini biasanya menulis jurusannya mirip yaitu: Jurusan ini, Sementara kampus-kampus pendidikan yang membuka jurusan pendidikan bahasa jerman ada juga yang menyebutnya menjadi jurusan pendidikan bahasa dan sastra jerman.

Satu hal yang mesti anda perhatikan adalah, mata kuliah dan gelar lulusan serta prospek kerja antara jurusan satra jerman dengan pendidikan sastra jerman agak berbeda. Anda mesti cermati bahwa sastra jerman lebih kepada ilmu murni, sementara pendidikan bahasa jerman lebih cenderung kepada kependidikan sebagai seorang guru.

Sastra Jerman

Lulusan Jurusan Ini Bekerja di mana saja?

Jika lulusan pendidikan bahasa jerman bisa dipastikan akan berkarir menjadi seorang guru, maka lulusan sastra jerman diproyeksikan bisa bekerja di sektor yang lebih luas. Kenapa demikian?

Seorang lulusan sastra jerman memiliki kemampaun mendalam mengenai bahasa jerman, sehingga bisa dipastikan setelah lulus telah memiliki sertifikat bahasa jerman minimal paling rendah B1 atau B2, lebih baik sudah memegang sertifikat A1.

Kepemilikan sertifikat kemampuan bahasa jerman ini akan memudahkan lulusan sastra jerman untuk bisa bekerja di mana saja, misalnya di sektor pemerintahan lulusan sastra jerman bisa bekerja di kementerian luar negeri, kementerian ekonomi,
kementerian pendidikan dan kebudayaan, pusat penelitian lipi dan bahkan kedubes indonesia di luar negeri (khususnya eropa).

Sementara di sektor swasta, seorang lulusan sastra jerman dapat bekerja sebagai karyawan di perusahaan PMA dari jerman seperti BMW, Mercedes Benz, serta ratusan perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia. Posisi yang dijabat bisa mulai dari manager hingga staf terendah sebagai penerjemah.

Selain itu, seorang lulusan sastra jerman juga bisa berwirausaha mandiri dengan membuka agen perjalana wisata ke jerman atau negara negara eropa lainnya, membuka agen pendidikan dan konsultan pendidikan atau tour and travel bagi bule bule jerman yang akan berwisata ke Indonesia.

Apakah Lulusannya Bisa Bekerja di Jerman?

Jawabannya adalah sangat bisa, apalagi jika anda memegang sertifikat kemampuan bahasa jerman serendah-rendahnya B1. lulusan sastra jerman bisa melamar aupair, ausbildung dan bahkan fsj sosial. Selain itu juga bisa meneruskan sekolah master dan doktoral di jerman.

Jika anda melamar perusahaan jerman dari Indonesia juga bisa, atau anda melamar perusahaan jerman yang beroperasi di Indonesia lalu ditugaskan bekerja di Jerman karena kemampuan bahasa jerman anda itu juga bisa, semuanya kembali kepada kemampuan masing-masing. Paling penting adalah lulusan sastra jerman memiliki softskill yang mumpuni dalma bidang bahasa dan bidang lainnya.

Kesimpulan

Jurusan sastra Jerman adalah jurusan studi yang mempelajari bahasa, sastra, dan budaya Jerman. Jurusan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari bahasa Jerman secara mendalam, termasuk struktur bahasa, tata bahasa, dan kebudayaan yang terkait dengan bahasa tersebut. Selain itu, jurusan ini juga memfokuskan pada studi sastra Jerman, yaitu karya sastra yang ditulis dalam bahasa Jerman atau oleh penulis Jerman.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari berbagai jenis teks sastra, seperti puisi, prosa, drama, dan novel, serta mengenal tokoh-tokoh sastra Jerman penting seperti Goethe, Schiller, dan Kafka. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari sejarah dan perkembangan sastra Jerman, serta memahami cara sastra Jerman terkait dengan budaya dan kebiasaan masyarakat Jerman.

Jurusan ini juga biasanya menawarkan kursus-kursus tentang budaya Jerman, seperti sejarah, filsafat, seni, dan musik Jerman. Mahasiswa akan mempelajari tentang kebudayaan Jerman secara luas, termasuk tradisi, seni, dan kebiasaan yang ada di Jerman. Jurusan ini juga biasanya menyediakan peluang bagi mahasiswa untuk belajar di luar negeri di Jerman atau negara lain yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Sastra Jerman
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Sastra Jerman
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^