BahasaBeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNews

Kerja di Korea untuk Lulusan SMA dan Lulusan S1 dari Indonesia

Kerja di Korea untuk Lulusan SMA dan Lulusan S1 dari Indonesia – Mendapatkan pekerjaan di Korea adalah mimpi sebagian besar penduduk Indonesia, apalagi karena pengaruh dengan drama, film, KPOP Korea yang memukau menjadikan Korea Selatan merupakan tujuan Tenaga Kerja Indonesia dalam berkarir

Berkarir di Korea Selatan menjadi impian banyak orang di Indonesia selain karena gajinya yang besar, Korea selatan termasuk negara maju yang semua nya teratur, sangat cocok bagi orang Indonesia yang memiliki keinginan untuk merubah nasibnya menjadi lebih baik dengan jalan yang benar.

Di Korea Selatan, cara kerja biasanya tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Namun, ada beberapa hal umum yang bisa diterapkan ke banyak pekerjaan di Korea Selatan, seperti:

  1. Jam kerja yang panjang: Biasanya, jam kerja di Korea Selatan cukup panjang, terutama di kota-kota besar seperti Seoul. Banyak orang bekerja sekitar 40-50 jam seminggu, dengan hari kerja yang dimulai pada pukul 9 atau 10 pagi dan berakhir pada pukul 6 atau 7 malam.
  2. Kultur kerja yang ketat: Di Korea Selatan, kultur kerja cukup ketat dan terstruktur. Banyak perusahaan mengharapkan karyawan untuk hadir tepat waktu dan mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh perusahaan.
  3. Gaji yang teratur: Gaji di Korea Selatan biasanya dibayarkan setiap bulan atau setiap dua minggu sekali. Selain itu, ada juga beberapa perusahaan yang memberikan bonus tahunan atau insentif lainnya tergantung pada prestasi karyawan.
  4. Perlindungan hukum yang baik: Di Korea Selatan, hak-hak karyawan cukup terlindungi oleh undang-undang. Misalnya, ada undang-undang yang mengatur tentang hak untuk istirahat, cuti tahunan, dan hak untuk mendapatkan gaji yang layak.

Sebagai tambahan, di Korea Selatan juga ada sistem senioritas yang mempengaruhi cara kerja. Biasanya, orang yang lebih tua atau lebih senior di perusahaan akan memiliki lebih banyak hak dan kewenangan daripada yang lebih muda atau junior.

Sebelum anda memilih untuk berkarir di Korea, ada banyak informasi yang harus anda simak, Yuk pahami artikel yang admin tulis.

Kisaran Gaji Kerja di Korea Lulusan SMA dan S1

Perkiraan gaji kerja di Korea Selatan tergantung pada banyak faktor, seperti jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja. Namun, secara umum, gaji di Korea Selatan cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Berikut adalah beberapa perkiraan gaji per bulan untuk beberapa jenis pekerjaan di Korea Selatan:

  1. Karyawan kantoran: Gaji untuk karyawan kantoran di Korea Selatan berkisar antara 1.5 juta won (sekitar Rp 17 juta) hingga 4 juta won (sekitar Rp 46 juta) per bulan.
  2. Dokter: Gaji untuk dokter di Korea Selatan berkisar antara 3 juta won (sekitar Rp 34 juta) hingga 10 juta won (sekitar Rp 115 juta) per bulan.
  3. Guru: Gaji untuk guru di Korea Selatan berkisar antara 1.5 juta won (sekitar Rp 17 juta) hingga 3 juta won (sekitar Rp 34 juta) per bulan.
  4. Teknisi: Gaji untuk teknisi di Korea Selatan berkisar antara 1.5 juta won (sekitar Rp 17 juta) hingga 3 juta won (sekitar Rp 34 juta) per bulan.
  5. Koki: Gaji untuk koki di Korea Selatan berkisar antara 1.5 juta won (sekitar Rp 17 juta) hingga 3 juta won (sekitar Rp 34 juta) per bulan.

Perlu diingat bahwa ini hanya perkiraan gaji dan bisa berbeda tergantung pada perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Sebagai tambahan, biaya hidup di Korea Selatan cukup tinggi, terutama di kota-kota besar seperti Seoul, jadi Anda mungkin perlu memperhitungkan biaya hidup saat memutuskan apakah gaji tersebut cukup untuk Anda.

Jenis Karir di Korea dan Berapa Jumlah Gajinya

Banyak jenis karir yang bisa kita pilih saat berada di Korea, namun tidak semuanya cocok untuk warga negara asing, khususnya warga negara Indonesia. Nah untuk itu pahamilah jenis/tipe pekerjaan apa saja yang tersedia di Korea Selatan dan cocok untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Berikut rekomendasinya dan berapa sih gajinya

Guru

Ya guru merupakan salah satu profesi yang di butuhkan di Korea Selatan. Berkarir sebagai seorang guru di Korea Selatan merupakan pekerjaan yang cukup menjanjijan di negara tersebut. Untuk tingkat sekolah dasar saja, gaji guru SD di Korea Selatan mencapai 1.13 Milyar Rupiah per tahun. Wow mantab sekali bukan? negara maju memang memuliakan guru. Selain gaji yang memukau, berprofesi sebagai seorang guru di Korea Selatan anda akan mendapatkan tempat tinggal juga.

Akuntan

Di bidang ekonomi cukup banyak pekerjaan yang bisa kita pilih sebagai pijakan, salah satunya adalah sebagai seorang akuntan. Akuntan di Korea Selatanpun gajinya besar bila di banding akuntan di Indonesia. Berdasarkan data yang kami himpun, gaji akuntan di Korea Selatan mencapai 90 juta per bulan

Kerja di Korea

Bidang Konstruksi

Banyak WNI atau Warga Negara Indonesia yang bergelut di bidang konstruksi di Korea Selatan. Salah satu penyebabnya adalah gajinya yang sangat menggiurkan, yakni mencapai hingga 100 juta perbulan, wow keren sekali bukan ?

Sektor Wisata

Sektor wisata di Korea Selatan juga tidak kalah menjanjikan untuk berkarir. Apalagi pasca covid 19 ini, mulai banyak penerbangan ke Korea Selatan, tentunya banyak lowongan kerja di sektor wisata, misalnya saja di perhotelan, tour guide, pastry , dan lain lain. Nah untuk kita warga negara Indonesia juga berkesempatan menjadi tour guide dengan gaji rata rata hingga 60 juta perbulan. Tertarik ? Namun syarat utamanya, pastikan anda fasih dalam bahasa korea, inggris dan bahasa Indonesia

Sektor Kesehatan, Perawat,dan Bidan

Nah di sektor kesehatan, Korea Selatan juga membuka lowongan kerja sebanyak banyak nya dengan gaji yang sangat menarik. Kebutuhan akan perawat dan bidan di Korea Selatan cukup banyak. Gaji ? Tentu saja sangat banyak, mencapai 100 juta per bulan loh. Mantab kan ?

Sektor Perikanan

Kebutuhan akan ikan di Korea Selatan cukup banyak, dan juga Korea Selatan cukup sedikit pendidikan sebagai pelaut, bagi anda yang berpendidikan sebagai pelaut dan berminat bekerja di Korea Selatan di sektor perikanan, bisa coba mendaftar di jalur resmi. Gajinya ? jangan di tanya, 100 juta sebulan bro..

Bagaimana Cara Mendaftar Pekerjaan di Korea Selatan untuk Lulusan SMA dan S1

Berbagai cara dan metode bisa kamu lakukan untuk bisa berkarir di Korea Selatan. Bahkan pemerintah Indonesia juga memfasilitasi program kerja di Korea Selatan secara resmi melalui program G to G alias Goverment to Goverment. Proses proses tersebut resmi serta di fasilitasi oleh pemerintah Indonesia. Mantab sekali bukan? Nah ada lagi yang menarik, proses pendaftarannya sangat transparan, mulai administrasi hingga kerja di Korea nya.

Bagi WNI terdapat 5 jenis karir yang tersedia di negara Korea Selatan, yakni di bidang perikanan, konstruksi, manufaktur, jasa dan pertanian. Nah misalnya anda memilih bidang manufaktur, nanti anda akan di tempatkan di pabrik elektronik, baja, besi, onderdil mobil dan sejenisnya. Bila kamu memilih perikanan, umumnya kamu akan di tempatkan di bagian packaging / penyimpanan ikan, misalnya pabrik pengalengan ikan.

Nah bagaimana untuk salary nya ? BNP2TKI mengatakan bahwa gaji menjadi tenaga kerja Indonesia di Korea Selatan cukup besar, minimal saja mencapai 30 juta rupiah tiap bulannya. Nah pertanyaan berikutnya adalah gimana caranya kerja di Korea? Simak pembahasan di bawah

Tahapan Proses Kerja di Korea

Untuk kerja di Korea secara resmi kamu wajib mengikuti tahapan tahapan proses di bawah.

Melakukan Pendaftaran Secara Online

Silahkan buka website resmi BP2MI. Terdapat 2 pilihan yang akan di tawarkan ketika kamu ingin bekerja di Korea Selatan, apa sajakah itu ? Berikut Detailnya :

  • CBT Umum. Pilihan ini untuk kamu yang belum pernah kerja di Korea, dan baru pertama kali mendaftar
  • CBT Khusus. Pilihan ini bisa dipilih untuk kamu yang sudah pernah ke Korea dan ingin berkarir kembali di Korea, namun syaratnya adalah masa kerja di Korea belum ada 5 tahun, bila sudah lebih dari 5 tahun, dilarang mengajukan diri lagi

Mengikuti Proses Verifikasi Dokumen

Verifikasi dokumen penting untuk memastikan bahwa anda benar benar merupakan warga negara Indonesia yang ingin bekerja di Korea Selatan. Setelah melakukan pendaftaran online kau akan mendapatkan sejenis kartu tanda ujian. Nah setelah itu kamu akan mendapatkan jadwal serta tempat yang di gunakan untuk proses verifikasi. Umumnya ada syarat khusus di antaranya adalah

  • Berusia 18 hingga 39 tahun
  • Minimal lulusan SMA, SMK, SMEA, D1 atau sederajat
  • Mata normal dan tidak buta warna. Harus berdasarkan keterangan dokter

Mengikuti Ujian yang Diselenggarakan Menggunakan Sistem Point

Jika kamu lolos seleksi administrasi, maka proses selanjutnya adalah mengikuti tes pengetahuan dan skill test, apasih test itu ?

  • Tes tertulis EPS – TOPIS (Employment Permit System – Test Of Proficiency In Korean). Apa sih itu? EPS – TOPIS merupakan tes bahasa korea yang isinya tes membaca dan listening bahasa korea berupa pilihan ganda, masing masing ada 20 soal yang harus di selesaikan
  • Tes kemampuan. Test ini memastikan bahwa fisik anda sehat, selain itu terdapatpula test dasar, dan tes berupa wawancara

Nah kedua test tersebut digabungkan, kamu yang terpilih merupakan hasil tertinggi dari kedua test tersebut. Pengumuman tapakah di terima atau tidak bisa kamu lihat di website resmi BP2MI

Mengumpulkan Berkas Berkas yang dibutuhkan

Setelah lolos semua tes diatas langkah berikutnya adalah mengumpulkan berkas berkasi yang di butuhkan yang merupakan data pribadi resmi kita.

Kerja di Korea

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Lowongan Kerja di Korea
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Lowongan Kerja di Korea
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^