BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-Lain

Keadaan Alam Jerman

Keadaan Alam Jerman – Tidak mengherankan jika orang – orang Jerman menyukai menghabiskan waktu di alam terbuka karena keadaan alam Jerman memang indah. Ada hutan, sungai, pegunungan, dataran renda, serta taman – taman umum yang banyak terdapat di kota – kota Jerman.

Kemudian Jerman merupakan negara di Eropa dengan luas kira-kira 357.000 km². Negara ini memiliki beragam tipe iklim, mulai dari iklim kontinental di daerah pedalaman hingga iklim mediterania di selatan. Pada umumnya, musim panas di Jerman cukup panas dengan suhu rata-rata di atas 25°C, sedangkan musim dingin cukup dingin dengan suhu rata-rata di bawah 0°C.

Jerman juga memiliki beragam tipe vegetasi yang disesuaikan dengan kondisi iklim dan ketinggian tempat tinggal. Di daerah pedalaman, terdapat hutan-hutan deciduous (hutan yang ditumbuhi pohon-pohon yang mengeluarkan daun setiap musim) yang terdiri dari pohon-pohon seperti oak, beech, dan spruce. Di daerah pegunungan, terdapat hutan-hutan coniferous (hutan yang ditumbuhi pohon-pohon yang memiliki daun berbentuk seperti jarum) yang terdiri dari pohon-pohon seperti pine, fir, dan larch. Di daerah selatan, terdapat hutan-hutan deciduous yang terdiri dari pohon-pohon seperti olive, cypress, dan palm.

Di Jerman juga terdapat beragam tipe ekosistem, mulai dari pegunungan, lembah, danau, hingga pantai. Negara ini memiliki lebih dari 60.000 danau yang tersebar di seluruh wilayahnya, serta sekitar 2.000 km pantai yang terletak di Laut Baltik dan Laut Nordsee. Jerman juga memiliki lebih dari 100 taman nasional yang menjadi tempat yang baik untuk mengamati flora dan fauna yang ada di negara ini.

Letak Geografis Jerman dan Astronomis Jerman

Secara geografis Jerman terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan dengan 9 negara di Eropa lainnya. Batas – batas negara Jerman yaitu:

• Sebelah barat Jerman berbatasan dengan Belgia, Belanda, Luksemburg, dan Perancis.

• Sebelah timur Jerman berbatasan dengan Republik Ceko dan Polandia.

• Sebelah utara Jerman berbatasan dengan Denmark.

• Di sebelah selatan negara Jerman berbatasan dengan negara Swiss dan Austria.

Secara astronomis Jerman terletak pada 47° LU-55° LU dan di antara 6° BT-15° BT. Negara yang terdiri dari 16 negara bagian ini memiliki luas wilayah 357.386 km2.

Mengenal Keadaan Alam Jerman Lebih Dalam

Topografi Jerman secara umum merupakan dataran rendah di bagian utara dan wilayah berbukit – bukit di selatan. Wilayah pantai yang dimiliki Jerman berada di kawasan Laut Utara tetapi garis pantainya relatif pendek.

Meskipun begitu, ada wilayah pantai yang lebih panjang di Laut Baltik, tetapi perairan laut ini cenderung membeku di musim dingin.
Keadaan alam Jerman terdiri dari:

• Keadaan Alam Jerman di Pegunungan Alpen

Alpen (Alps) adalah sebuah pegunungan yang terletak di Eropa, tepatnya di Jerman, Austria, Italia, Slovenia, Swiss, dan Liechtenstein. Pada umumnya, pegunungan ini dikenal sebagai tempat berlangsungnya berbagai aktivitas olahraga seperti ski, snowboard, ataupun hiking. Pegunungan Alpen merupakan rangkaian pegunungan terbesar di Benua Eropa. Pegunungan Alpen menjadi pembatas wilayah selatan Jerman. Pegunungan Alpen di Jerman meliputi pegunungan Harz, Ardenes, Yura, dan Thuringen. Puncak tertinggi di Jerman adalah Zugspitze dengan ketinggian 2.963 m dpl.

Di Jerman, Alpen terletak di wilayah Bavaria dan Tyrol. Daerah ini memiliki iklim yang cukup dingin selama musim dingin, dengan suhu rata-rata di bawah 0°C. Pada musim panas, suhu di Alpen relatif lebih hangat dengan suhu rata-rata di atas 15°C.

Di Alpen, Anda dapat menikmati panorama pegunungan yang indah, dengan gunung-gunung yang tinggi dan terjal serta hutan-hutan coniferous yang ditumbuhi pohon-pohon seperti pine, fir, dan larch. Di sini juga terdapat berbagai macam tipe ekosistem, mulai dari pegunungan, lembah, danau, hingga pantai.

Di Alpen, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas alam, seperti skiing, snowboarding, ataupun hiking. Anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Zugspitze (gunung tertinggi di Jerman), Garmisch-Partenkirchen (kota di Alpen yang terkenal dengan ski-nya), atau Neuschwanstein Castle (istana yang terletak di tepi pegunungan dan merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jerman).

• Keadaan Alam Jerman di Dataran Rendah Jerman Utara

Keadaan alam berupa dataran rendah ini merupakan dataran rendah yang paling luas di Jerman. Dataran rendah yang ada di negara Jerman ini bagian dari wilayah dataran rendah utara Eropa yang membentang mulai dari barat daya Perancis hingga ke negara Rusia.

Dataran rendah yang ada di Jerman membentang mulai dari kawasan pantai Laut Baltik, Lembah Ruhr, Rheinland hingga ke perbatasan Polandia. Wilayah dataran rendah ini sebagian besar tanahnya berpasir, sepanjang laut sebelah utara dan timur terdiri atas tanah liat, dan di bagian selatan terdiri atas tanah loss.

Wilayah ini dialiri sunga – sungai utama yang mengalir menuju Laut Utara dan Laut Baltik seperti Sungai Rhein, Elbe, Ems, Oder, dan Weser. Di sekitar sungai – sungai ini terdapat banyak pusat industri dan pelabuhan.

Keadaan Alam Jerman

• Keadaan Alam Jerman di Dataran Tinggi Tengah

Dataran tinggi tengah berada di antara dataran rendah utara dan Pegunungan Alpen di selatan. Dataran tingi tengah merupakan wilayah plato yang membujur dari daerah yang hampir datar sampai pegunungan, yang dilingkupi bebatuan dan tanah yang tidak subur.

Sebagian besar plato di wilayah ini memiliki ketinggian 300 – 760 m dari permukaan laut. Puncak tertinggi yang tingginya melebihi 910 m adalah Gunung Harz dan Hutan Thuringia.

•Perbukitan Jerman Selatan

Keadaan alam perbukitan Jerman selatan memanjang dari barat daya ke timur laut. Sungai – sungai yang mengaliri sebagian wilayah ini adalah Sungai Rhein, Sungai Main, dan Sungai Neckar. Sungai Rhein menjadi prasarana transportasi terpenting yang memiliki fungsi sebagai jalur pelayaran untuk mengangkut hasil industri di wilayah ini.

Sungai Rhein (Rhine) adalah sungai terpanjang di Jerman dan merupakan salah satu sungai terpenting di Eropa. Sungai ini memiliki panjang kira-kira 1.320 km dan mengalir dari pegunungan Swiss ke Laut Nordsee di Belanda.

Sungai Rhein memiliki peran yang penting dalam kehidupan masyarakat di wilayah yang diairinya, terutama sebagai sumber air, tempat transportasi, dan sumber energi. Sungai ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Jerman, karena memiliki panorama yang indah dan berbagai macam tipe ekosistem, mulai dari pegunungan, lembah, danau, hingga pantai.

Di Sungai Rhein, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas alam, seperti menyusuri sungai dengan menaiki perahu, bersepeda di sepanjang sungai, atau menikmati pemandangan dari salah satu tempat wisata yang terletak di tepi sungai. Anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Köln Cathedral (katedral di Köln), Loreley Rock (batu yang terletak di tepi sungai), atau Marksburg Castle (kastil yang terletak di tepi sungai).

• Black Forest

 

Black Forest (Hutan Hitam) adalah sebuah daerah pegunungan yang terletak di bagian barat Jerman, tepatnya di wilayah Baden-Württemberg. Daerah ini memiliki nama yang unik karena pohon-pohon di sana tumbuh dengan rapat sehingga menyebabkan daerah ini terlihat gelap dari kejauhan. Black Forest merupakan wilayah pegunungan yang namanya diambil dari hutan cemara fir dan spruce yang lebat dan berwarna gelap yang menyelimuti daerah tersebut. Wilayah ini memiliki ketinggian rata – rata 762 sampai 910 meter di atas permukaan laut, dengan beberapa puncak yang tingginya bisa mencapai 1200 m.

Black Forest merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jerman. Daerah ini memiliki panorama alam yang indah, dengan hutan-hutan deciduous yang ditumbuhi pohon-pohon seperti oak, beech, dan spruce. Di sini juga terdapat berbagai macam tipe ekosistem, mulai dari pegunungan, lembah, danau, hingga pantai.

Di Black Forest, Anda dapat menikmati berbagai aktivitas alam, seperti hiking, bersepeda, atau menyusuri sungai dengan menaiki perahu. Anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata, seperti Triberg Waterfalls (air terjun Triberg), Lake Titisee (danau Titisee), atau Europa-Park (taman hiburan).

Sebagai informasi tambahan, Black Forest juga merupakan tempat asal kue khas Jerman yang bernama “Black Forest Cake” (kue hutan hitam). Kue ini terdiri dari lapisan-lapisan kue coklat yang disiram dengan cairan kirsch (minuman beralkohol yang terbuat dari buah ceri), diapit oleh whipped cream dan ditaburi dengan potongan ceri segar.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Keadaan Alam Jerman
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Keadaan Alam Jerman
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^