BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNews

Cara Membuat Pasir Kinetik Sendiri dengan Tepung Terigu 2 Bahan

Cara Membuat Pasir Kinetik Sendiri dengan Tepung Terigu 2 Bahan – Bermain dan belajar adalah jenis kegiatan yang sering dilakukan si kecil. Bagi orang tua yang memahami proses pendidikan anak dengan baik. Mereka akan berusaha memfasilitasi proses pendidikan tumbuh kembang anak. Dengan memberikan waktu dan alat bermain yang sesuai dengan jenis umur anak. Sehingga anak merasa bermain dan belajar sangat menyenangkan.

Salah satu alat bermain dan belajar yang sering digunakan adalah mainan plastik. Mainan plastik ini bisa berupa lego, bola dan mobil-mobilan. Mainan ini diperoleh membeli di toko-toko permainan, atau mendapatkan hadiah dari pembelian produk tertentu. Seperti misalnya membeli susu anak, membeli makanan kemasan dan produk-produk yang berhubungan dengan anak.

Selain mainan plastik. Ada dua mainan yang sedang trend di masyarakat. Pertama adalah slime. Sementara kedua adalah pasir kinetik. Mainan slime berbentuk setengah jelly yang dapat dibentuk-bentuk.

Mainan slime sendiri juga ada yang sudah berbentuk variasi binatang, tokoh kartun, atau berbentuk pola yang mudah dimainakan anak-anak. Mainan slime berfungsi awalnya sebagai perangsang saraf motorik anak. Sehingga membuat anak yang tadinya hanya sekedar memainkan. Menjadi inisiatif membentuk mainan sesuka hatinya.

Mainan slime sendiri terdiri atas dua hal. Pertama mainan slime yang dibeli melalui toko-toko mainan atau biasanya beberapa orang tua membeli melalui toko online. Mainan slime juga bisa dibuat sendiri menggunakna sabun cuci cair. Pembuatan slime ini jauh lebih murah dan meriah dibandingkan membeli melalui toko online atau toko mainan.

Cara Membuat Pasir Kinetik

Mainan Pasir Kinetik Tidak kalah Favorit Dengan Mainan Slime

Selain slime, mainan pasir kinetik juga menjadi favorit anak-anak. Bahkan dijual di beberapa toko mainan dan toko online masuk dalam daftar barang favorit. Sama seperti slime. Mainan pasir kinetik juga berfungsi merangsang saraf motorik anak. Karena pasir kinetik berguna buat anak membentuk benda-benda dengan bantuan pasir dan bahan pencetak. Mainan pasir kinetik membutuhkan keaktifan anak.

Sehingga anak akan terbiasa aktif membentuk, memasukkan pasir dan menata pasir di wadah yang telah disediakan.

Sama dengan slime juga. Mainan pasir kinetik bisa dibeli di berbagai toko mainan yang menyediakan. Tetapi juga bisa dibuat sendiri. Mainan pasir kinetik tidak berbahaya untuk tubuh. Tidak berbahaya untuk anak. Karena terbuat dari bahan-bahan sintesis atau bahan-bahan alami jika anda membuatnya sendiri.

Cara Membuat Pasir Kinetik Dengan Mudah Dirumah

Bahan pasir kinetik juga mudah dibersihkan dan lebih mudah dirapikan dibandingkan pasir asli pantai. Karena pasir kinetik ini sendiri bahan aslinya adalah pasir mainan biasa. Tetapi diberikan sentuhan zat-zat bahan lain. Sehingga terbentuk pasir baru dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara membuat pasir kinetik dengan mudah yang bisa dicoba dirumah:

Persiapakan Bahan-Bahan:

– Bahan pewarna makanan yang berfungsi untuk memberikan warna

– Sediakan 6 sampai 7 gelas pasir mainan bersih dan halus dan Anda bisa membeli di toko-toko mainan.

– Satu setengah gelas air

– 3 gelas tepung kanji

Berikut cara membuat pasir kinetik:

1. Siapkan satu wadah besar yang terbuat dari plastik.

Masukkan satu setengah gelas air.

2. Selanjutnya masukkan tiga gelas kanji ke dalam wadah tersebut.

Aduk-aduk dan pastikan tidak ada gumpana kanji yang tersisa.

3. Selanjutnya masukkan pasir mainan yang telah anda beli.

Kemudian aduk-aduk seluruhnya sampai tercampur antara kanji dengan pasir mainan biasa.

4. Selanjutnya anda bisa meneteskan beberapa pewarna makanan.

Agar pasir tampak berwarna lebih terang. Seperti hijau, merah dan kuning. Anda tidak perlu khawatir dengan pewarna makanan. Karena pewarna makanan yang berbahan kimia ini telah teruji. Dan aman buat mainan anak-anak di kemudian hari.

5. Jika anda ingin membagi pasir dalam beberapa warna yang berbeda.

Anda harus memisahkan campuran pasir terlebih dahulu ke dalam beberapa wadah yang lebih kecil. Sehingga anda kemudian baru menetesi dengan warna-warna kesukaan anda. Aduk adonan pasir kinetik. Agar warna pasir menyebar dengan sempurna. Diamkan beberapa saat. Kemudian masukkan pasir kinetik ke dalam plastik atau toples.

Sebagai bahan mainan anak-anak pada saat waktu luang. Anda juga bisa membeli berbagai bahan-bahan penunjang permainan pasir kinetik. Seperti sekop mainan plastik dan bahan-bahan cetakan kue atau agar-agar. Sekop dan bahan-bahan cetakan ini berfungsi sebagai alat pembantu anak ketika bermain dengan pasir kinetik. Sehingga anak tidak hanya bermain pasir

Tetapi juga bermain membuat bentuk, apalagi jika anda menyiapkan bentuk benda-benda seperti bulat, segitiga, bola. Maka anak bisa bermain sambil belajar.

Kelebihan Membuat Pasir Kinetik Sendiri

Tahykah Anda bahwa ternyata pembuatan Pasir mekanik dengan sendiri dan bahan-bahan di sekitar kita ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pasir kinetik buatan sendiri adalah kita mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan dibandingkan dengan mainan pasir kinetik dari pabrik yang biasanya menggunakna pewarna sintesis, serta beberapa menggunakan bahan-bahan yang kurang ramah dengan lingkungan.

Kelebihan selanjutnya adalah pasir kinetik buatan sendiri harganya lebih murah dibandingkan anda membeli satu set mainan pasir kinetik di toko mainan, karena seluruh harga di toko mainan biasanya dikenakan pajak terutama barang-barang yang dibeli melalui mekanisme impor dari luar negeri.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Membuat Pasir Kinetik
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Membuat Pasir Kinetik
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^