Cara Membuat Slime Tanpa Gom

Cara Membuat Slime Tanpa Gom

Posted on 47 views

Cara Membuat Slime Tanpa Gom – Anda sering melihat permainan yang menggunakan slime di media sosial? Trend bermain slime di kalangan anak muda saat ini cukup tinggi. Bagi yang belum tahu apa itu slime maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini Anda akan mengetahui lebih lanjut tentang apa itu slime dan bagaimana cara membuatnya dengan bahan-bahan yang aman sehingga dapat dimainkan oleh anak-anak.

Melihat banyaknya trend mainan yang sering berganti di media sosial cukup banyak diikuti oleh masyarakat. Saat ini permainan slime yaitu gel yang memiliki banyak warna dan bisa dibentuk dengan mudah seperti playdough.

Slime bisa dibeli dengan mudah melalui toko online dan memiliki banyak fungsi baik untuk mereda emosi. Cara memainkannya adalah dengan meremas-remasnya atau membentuknya sesuai dengan keinginan. Karena cara bermain inilah yang dapat menyalurkan emosi anak atau remaja.

Cara Membuat Slime Tanpa Gom alias Borax Dengan Mudah Dan Aman

Jika membeli slime di toko online ada satu hal yang perlu dipertimbangkan yakni keamanan. Keamanan dari slime yang dijual bebas tidak terjamin dengan adanya bahan borak yang cukup berbahaya bagi kesehatan anak.

Daripada Anda membeli slime sebaiknya simak cara membuat slime tanpa gom atau borax sehingga aman dimainkan oleh anak-anak Anda.

Baca Juga : Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

1. Slime Tepung Kanji, Cara Membuat Slime Tanpa Gom

Pasti semua orang familiar dengan tepung kani, ya bahan masakan ini bisa digunakan untuk membuat mainan slime lhoh. Cara membuatnya pun sangat mudah dan simpel Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini.

• Air bersih 500 ml

• Tepung kanji 2 ½ gelas

• Minyak goreng 170 gr

• Pewarna makanan sesuai kebutuhan

Bagaimana cara membuatnya? Untuk membuatnya Anda bisa menggunakan baskom dan masukan tepung kanji. Tambahkan air bersih sambil di aduk secara perlahan dan Anda bisa menggunakan pengaduk atau langsung menggunakan tangan. Pastikan adonan tidak bergerindil. Tambahkan minyak goreng dan aduk hingga adonan cair dan pekat. Bagi menjadi beberapa bagian dan berikan pewarna yang berbeda. Masukan slime ke dalam plastik dan diikat.

Cara Membuat Slime Tanpa Gom

2. Slime sabun

Jika tidak ingin menggunakan tepung kanji cara membuat slime tanpa gom lainnya adalah dengan sabun. Setiap rumah pasti memiliki sabun deterjen untuk pakaian. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan dasar membuat slime yang wangi. Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan bahan berikut ini:

• Deterjen bubuk 2 gelas

• Sabun cair anak 6 sdm

• Sabun cuci piring cair 6 sdm

• Tepung terigu secukupnya

• Air bersih 2,5 gelas

• Pewarna makanan sesuai kebutuhan

Cara pembuatannya adalah siapkan baskom dan tuangkan deterjen, tepung terigu, sabun cuci piring cari, sabun cair anak. Aduk seluruh sabun hingga tercampur reta, tambahkan air bersih perlahan sambil diaduk. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dan berikan pewarna. Tutup slime dan masukan ke dalam kulkas agar sedikit mengeras.

3. Slime bedak bayi, Cara Membuat Slime Tanpa Gom

Ada alternatif membuat slime adalah dengan bedak bayi. Anda pasti bisa membeli bedak bayi atau memilikinya di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup simple yaitu:

• Bedak bayi 1 botol kecil

• Baby oil 4 sdm

• Air bersih 2 gelas

• Pewarna makanan secukupnya

Cara pembuatnya dengan memulai masukan bedak bayi ke dalam baskom kemudian tambahkan air ke dalamnya secara perlahan dan diaduk. Tambahkan baby oil sambi tetap diaduk hingga merata. Jika kurang kental tambahkan bedak. Pisahkan menjadi beberapa adonan kemudian masing-masing berikan pewarna makanan. Diamkan adonan di dalam masing-masing wadah beberapa jam.

4. Slime Susu

Cara membuat slime tanpa gom yang terakhir ini cukup mahal namun bahan-bahannya bisa Anda temukan di dapur. Karena terbuat dari bahan makanan dan cara pembuatannya yang cenderung higienis, slime ini bisa dikonsumsi oleh anak namun dengan cara pembuatan yang benar-benar tepat. Anda memerlukan beberapa bahan berikut ini:

• Susu cair 1 kotak sedang bisa diganti dengan susu kental yang sudah diberikan air

• Vanili bubuk secukupnya

• Tepung maizena 1,5 sdm tepung maizena

• Pewarna makanan secukupnya

Cara memasaknya adalah masukan susu ke dalam panci sambil dimasak dengan api kecil. Aduk merata dan jika susu sudah terasa panas matikan. Tambahkan vanili bubuk sambil tetap diaduk, nyalakan api kecil kembali kemudian tambahkan tepung maizena dan aduk hingga merata jangan sampai adonan bergerindil. Jika sudah mendapatkan bentuk cairan yang tepat matikan api dan angkat.

Jangan langsung digunakan untuk mainan namun dinginkan terlebh dahulu jika sudah tambahkan pewarna makanan pada adonan yang sudah dipisah-pisah. Tutup slime dan simpan dalam wadah yang aman.

Keempat cara di atas adalah alternatif pembuatan slime yang aman dibandingkan Anda harus membelinya di toko online dengan bahan yang belum tentu terjamin. Pastikan Anda memberikan mainan pada anak yang sudah sekolah jika tidak kemungkinan untuk dimakan sangat tinggi dan berbahaya.

Kesimpulan
recipe image
Tanggal
Judul
Cara Membuat Slime Tanpa Gom
Rating
51star1star1star1star1star
Recipe Name
Cara Membuat Slime Tanpa Gom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.