BeritaKomputer / HardwareLain-LainLife StyleNewsReview Games/Gadget/Hardware/Tips TrikTechWindows 10

Cara Cek Plagiarisme, Online, Gratis, Free 10000 Kata APK 2023

Cara Cek Plagiarisme, Online, Gratis, Free 5000 – 10000 Kata APK 2023 – memiliki suatu konten yang bersifat orisinil atau asli adalah salah satu kunci yang dijadikan salah satu indikator dalam menarik perhatian para pembaca atau pengunjung halaman blog kalian.  Selain itu juga Google memiliki satu mesin pencari terbesar yang ada di dunia yaitu Google Search Engine yang sangat tidak suka dengan konten yang bersifat plagiarisme.

Terlebih para pengunjung atau pembaca akan lebih tertarik untuk membaca konten yang unik, menarik, dan beda dari pada milik blog lainnya, artikel yang benar-benar milik pribadi dan bukan artikel bahan curian dari blog atau website lain. Hal tersebut akan menjadi sangat penting apabila kalian ingin memulai untuk membuat suatu blog yang menarik, dan ingin mendapatkan penghasilan dari menulis blog. Kalian harus tetap menjaga agar pembaca tetap setia mengunjungi artikel atau blog yang kalian miliki, maka dari itu orisinalitas dari blog kalian juga harus tetap kalian jaga sebaik mungkin untuk terhindar dari plagiarisme.

Apabila kalian tidak mengindahkan hal tersebut dengan membuat blog orisinalitas mungkin maka hal tersebut akan mempengaruhi terhadap SEO kalian bekerja nantinya, selain itu juga para pembaca tidak akan percaya terhadap semua hasil tulisan kalian, dan mereka biasanya tidak akan mengunjungi blog kalian lagi. Hal tersebut sangat berdampak besar terhadap eksistensi blog yang kalian miliki. Maka dari itu kalian harus membuat sebuah karya yang memiliki tingkat orisinalitas yang tinggi, ciptakan kalimat, kata-kata serta seluruh konten yang dihasilkan dari pengalaman pribadi kalian.

Dengan menggunakan pengalaman pribadi maka kalian tidak akan kesulitan dalam membuat artikel atau blog, karena pengalaman pribadi kalian akan selalu ada di dalam memori kalian, dan kalian hanya perlu meluapkan memori tersebut ke dalam sebuah tulisan. Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengecek plagiarisme, kami akan memberikan beberapa tips aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk cek plagiarisme secara online dan gratis. Namun sebelumnya kalian juga harus tau nih apa itu pengertian plagiarisme, dan juga jenis plagiarisme yang biasanya dilakukan oleh beberapa oknum yang tidak memiliki kreativitas, diantaranya adalah :

Apa Itu Plagiarisme?

Plagiat sebenarnya berasal dari kata bahasa Inggris plagiarism atau plagiary dan di dalam bahasa latin plagiarius yang di dalamnya memiliki arti penculik atau penjiplak. Maka plagiarisme atau plagiat adalah salah satu tindakan mencuri atau suatu gagasan atau karya intelektual dari orang lain, dan setelah itu diklaim atau bahkan mengumumkannya sebagai milik pribadi yang sebenarnya hal tersebut adalah bukan miliknya. Dan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.17 tahun 2010.

Maka plagiat adalah suatu perbuatan yang dengan sengaja atau bahkan tidak sengaja yang terdapat untuk memperoleh atau bahkan mencoba memperoleh kredit atau suatu nilai yang ada di dalam karya ilmiah. Dengan begitu maka kalian dapat dengan mudah untuk mencoba untuk mengutip beberapa atau bahkan semua karya ilmiah yang didapatkan dari pihak lain yang setelah itu diakui sebagai salah satu karya milik mereka sendiri, tanpa menyatakan sumber asli secara tepat.

Menurut beberapa referensi yang didapatkan dari beberapa sumber buku menyatakan bahwa pengertian plagiarisme diantaranya adalah :

* Menurut Lindsey Tahun 2011

Plagiat adalah salah satu tindakan dengan menjiplak suatu ide, gagasan, atau bahkan suatu karya orang lain dengan sengaja dan setelah itu mengakui karya tersebut merupakan miliknya,

Atau bahkan saat menggunakan karya orang lain dan tanpa menyebutkan sumber yang sudah sebelumnya mempublish hasil tulisan tersebut, maka setelh itu akan menimbulkan banyak asumsi yang salah atau bahkan keliru mengenai asal usul suatu ide, gagasan, atau bahkan suatu karya.

* Menurut Suyanto dan Jihad Tahun 2011

Plagiarisme adalah salah satu aktivitas untuk mencuri gagasan, kalimat, dan juga kata-kata atau bahkan hasil dari suatu penelitian orang lain yang di dalamnya menyajikan seakan-akan merupakan miliknya sendiri.

* Menurut Brotowidjoyo Tahun 1993

Plagiarisme adalah suatu kegiatan pembajakan yang di dalamnya merupakan sebuah fakta, dan penjelasan yang diungkapkan tersebut dari kalimat orang lain dengan cara yang tidak sah.

* Ridhatillah Tahun 2003

Plagiarisme adalah salah satu tindakan penyalahgunaan, dan juga suatu pencurian atau bahkan perampasan, penertiban, dan juga pernyataan atau menyatakan sebagai salah satu milik sendiri mengenai sebuah pikiran , ide, tulisan, atau bahkan ciptakaan yang dimiliki oleh orang lain.

Jenis-Jenis Plagiarisme

Aspek-aspek plagiarisme yang dicuri diantaranya adalah :

* Plagiat Suatu Ide (Plagiarism of Ideas)

Yaitu plagiat yang sulit untuk dibuktikan ide atau gagasannya yang selanjutnya memiliki sifat abstrak dan kemungkinan memiliki suatu persamaan dengan adanya ide dari orang lain.

Atau bahkan terdapat beberapa kemungkinan yang memiliki suatu persamaan antara dua ide yang sama dan terdapat dua orang pencipta yang memiliki perbedaan.

* Plagiat Berdasarkan Kata Demi Kata (Word of Word Plagiarism)

Salah satu tipe ini hampir mirip dengan slavish copy, yaitu mengutip karya orang lain yang dilakukan dengan cara kata perkata tanpa harus mengeluarkan atau menyebut sumbernya. Plagiasi ini terjadi di saat mereka mengutip dengan cara yang sangat substansial dan penulisan yang digunakan benar-benar terambil.

* Plagiat Sumber (Plagiarism of Source)

Plagiat tersebut memiliki suatu kesalahan yang sangat fatal karena di dalam penulisan tersebut tidak menyebutkan dengan lengkap referensi yang ada di dalam kutipan tersebut,

apabila sebuah kutipan tersebut tidak menyertakan seorang penulis maka hal tersebut akan merugikan sang penulis, karena pada awalnya penulis itulah yang membagikan pertama kali gagasannya.

* Plagiat Kepengarangan (Plagiarism of Authorship)

Tindakan tersebut akan menjadi salah satu motif untuk membohongi para publik. Contoh mudahnya adalah saat penulis plagiarisme ini dengan sengaja mengubah cover buku dan nama penulis dengan tanpa izin.

Jenis Plagiat Berdasarkan Kesengajaan

Berdasarkan faktor kesengajaan, plagiat dibagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu :

* Plagiat Sengaja

Plagiat jenis ini adalah salah satu plagiat yang sebenarnya orang tersebut memiliki kesadaran yang penuh dengan menggunakan, meminjam, dan juga menjiplak hasil karya orang lain entah itu sebuah ide, kalimat, teori, dan juga gagasan tanpa mencantumkan sumber referensi tersebut.

* Plagiat Tidak Sengaja

plagiat ini dilakukan oleh seseorang yang dilakukan dengan ketidak sengajaan, dna kurangnya pengetahuan dan juga pemahaman orang tersebut di dalam kegiatan mengutip hasil penelitian orang lain.

Jenis Plagiat Berdasarkan Proporsi yang Di Bajak

Dan berdasarkan jumlah proporsi presentasi yang dibajak, plagiat akan dibagi menjadi beberapa jenis, yang diantaranya yaitu :

* Plagiat Ringan, plagiat ini dilakukan dalam sebuah karya tulis ilmiah yang dapat dibuat oleh seseorang kurang dari 30 persen.

* Plagiat Sedang, memiliki persentase 30% sampai dengan 70% di dalam sebuah karya tulis yang akan dibuat.

* Plagiat Total. Lebih dari 70% dari hasil karya penulisan yang merupakan salah satu plagiat yang diambil dari karya orang lain. Dan plagiat ini tidak akan disukai oleh Google dan karya tersebut nantinya harus dapat direvisi sampai akhirnya bisa di publish.

Cara Cek Plagiarisme Paling Mudah

1. Copyscape, Cara Cek Plagiarisme

Bagi kalian yang baru memulai untuk menulis suatu artikel atau karya ilmiah dan kalian menginginkan untuk cek plagiarisme suatu karya atau penulisan, maka kalian bisa menggunakan Copyscape, dan Cara Cek Plagiarisme juga terbilang cukup mudah kalian bisa mengcopy-paste artikel yang kalian buat, atau kalian bisa menaruh alamat URL website artikel kalian. Copyscape

CopyScape ini adalah salah satu aplikasi plagiarism checker pertama yang memiliki berbagai fasilitas yang menarik dan tentunya menunjang segala keperluan kalian dalam kegiatan cek plagiarisme.

Apabila nantinya kalian menemukan terdapat duplicate content maka akan muncul pula website mana yang memiliki konten yang sama, selain itu juga kalian dapat menghubungi dari pihak blog atau website tersebut untuk menghapus kontennya, atau kalian bisa juga melaporkan hal tersebut ke pihak Google di laman “Google Copyright Removal Page”.

Di dalam fitur Copyscape terdapat fitur Premium API, Copy Entry, Copyscape Premium, Comparison Tool, dan Plagiarism Banner. Namun apabila kalian ingin memiliki fitur ini maka kalian harus membeli versi yang berbayar.

Atau apabila kalian menginginkan untuk menggunakan aplikasi cek plagiarisme lainnya maka kalian bisa menggunakan aplikasi lain yang saat ini tersebar di internet.

2. Small SEO Tools – Plagiarism Checker, Cara Cek Plagiarisme

Plagiarism Checker ini tergolong sangat populer di antara aplikasi lainnya, dengan populasi penggunanya yang lumayan banyak. Selain itu juga fiturnya yang sangat menarik dengan kekuatan scan plagiat yang digunakan per paragraf dengan beberapa hasil persentase yang sangat detail.

Batasan artikel yang di cek di aplikasi tersebut maksimal sebesar 1000 kata. Apabila lebih dari itu maka kalian bisa menggunakan fitur yang berbayar, selain itu juga Plagiarism Checker memiliki berbagai macam tools SEO seperti halnya Article Rewriter, Grammar Check, dan lain sebagainya.

3. Writecheck, Cara Cek Plagiarisme

Kalian bisa meningkatkan kualitas suatu penulisan apabila kalian menggunakan Writecheck. Website ini juga menyediakan pengecekan suatu konten, kutipan, dan juga sumber yang tertera dengan sangat cepat.

Selain itu juga Writecheck memiliki fungsi untuk mengecek grammar, kalian bisa mendapatkan feedback dari Writecheck dengan sangat cepat mengenai tata bahasa yang kalian gunakan, ejaan, dan juga penggunaan kata di dalam konten yang kalian miliki. Di dalam fitur ini juga terdapat berbagai buku panduan untuk penulis yang nantinya akan secara otomatis terintegrasi.

Selain itu juga Writer Check memiliki fitur yang dapat dengan secara profesional mengecek secara manual yang dilakukan dengan beberapa mentor yang bersifat profesional dan mereka akan memberikan masukan dengan cara yang kritis mengenai konten yang sudah kalian miliki.

Namun apabila kalian ingin menggunakan aplikasi ini untuk cek plagiarisme dengan menggunakan Writecheck dan menggunakan fitur tersebut, maka kalian dapat membayar fitur tersebut sebesar $7.95 untuk mengecek konten yang tidak beres.

4. Viper Anti-Plagiarism Scanner

Mungkin saat ini sudah banyak website online yang menyediakan cek plagiarisme dengan cara online, namun aplikasi Viper ini tidak bisa menggunakan website, maka kalian harus memasang aplikasi tersebut dengan menggunakan perangkat desktop. Viper ini memiliki banyak fitur yang akan sangat bermanfaat dan membantu kalian untuk cek plagiarisme berupa teks, atau konten yang kalian gunakan di dalam hasil tulisan kalian.

User interface yang mudah digunakan akan menghasilkan informasi yang sangat jelas dan juga sangat singkat, sehingga kalian tidak akan kesusahan dalam memahami hasil koreksi dari Viper. Pengecekan tersebut dapat melakukan pengecekan dari 10 Juta sumber. Hal yang paling menarik dari Viper adalah salah satu pembayarannya yang didalamnya berdasarkan jumlah kata dari dokumen yang nantinya dapat di cek seberapa besar tingkat plagiatnya, namun apabila kalian ingin menggunakan semua layanan tersebut maka kalian tentu saja harus mengeluarkan sejumlah biaya agar nantinya kalian dapat dengan mudah menikmati seluruh fitur Viper.

Namun apabila kalian ingin mencoba untuk menggunakan Viper maka kalian tetap bisa cek plagiarisme gratis dengan menikmati beberapa fitur lainnya yang tetap kalian manfaatkan untuk cek plagiarisme gratis. Apabila kalian menggunakan fitur Viper yang berbayar maka kalian akan dimudahkan dalam proses upload file seperti halnya saat kalian mengunggah file dari berbagai macam sumber data misalnya Google Drive, dan proses pengecekan tersebut berjalan sangat cepat, dan tidak ada delay sama sekali. Viper ini adalah salah satu aplikasi cek plagiarisme yang paling diminati oleh banyak orang yang menggunakan perangkat PC/Komputer.

5. DupliChecker Cara Cek Plagiarisme – DupliChecker

Kalian juga bisa langsung melakukan pengecekan suatu teks atau bahkan file secara langsung dengan menggunakan DupliChecker. Di dalam website ini juga akan menyediakan halaman yang khusus digunakan untuk melakukan cek plagiarisme online. Penggunaannya juga sangat mudah kalian bisa langsung memasukkan maksimal 1000 kata ke dalam sebuah form yang sudah tersedia sebelumnya. Apabila kalian menggunakan DupliChecker ini maka kalian akan diberikan beberapa informasi yang menyajikan data mengenai informasi dalam bentuk persenan, Dengan menunjukkan berapa besar kemiripan konten kalian dengan konten yang sedang kalian cek, dan sebagainya. Tidak hanya memberikan fitur cek plagiarisme di dalam konten, namun kalian juga bisa mengecek grammar, paraphrasing, domain authority, dan lain sebagainya.

6. Dustball Cara Cek Plagiarisme – Dustball

Apabila kalian mencari cara cek plagiarisme online yang paling sederhana maka kalian dapat menggunakan Dustball. Dan saat kalian menggunakan Dustball ini maka kalian akan secara langsung disuguhkan dengan kolom yang berisikan sebuah teks yang nantinya akan diperiksa secara langsung, di dalam website tersebut juga kalian dapat cek plagiarisme online dengan menggunakan dokumen Microsoft Word. Kalian hanya perlu mengcopy-paste teks kalian ke dalam box besar yang sudah tersedia, setelah itu kalian bisa langsung mengklik tombol “Check the Paper”, maka akan secara otomatis website tersebut akan melakukan cek plagiarisme secara otomatis.

Layanan Dustball ini juga termasuk salah satu layanan cek plagiarisme gratis yang tersedia di internet, kalian dapat dengan mudah menggunakan layanan ini. Namun seperti layanan lainnya kalian juga akan memiliki limit yaitu 1000 perharinnya. Agar kalian bisa menggunakan fitur lainnya maka kalian bisa membayar sebanyak $8 (lifetime) untuk biaya perawatannya.

Dengan fitur premium dari berbagai pengecekan konten plagiat tersebut juga menawarkan berbagai hasil yang sangat akurat, apabila kalian memiliki indikasi plagiat maka, Dustball akan memberikan peringatan seperti “Plagiarism?”

Cara Cek Plagiarisme

7. PlagTracker Cara mengecek plagiarisme – PlagTracker

PlagTracker adalah salah satu layanan cek plagiarisme gratis yang menyediakan alat pengecekan suatu konten plagiat yang juga cukup lengkap. Dan kalian juga bisa menggunakan fitur yang lengkap namun kalian bisa menggunakan layanan premium dari PlagTracker, namun kalian harus mengeluarkan sejumlah biaya. Layanan yang tersedia nantinya seperti laporan yang sangat cepat, cek grammar, pengecekan database, dan dapat mengecek banyak file seperti halnya file document, txt, dan lain sebagainya. Website ini adalah salah satu penyedia layanan yang di dalamnya terdapat pengecekan dengan cara yang sangat professional. Selain itu juga menyediakan beberapa tim professional dan selanjutnya mengecek konten kalian. Fitur ini nantinya akan melakukan pengecekan kesalahan sintaksis, tata bahasa, dan juga alur yang akan disesuaikan dengan semestinya.

Layanan ini juga bisa melakukan cek plagiarisme gratis yang dapat kalian gunakan untuk mengecek plagiat, namun penggunaannya dibatasi maksimal 5000 kata, dan di tempat lain kalian hanya bisa mengecek plagiat ini maksimal hanya 1000 kata.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Cek Plagiarisme
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Cek Plagiarisme
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^