BeritaLain-LainNewsTechWindows 10Windows 8

Cara Membuat Tabel di Word HP, untuk Microsoft Word 2010

Cara Membuat Tabel di Word di HP, untuk Microsoft Word 2010 – Siapa saja bisa membuat tabel di Microsoft word untuk berbagai macam alasan. Anda juga bisa membuat tabel yang bisa dimodifikasi fungsinya hampir seperti Microsoft excel atau spreadsheet. Tabel yang dibuat juga bisa digunakan hanya untuk menyimpan data. Sebagai alternatif, tabel di Word akan membantu Anda untuk membuat struktur sebuah dokumen dalam file.

Setiap kolom dan barus yang dibuat bisa diisi dengan teks atau angka. Anda juga bisa mengisi sesuai dengan konten yang dibutuhkan seperti gambar. Setiap cell bisa diedit secara individual baik itu menambahkan kolom atau baris. Hanya saja Anda sebelum memodifikasi tabel, pelajari dahulu dasar membuat tabel.

Jika tabel yang dibuat sudah memiliki struktur yang tepat, maka Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang struktur cell. Jadi seperti apakah dasar-dasar cara membuat tabel di Word? Anda bisa menyimaknya disini.

Dasar-Dasar Membuat Tabel di Microsoft Word

Dasar pertama untuk membuat tabel adalah membuka file baru di Microsoft Word. Kemudian dalam lembar baru tersebut pilih menu ‘insert’ yang terdapat pada toolbar. Setelah klik menu Insert akan ada banyak pilihan menu dan cukup pilih menu ‘table’. Darisiti Anda akan diperlihatkan tampilan banyak kolom.

Pilihlah berapa jumlah kolom dan baris yang hendak dibuat. Jangan takut salah memilih karena Anda nantinya bisa menghapus atau menambahkan jumlah baris dan kolom. Setelah klik otomatis tabel yang dibutuhkan sesuai dengan baris dan kolom akan langsung muncul di lembar baru.

Ketika tabel sudah selesai dibuat, Anda cukup mengisikan pada masing-masing cell informasi yang hendak disimpan. Misalnya menuliskan nomor, nama, alamat, atau data lainnya sesuai yang dibutuhkan. Cara menuliskan bisa langsung klik bagian cell dan ketik teks.

Tabel yang sudah selesai ini merupakan bentuk dasar yang nantinya bisa dimodifikasi lebih lanjut. Misalnya jika terdapat informasi tambahan yang harus diisikan Anda perlu menambahkan kolom baru. Bisa juga untuk menghilangkan bagian data yang sudah tidak terpakai dan menghapus bagian tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tabel di Microsoft Word:

  1. Buka dokumen Word yang akan Anda gunakan.
  2. Klik tab “Insert” di menu ribbon.
  3. Pilih opsi “Table” dari menu yang muncul.
  4. Pilih jumlah baris dan kolom yang ingin Anda buat dengan menggunakan grid yang muncul di layar. Anda juga bisa mengubah ukuran tabel setelah dibuat dengan menggunakan tombol “Insert Table” yang ada di bagian bawah grid.
  5. Setelah Anda memilih jumlah baris dan kolom yang diinginkan, tabel akan dibuat di dokumen Word Anda.
  6. Anda bisa mengisi tabel dengan teks atau angka dengan mengklik kotak di dalam tabel dan mengetik.
  7. Anda juga bisa mengubah properti tabel, seperti warna latar belakang, ukuran border, dan lain-lain, dengan mengklik tab “Design” di menu ribbon dan memilih opsi yang diinginkan.

Cara Modifikasi Tabel di Word

Anda mungkin sudah selesai membuat tabel dengan cara manual di atas. Namun tabel masih bisa diotak-atik sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menambahkan atau mengurangi tabel. Mengubah tampilan tabel menjadi lebih menarik dengan warna-warna dan tema tertentu.

Semua data dengan tabel melalui Microsoft Word bisa dengan mudah dimodifikasi. Satu-satunya ciri yang berbeda dengan Microsoft Excel atau Spreadsheet adalah tidak adanya rumus yang bisa diterapkan. Jadi jika menggunakan tabel di Word benar-benar hanya data yang diisi saja.

Apa saja cara membuat tabel di Word dan bagaimana cara memodifikasinya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

● Cara Menambahkan Menghapus Tabel

Seringkali Anda akan menemukan tabel yang digunakan ternyata berlebihan. Bisa juga ternyata karena banyak data yang harus di input maka jumlah tabel masih kurang. Disini Anda bisa bekerja secara manual untuk menambahkan tabel atau menguranginya.

Pertama adalah cara untuk mengurangi tabel. Pindahkan kursor pada bagian cell yang hendak dihilangkan. Kemudian klik kanan pada mouse dan akan keluar beberapa menu pilihan. Pilih menu ‘Hapus’ dan pilih apakah Anda akan menghilangkan kolom atau baris.

Cara kedua adalah untuk menambahkan tabel. Pindahkan kursor pada cell yang hendak ditambahkan. Kemudian klik kanan pada mouse dan pilih menu ‘sisipkan’, dari menu itu akan muncul pilihan menu di bagian mana Anda akan menambahkan kolom atau baris. Pilih salah satu dan klik, otomatis kolom atau baris akan langsung bertambah.

● Mengganti Tema dan Warna

Seringkali jika tabel yang dibuat hanya bentuk biasa akan kurang menarik. Belum lagi tidak fokus dengan beberapa bagian penting dalam tabel yang ingin disampaikan. Untuk itu pergantian tema dan juga warna dari tabel akan sangat membantu. Tabel juga akan menjadi lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

Pertama untuk mengganti tema pindahkan kursor pada bagian dalam tabel. Kemudian pada toolbar pilih menu ‘Tabel’ dan akan muncul menu lainnya. Pilih menu ‘gaya tabel’ dan klik, otomatis berbagai tema tabel akan muncul. Anda bisa memilih salah satunya.

Kedua adalah untuk memberikan warna yang berbeda. Masih pada menu yang sama yaitu pada toolbar menu ‘Tabel’. Kali ini Anda klik pada bagian ‘Ubah warna’ dan pilih warna manakah yang ingin diterapkan.

Cara Membuat Tabel di Word

● Memisahkan cell

Pada beberapa kasus seringkali dalam satu cell Anda akan membaginya dalam beberapa bagian. Khusus untuk kasus ini Anda tidak bisa mengaturnya di saat pertama kali membuat tabel. Setelah tabel dibuat Anda baru bisa menambahkan cell menjadi lebih dari satu.

Pertama arahkan kursor pada bagian cell yang hendak ditambahkan. Kemudian klik kanan pada mouse pilih menu pisahkan cell dan Anda akan diarahkan langsung pada tampilan menu jumlah baris dan juga kolom.

Isi bagian ini sesuai dengan jumlah pembagian cell yang diinginkan. Kemudian klik ‘ok’ jika jumlahnya sudah benar. Otomatis cell akan berubah terbagi menjadi beberapa kolom atau baris sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cara membuat tabel di Word dan juga modifikasi dasarnya ini masih bisa dikembangkan lagi. Selama Anda mengenali masing-masing menu yang ada di toolbar dan fungsinya maka semua kebutuhan untuk membuat tabel baru, mengisinya dengan teks, gambar atau angka akan menjadi lebih mudah.

Microsoft Word diciptakan untuk membantu pekerjaan menjadi lebih mudah dan juga rapi sebelum dipresentasikan. Setiap menu akan memudahkan penggunanya untuk membuat data disajikan dengan maksimal.

Daftar Aplikasi Android yang bisa di gunakan untuk Membuat Tabel di Word

Berikut adalah beberapa aplikasi Android yang memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Word:

  1. Google Docs – Aplikasi ini dikembangkan oleh Google dan merupakan bagian dari suite aplikasi Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite). Google Docs menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  2. Microsoft Word – Aplikasi ini merupakan versi mobile dari Microsoft Word yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini menyediakan semua fitur yang terdapat di versi desktop, termasuk penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen.
  3. WPS Office – Aplikasi ini merupakan suite aplikasi kantor yang mencakup aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint. WPS Office menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  4. OfficeSuite – Aplikasi ini merupakan suite aplikasi kantor yang mencakup aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint. OfficeSuite menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  5. Polaris Office – Aplikasi ini merupakan suite aplikasi kantor yang mencakup aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Polaris Office menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.

Daftar Software Alternatif di Windows yang memiliki fungsi sama dengan Microsoft Word

Berikut adalah beberapa software di Windows yang memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Word:

  1. Google Docs – Google Docs merupakan aplikasi online yang dikembangkan oleh Google dan dapat diakses secara gratis melalui web browser. Google Docs menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  2. LibreOffice Writer – LibreOffice adalah suite aplikasi kantor yang open source dan dapat diunduh secara gratis. LibreOffice Writer adalah aplikasi word processor yang menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  3. WPS Office – WPS Office adalah suite aplikasi kantor yang dapat diunduh secara gratis dan menyediakan aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint. WPS Office menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  4. AbiWord – AbiWord adalah aplikasi word processor yang open source dan dapat diunduh secara gratis. AbiWord menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.
  5. OpenOffice Writer – OpenOffice adalah suite aplikasi kantor yang open source dan dapat diunduh secara gratis. OpenOffice Writer adalah aplikasi word processor yang menyediakan fitur-fitur seperti penulisan, penyuntingan, dan pemformatan dokumen yang sama dengan Microsoft Word.

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Membuat Tabel di Word
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Membuat Tabel di Word
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^