BeritaBest TopicKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNewsParenting

Cara Mengatasi Telat Haid pada Remaja Agar Cepat Haid

Cara Mengatasi Telat Haid pada Remaja Agar Cepat Haid – Haid adalah proses alami yang terjadi pada wanita ketika sel telur yang tidak dibuahi dikeluarkan dari tubuh melalui rahim. Ini biasanya terjadi sekitar satu kali setiap bulan dan berlangsung selama beberapa hari. Selama haid, wanita mungkin mengalami perubahan mood, nyeri abdominal, dan perubahan pada aliran menstruasi.

Pada umumnya, setiap wanita yang sudah memasuki masa puber akan mengalami menstruasi atau haid. Siklus haid normal dalam rentang antara 21 hingga 35 hari, lamanya berkisar antara 3 – 8 hari. Jadi, Anda tidak harus mendapatkan haid pada tanggal yang sama setiap bulannya.

Selama jarak haid bulan ini dan bulan depannya masih dalam rentang 21 – 35 hari, Anda tidak mengalami telat haid. Anda dianggap telat haid jika haid tidak kunjung keluar setelah 35 hari dari tanggal haid bulan sebelumnya.

Telat haid 1 – 2 hari mungkin hal yang wajar, tetapi jika telat haid sudah lebih dari 3 hari seringkali membuat wanita resah. Pasalnya, gejala keterlambatan haid terkadang datang tanpa diketahui penyebabnya. Terlebih lagi telat haid bukan hanya terjadi pada wanita yang sudah menikah tetapi telat haid juga bisa terjadi pada wanita yang tidak aktif secara seksual.

Hal itulah yang membuat kebanyakan wanita khawatir. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ketahuilah hal – hal yang menyebabkan haid tidak lancar dan bagaimana cara mengatasi telat haid.

Apakah Penyebab Telat Haid

Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan seorang wanita terlambat haid. Bagi wanita yang belum menikah atau belum aktif secara seksual biasanya penyebab telat haidnya yaitu terlalu lelah, stres, belum seimbangnya hormon di dalam tubuh, perubahan pola makan dan obat – obatan tertentu.

Sedangkan penyebab telat haid bagi wanita yang sudah menikah biasanya kehamilan dan konsumsi obat – obatan yang mengandung hormon seperti obat KB atau suntik KB. Kemungkinan lain yang menjadi penyebab haid menjadi terlambat bagi wanita yang sudah menikah yaitu baru selesai melahirkan atau menyusui.

Selain itu, penyakit infeksi akibat hubungan seks juga bisa mempengaruhi keterlambatan haid. Jika keterlambatan haid sudah sering dialami dan sudah melampaui batas telat haid yang wajar, perlu diwaspadai adanya tumor indung telur.

Sebagian besar kasus keterlambatan haid terjadi karena pola hidup yang tidak teratur, misalnya makan, bekerja dan tidur tidak teratur. Seringkali orang mengabaikan tubuh yang sudah lelah dan lupa untuk beristirahat. Itu sebabnya hormon menjadi tidak seimbang dan menyebabkan haid terlambat datang.

Dengan mengetahui penyebab – penyebab telat haid tersebut, Anda bisa mencari tahu penyebab ketika Anda mengalami telat datang bulan.

Penyebab Haid Tertunda Secara Umum

Banyak hal yang dapat menyebabkan haid tertunda, di antaranya:

  1. Perubahan hormon: Hormon estrogen dan progesteron berperan dalam proses haid. Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan haid tertunda.
  2. Stres: Stres dapat menyebabkan perubahan kadar hormon dan menyebabkan haid tertunda.
  3. Obesitas atau kekurangan berat badan: Kondisi obesitas atau kekurangan berat badan dapat menyebabkan haid tertunda.
  4. Penyakit atau kondisi kesehatan tertentu: Beberapa penyakit atau kondisi kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik, gangguan tiroid, atau masalah pada sistem kelenjar adrenal dapat menyebabkan haid tertunda.
  5. Penggunaan kontrasepsi hormonal: Penggunaan kontrasepsi hormonal seperti pil KB dapat menyebabkan haid tertunda.
  6. Menopause: Saat menopause, produksi hormon estrogen dan progesteron menurun, sehingga dapat menyebabkan haid terhenti dan tidak teratur.

Jika Anda mengalami haid yang tertunda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cara Mengatasi Telat Haid

7 Cara Mengatasi Telat Haid Dengan Cara Alami

Cara mengatasi telat haid bisa mengunakan cara alami maupun dengan obat dan bahan – bahan kimia. Mengatasi haid menggunakan cara alami tentunya tidak berisiko. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu rubahlah pola hidup Anda menjadi pola hidup sehat.

Beberapa cara mengatasi telat haid diantaranya:

1. Cara Mengatasi Telat Haid dengan Menjaga Pola Makan

Konsumsilah makanan yang mengandung gizi yang seimbang seperti sayuran, buah – buahan, daging, ikan, susu dan makanan lain yang menyehatkan.

2. Cara Mengatasi Telat Haid dengan Olahraga Secara Teratur

Terlalu banyak duduk, tiduran dan minimnya keaktifan tubuh dalam kehidupan sehari – hari dapat menyebabkan haid menjadi terlambat. Salah satu cara mengatasi telat haid yaitu dengan memperbanyak olahraga dan melakukannya secara teratur.

Agar tubuh tetap aktif dalam keseharian, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti beres – beres rumah, perbanyak jalan kaki atau bisa juga dengan joging pagi.

3.Cara Mengatasi Telat Haid dengan Minum Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat menghangatkan, antiinflamasi dan antipasmodic yang mempu mengatasi kram pada saat haid. Minum air rebusan kunyit berguna untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus haid. Itu sebabnya kunyit bisa dijadikan sebagai cara mengatasi telat haid.

4. Cara Mengatasi Telat Haid dengan minum Daun Pepaya

Meskipun memiliki rasa yang pahit ternyata daun pepaya memiliki kandungan vitamin A, B, C, D serta kalsium. Kandungan tersebut menjadikan daun pepaya bisa digunakan untuk melancarkan haid. Anda bisa merebus daun pepaya, asam jawa dan garam bersama 2 gelas air.

Rebus dan tunggu hingga air menjadi tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan daun pepaya ini untuk melancarkan haid Anda. Rebusan daun pepaya ini juga dipercaya bisa mengurangi nyeri haid lho.

5. Air Kelapa Hijau

Di dalam air kelapa hijau terkandung senyawa laurat yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak gizi yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi air kelapa hijau dapat membantu melancarkan haid dan juga mengatasi telat haid.

6. Cara Mengatasi Telat Haid dengan Jahe

Meminum air rebusan jahe bersama dengan madu secara teratur dapat membantu memperlancar haid. Jahe mengandung minyak atsiri, vitamin A, B2, C, serat, zat besi, sodium, niasin dan masih banyak kandungan jahe lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

7. Cara Mengatasi Telat Haid dengan Minum Jus Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi yang berguna untuk membantu mengatur fungsi hormonal di dalam tubuh. Jika Anda memiliki masalah telat haid, minumlah jus wortel secara rutin.

Makanan Minuman Pelancar Haid

Beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengeluarkan haid adalah:

  1. Teh daun raspberry: Daun raspberry mengandung fitonutrien yang dapat membantu melancarkan haid dan mengurangi nyeri selama haid.
  2. Jus wortel: Wortel mengandung vitamin A yang dapat membantu mengeluarkan haid yang tertahan.
  3. Makanan yang mengandung magnesium: Makanan seperti kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau mengandung magnesium yang dapat membantu mengurangi nyeri selama haid.
  4. Teh hijau: Teh hijau mengandung zat yang disebut flavonoid yang dapat membantu melancarkan haid.
  5. Air putih: Minum banyak air putih dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengeluarkan haid yang tertahan.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang berbeda dan cara yang efektif untuk satu orang belum tentu efektif untuk orang lain. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengeluarkan haid.

Cara Agar Haid Tidak Terasa Sakit

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit selama haid, di antaranya:

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan vitamin B6, seperti kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijau. Kedua nutrisi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gejala lain selama haid.
  2. Menggunakan pembalut atau tampon yang bersih dan segar untuk mengurangi risiko infeksi dan menjaga kesehatan reproduksi.
  3. Mengurangi konsumsi kafein dan alkohol selama haid, karena dapat meningkatkan gejala haid seperti nyeri abdominal dan perubahan mood.
  4. Melakukan latihan fisik ringan seperti yoga atau berjalan-jalan di luar ruangan untuk mengurangi stres dan rasa sakit selama haid.
  5. Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen sesuai anjuran dokter untuk mengurangi rasa sakit selama haid.
  6. Menghindari stres dan istirahat cukup untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama haid.

 

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Mengatasi Telat Haid
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Mengatasi Telat Haid
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^