BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNewsOlahragaParenting

Pcare BPJS, Link Login, eClaim, Vaksin Serta Cara Menggunakannya

Pcare BPJS, Link Login, eClaim, Vaksin Serta Cara Menggunakannya – BPJS kesehatan di Indonesia kini telah digunakan hampir seluruh kalangan masyarakat. Program yang dicanangkan oleh pemerintah mempermudah rakyat memperoleh fasilitas kesehatan yang murah dan mudah. Demi mempermudah proses pelayanan maka dibuatlah Primary Care BPJS atau yang juga disebut Pcare BPJS.

Aplikasi ini hanya digunakan untuk pihak pelayanan faskes jadi tidak bisa digunakan secara sembarangan. Jika Anda bekerja di rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan maka wajib mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Melalui aplikasi ini layanan kesehatan pasien akan menjadi lebih mudah. Seorang dokter juga bisa mengecek riwayat penyakit pasien ketika check up di tempat kesehatan lainnya. Bisa juga digunakan untuk memberikan rujukan lebih cepat ketika fasilitas di tempat Anda bekerja kurang lengkap.

Aplikasi yang telah digunakan sejak tahun 2014 ini masih terus dikembangkan hingga sekarang. Untuk bisa mengakses Anda harus masuk melalui https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id atau bisa dengan mengunduh aplikasi melalui Google Play Store.

Ketika masuk melalui aplikasi atau website, Anda diharuskan mengisi username dan password. Seseorang bisa log in apabila tempat bekerjanya telah bekerja sama secara resmi sehingga akan diberikan akses. Jadi tidak sembarangan orang bisa mengakses Pcare BPJS agar datanya tidak disalahgunakan.

Keuntungan Menggunakan PCare BPJS

Apa saja keuntungannya jika sebuah klinik, puskesmas atau rumah sakit menggunakan Pcare BPJS? Setiap fasilitas kesehatan memiliki sistem yang berbeda, sedangkan BPJS menciptakan sebuah sistem dimana bisa digunakan di mana saja. Penggunanya tentu saja adalah pihak yang bekerja di faskes. Ketika seseorang peserta BPJS kesehatan ingin memeriksakan diri maka melalui aplikasi ini Anda yang bertugas melayani mereka dapat bertindak lebih cepat.

Apa saja kecepatan dalam menangani pasien yang akan Anda temukan dalam aplikasi ini? Berikut ini keuntungannya.

Baca Juga : Manfaat Yakult untuk Penderita Wasir, Ibu Hamil dan Wajah

Pendaftaran, biasanya pasien selalu menunggu lama karena antrian yang panjang. Padahal mereka sedang sakit dan membutuhkan pertolongan yang cepat. Melalui aplikasi BPJS P Care inilah pasien tidak perlu menunggu lama. Anda hanya perlu memasukkan nomor peserta dan semua data akan terekam langsung.

Jejak rekam medis, saat pasien rujukan atau pasien baru datang Anda bisa langsung dilihat jejak rekamnya. Apakah masalah kesehatan sebelumnya yang dialami dan bagaimana penangannya.
Diagnosa yang cepat, adanya jejak rekam medis tidak membuat pihak faskes melakukan check up dari awal. Cukup mengikuti data yang telah tersimpan penangan bisa dilakukan lebih cepat.

Memberikan rujukan lebih mudah. Jika faskes pertama di tempat Anda bekerja tidak memiliki peralatan lengkap atau tidak dapat menangani pasien maka harus segera memberikan rujukan. Anda bisa memberikan rujukan secara cepat secara online melalui aplikasi ini.

Pcare BPJS

Cara Menggunakan P Care BPJS Kesehatan dengan Mudah

Kemudahan yang ditawarkan oleh PCare BPJS Kesehatan tentu akan semakin memudahkan pekerjaan Anda. Oleh karena itu mengetahui cara penggunaannya yang tepat akan mempercepat perawatan pasien. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini beberapa cara yang perlu Anda perhatikan.
Mengenali menu yang disediakan

Anda harus mengetahui apa saja menu yang tersedia dalam laman home. Ketika masuk menggunakan username dan password Anda akan langsung dilihat halaman home dan disana banyak sekali menu lain. Menu yang harus diingat adalah ‘Entri Data’, ‘Lihat Data’, Tools dan Log Out. Empat menu penting ini akan selalu Anda gunakan ketika menangani pasien.

4 Menu di PCare BPJS

Mendaftarkan pasien baru di PCare BPJS

Ketika Anda sudah masuk ke halaman home BPJS PCare dan hendak mendaftar pasien baru maka masuklah melalui menu ‘Entri Data’. Kemudian masuk ke menu pendaftaran dan masukkan nomor BPJS pasien. Kemudian isi data seperti tanggal lahir, jenis kelamin, dan data yang terdapat pada formulir yang keluar.

Apabila pasien tersebut pernah berobat di tempat Anda bekerja maka nama mereka akan langsung muncul. Semua data pribadi dari pasien akan muncul hingga siapa dokter yang telah menangani sebelumnya.

Mengisi data dari diagnosa

Saat melayani pasien yang sudah mendapatkan diagnosa maka Anda harus segera mengisi hasil tersebut. Melalui menu ‘entri data’ kemudian terapi atau diagnosa. Jika semua kolom sudah terisi jangan lupa untuk menekan tombol ‘simpan’.

Memberikan rujukan pada pasien

Jika ternyata pasien membutuhkan rujukan maka pada menu pelayanan pasien pilih status ‘pulang’ menjadi ‘rujuk lanjut’. Jangan lupa untuk memilih spesialis rujukan dan klik cari faskes rujukan. Anda akan melihat beberapa pilihan faskes dari nama rumah sakit, golongan kelas dan jaraknya.

Melihat data pasien

Menu tambahan dalam BPJS Primary Care ini adalah ‘Lihat Data’ untuk melihat apakah pasien telah melakukan kunjungan dan berapa banyak. Selain itu juga mengetahui berapa jumlah peserta BPJS yang terdaftar di tempat kerja Anda. Semua informasi mengenai jenis kunjungan hingga daftar sepuluh penyakit yang sering muncul lengkap disajikan.

Pengolahan data

Jika Anda hendak mengolah data yang telah terekam dalam Pcare BPJS maka masuk pada menu Tools. Anda bisa memeriksa siapa saja yang bekerja dan sudah keluar. Anda juga bisa mengganti password pada menu ini untuk terus menjaga keamanan. Jika semua data sudah benar dan Anda selesai menggunakan aplikasi pilih menu log out.

Menggunakan aplikasi Pcare BPJS ini sungguh memudahkan karyawan yang bekerja di faskes tingkat pertama. Anda tidak tahu darimana pasien datang dan kapan, jadi ketika pasien baru yang belum dikenal datang Anda bisa mudah mengetahui riwayat kesehatan mereka dengan cepat.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
PCare BPJS
Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
PCare BPJS
Price
USD 20
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^