BeritaKesehatan dan Gaya HidupLife StyleNewsOlahragaParenting
Trending

Penyebab Penyakit Tipes pada Anak dan Pencegahannya

Penyebab Penyakit Tipes pada Anak dan Pencegahannya – Tipes atau demam tifoid adalah penyakit dengan gejala demam tinggi, nyeri perut, sembelit atau diare. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri S. typhi yang umumnya terdapat pada makanan atau minuman tercemar.

Oleh karena itu, penyakit ini biasa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (kebanyakan kasus melalui fesesnya). Bakteri penyebab tipes akan masuk ke dalam saluran pencernaan manusia dan berkembang biak menjadi lebih banyak.

Selain penyebab penyakit tipes di atas, berikut ini adalah penyebab penyakit tipes yang lain.

1. Makan Makanan Tercemar, Adalah Penyebab Penyakit Tipes

Mengonsumsi makanan yang hidup di air tawar atau laut yang sudah terkontaminasi tinja/urine terinfeksi bakteri, adalah penyebab penyakit tipes paling umum. Oleh karena itu, mengetahui asal usul bahan makanan juga penting.

Apabila kita terlalu sering jajan sembarangan yang umumnya tidak higenis, terutama ketika daya tahan tubuh kita sedang menurun, hal tersebut juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit tipes.

Sentuhan satu saja orang yang terinfeksi pada makanan, apalagi orang tersebut tidak mencuci tangan dengan benar ketika selesai buang air kecil, hal itu dapat menyebarkan infeksi kepada orang lain yang memakan makanan sama.

Meskipun hal ini kurang umum, bakteri Salmonella typhi memang dapat bertahan pada urin orang yang terinfeksi. Hal inilah yang kemudian harus membuat kita mewaspadai peralatan di dalam toilet yang mungkin terkena cipratan urin.

Selain pada urin, bakteri penyebab tipes memang sangat mudah hidup di dalam air yang terkontaminasi oleh feses penderita tipes. Selanjutnya bakteri yang masuk ke air tersebut dapat menempel pada bahan makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Anak-anak lebih rentan terkena demam tifoid karena daya tahan tubuhnya masih belum sebaik orang dewasa, terutama bagi mereka yang kurang dapat menjaga kebersihannya saat makan.

Penyebab Penyakit Tipes

2. Mengonsumsi Air Minum yang Mentah merupakan Penyebab Penyakit Tipes

Selain makanan, penyakit tipes juga umum sekali menginfeksi melalui air minum. apalagi bagi seseorang yang hidup mengandalkan sumber air umum, tanpa disadari kotoran atau tinja manusia dapat masuk mencemari air minum kita dengan mudah.

Bakteri lebih mudah menyebar pada air yang tidak melalui sterilisasi. Hal itulah yang membuat jajanan berupa minuman dingin racikan rentan menyebarkan bakteri, karena es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman umumnya tidak dimasak sehingga dapat membawa bakteri penyebab penyakit tipes.

3. Menggunakan Peralatan Toilet yang Kotor

Bakteri Salmonella typhi memang sangat umum ditemukan pada tinja orang yang terinfeksi tipes. Maka tidak heran apabila penyebab dari banyak kasus tipes adalah dari feses atau hal-hal seputar itu.

Apabila kita menggunakan toilet yang tercemar tinja penderita tipes dan tidak dibersihkan secara tuntas, kita dapat dengan mudah terinfeksi. Oleh sebab itu, lebih baik kita selalu waspada dan menjaga diri sebelum ketika menggunakan toilet. Usahkan untuk tidak menggunakan toilet umum.

Baca Juga : Tips memerahkan Bibir

4. Selalu Mencuci Tangan

Mencuci tangan ketika selesai memegang benda asing atau ketika akan makan merupakan salah satu pencegahan awal untuk menghindari semua penyebab penyakit tipes. Akan lebih mudah apabila kita membawa pembersih tangan berbasis alkohol untuk berjaga-jaga saat air tidak tersedia. Gunakan pembersih setiap kali memegang benda yang digunakan secara umum.

5. Pilih Es Batu Bersih untuk Dikonsumsi

Air Minum bisa menjadi bahan paling rentang yang masuk ke dalam tubuh dan menyebarkan bakteri, termasuk olahannya seperti es batu. Es batu bahkan bisa menjadi lebih beresiko karena bisa saja diolah tanpa sterilisasi.

Es batu tidak hanya digunakan untuk mendinginkan minuman, tetapi juga dapat digunakan pada pendinginan ikan laut, daging, dan bahan-bahan mudah busuk lainnya. Bahakan di daerah yang masih asri, sumber air yang terkontaminasi bakteri tipes dapat membuat seluruh populasinya terjangkit penyakit tersebut.

6. Mencuci dan Memasak Makanan

Apabila kita memakan bahan makanan yang berasal dari luar ruangan, pastikan kita mencucinya dengan air yang bersih, air yang sudah dimasak bila perlu. Supaya lebih aman lagi, kita dapat memasak atau mengukus makanan untuk menghindari penyebab penyakit tipes tumbuh.

Itulah tadi beberapa penyebab penyakit tipes yang paling umum terjadi. Meskipun begitu, kita tidak perlu terlalu perfeksionis dalam menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi. Lebih baik apabila diimbangi dengan menjaga imunitas tubuh.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Penyebab Penyakit Tipes
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Penyebab Penyakit Tipes
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^