Kesehatan dan Gaya Hidup

Khasiat Daun Kelor untuk Alat Vital dan Kesehatan

Khasiat Daun Kelor untuk Alat Vital dan Kesehatan – Daun kelor atau merunggai adalah jenis tanaman dari suku moringaceae. Tumbuhan ini biasanya memiliki tinggi sekitar 7 meter dengan daun berbentuk bulat telur berdiameter kecil dan berjumlah banyak dalam satu tangkainya.

Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna putih yang beraroma wangi. Uniknya, bunga tumbuhan kelor dapat muncul sepanjang tahun tidak mengenal musim. Bunga-bunga tersebut akan menghasilkan buah kelentang yang berbentuk segitiga memanjang.

Karena pada tumbuhan kelor adalah bagian daunnya yang kerap digunakan, maka tumbuhan ini lebih akrab disebut sebagai daun kelor.

Dalam mitosnya, daun kelor dapat digunakan sebagai pengusir hanti. Namun, selain itu, pada uji ilmiah, daun kelor memiliki beberapa khasiat bagi tubuh. Hal tersebut karena beberapa kandungan daun kelor, seperti vitamin C yang jumlahnya 7 kali lebih banyak ketimbang jeruk.

Selain itu, masih ada kalsium yang jumlahnya 4 kali lebih banyak dari susu, vitamin A yang lebih banyak 4 kali daripada wortel, mengandung protein yang 2 kali lebih banyak daripada susu, dan mengandung potasium yang jumlahnya 3 kali lebih banyak dari pisang.

Baca Juga : Manfaat Jus Wortel di Minum Sebelum Tidur

Kandungan Daun Kelor

Dengan kandungan tersebut, tumbuhan kelor memungkinkan dapat digunakan sebagai hal-hal berikut.

1. Meningkatkan sistem imuns tubuh

2. Menyegarkan mata dan otak

3. Memperlancar metabolisme tubuh

4. Meningkatkan serum kolesterol alamiah

5. Mengurangi kerutan dan garis pada kulit

6. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal

7. Menambah energi tubuh

8. Memperlancar pencernaan

Selain itu, khasiat daun kelor untuk asam urat juga dipercaya kemanjurannya.

Khasiat Daun Kelor

Inilah Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat

Dengan kandungan potasium yang tinggi pada daun kelor, asam urat dapat diobati. Untuk mendapatkan kandungannya secara optimal, ada beberapa cara dalam mengkonsumsi daun kelor, yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan daun kelor sebagai bahan sayur

Daun kelor dapat dimasak menjadi beberapa jenis sayur, di antaranya adalah sup tanpa lemak atau kaldu.

2. Mengeringkan daun kelor

Daun kelor yang dijemur hingga kering, lalu ditumbuk halus dapat ditaburkan pada makanan atau pun minuman. Dengan cara itu, kandungan daun kelor akan kita nikmati dengan cara yang enak.

3. Menjadikan daun kelor sebagai obat oles

Selain dikonsumsi dengan cara dimakan, daun kelor juga dapat dijadikan obat oles. Caranya adalah dengan menumbuknya dengan kapur sirih dan kemudian mengoleskan di bagian persendian yang mengalami nyesi atau bengkak.

Nah, sahabat, itu tadi adalah uraian singkat mengenai khasiat daun kelor untuk asam urat dan untuk perawatan kesehatan tubuh. Sahabat, terus konsumsi bahan-bahan alami.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena meningkatnya zat purin dalam tubuh. Zat purin tersebut diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Dalam keadaan berlebih, maka ginjal tidak akan kuat mengeluarkan sehingga justru akan mengkristal dan menumpuk di persendian.

Karena hal itulah seseorang akan merasa nyeri di bagian persendian tulang, bahkan bisa bengkak dan meradang. Bagi penderita asam urat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai pola konsumsi. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung potasium tinggi.

2. Mengkonsumsi buah dengan kadar vitamin C tinggi.

3. Memperbanyak konsumsi karbohrat kompleks dan mengurangi karbohidrat sederhana.

4. Memilih untuk tidak menggunakan aspirin.

5. Tidak bekerja terlalu keras atau sampai kelelahan.

6. Menurunkan berat badan, karena kadar asam urat akan lebih cepat naik pada seseorang yang mengalami obesitas.

7. Menyesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh dihitung dari tinggi dan berat badan.

Kesimpulan Khasiat Daun Kelor :

Daun kelor atau Moringa Oleifera memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat diterima oleh tubuh. Beberapa manfaat utama dari daun kelor adalah:

  1. Kaya akan nutrisi: Daun kelor mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, protein, kalsium, dan zat besi. Ini membuat daun kelor menjadi sumber yang baik dari nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Anti-inflamasi: Daun kelor mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti artritis dan asma.
  3. Anti-oksidan: Daun kelor kaya akan anti-oksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.
  4. Mengurangi kadar gula darah: Daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes karena kandungan senyawa aktif yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.
  5. Meningkatkan kesehatan jantung: Daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi tekanan darah.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh: Daun kelor kaya akan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Meningkatkan kesehatan kulit: Daun kelor dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.
  8. Meningkatkan kesehatan rambut: Daun kelor dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dengan cara meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan rambut dan membuat rambut terlihat lebih sehat.
  9. Meningkatkan kesehatan tulang: Daun kelor kaya akan kalsium yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.
  10. Meningkatkan kesehatan otak: Daun kelor dapat membantu meningkatkan fungsi otak dengan cara meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Itulah tadi berbagai macam pembasan mengenai khasiat daun kelor untuk asam urat dan cara mudah mengatasi asam urat dan semoga saja artikel di atas ini dapat bermanfaat yah buat Kita semua.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Khasiat Daun Kelor untuk Alat Vital dan Kesehatan
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Khasiat Daun Kelor untuk Alat Vital dan Kesehatan
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^