BeritaKesehatan dan Gaya HidupParenting

Perkembangan Bayi 7 Bulan Secara Umum

Perkembangan Bayi 7 Bulan Secara Umum – Perkembangan bayi 7 bulan umumnya sudah mulai mencoba merangkak. Bayi akan belajar merangkak dengan berusaha untuk menyeimbangkan tangan dan lututnya. Aktivitas tersebut juga menjadi persiapan dalam penguatan ototnya untuk dapat berjalan.

Selain mulai untuk merangkak, perkembangan bayi 7 bulan juga ditandai dengan semakin sering memasukkan benda ke mulutnya untuk digigit akibat rasa gatal tumbuh gigi. Biasanya dia juga mulai bisa duduk tanpa bantuan atau ditopang untuk sesekali.

Selain itu, perkembangan bayi 7 bulan dapat dicermati melalui kemampuan-kemampuan berikut ini.

Berikut Perkembangan Bayi 7 Bulan

1. Kemampuan Motorik Bayi di Perkembangan Bayi 7 Bulan

Meski sebagian besar bayi akan belajar merangkak terlebih dahulu, akan tetapi ada pula bayi yang langsung berjalan. Pada saat bayi melewati fase belajar merangkak, ada juga yang tidak merangkak maju, melainkan justru merangkak mundur.

Selama anak kita tetap terlihat mampu mengoordinasikan alat gerak tubuhnya, baik tangan maupun kaki, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Justru sebaiknya kita hindari menggunakan baby walker untuk membantu bayi belajar berjalan karena alat ini justru berisiko menyebabkan kecelakaan pada bayi yang belajar bergerak.

Berbeda dengan perkembangan bayi 6 bulan, perkembangan bayi 7 bulan sudah dapat memutar badan dan menegakkan punggungnya untuk dapat duduk lebih lama. Bayi juga mulai bisa menyusun dan mengelompokkan mainan ke dalam beberapa kategori ukuran kecil atau pun besar.

Pada usia ini juga kita sebaiknya mengurangi penggunaan botol minum bayi dan mulai memperkenalkan cangkir untuk minum. Cangkir yang baik untuk digunakan pada usia ini adalah sippy cup atau cangkir dengan dua pegangan di samping dan moncong atau bagian mengerucut kecil yang memudahkan bayi untuk minum.

Baca Juga : Penyebab Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

2. Kemampuan Berkomunikasi Bayi, (Perkembangan Bayi 7 Bulan)

Memori bayi 7 bulan telah berfungsi cukup baik sehingga dia dapat mengingat suara-suara yang familiar. Dia juga dapat mengucapkan beberapa kosa kata sederhana, seperti ‘ma-ma’ atau ‘pa-pa’ atau kata serupa yang sering didengarkan. Selain itu, bayi juga berkomunikasi melalui berbagai ekpresi wajah serta gerakan tubuh sederhana.

Selain mulai berceloteh dengan kosa kata yang lebih kompleks, bayi 7 bulan ditandai dengan kemampuan memahami larangan untuk melakukan sesuatu saat kita berkata kata larangan seperti ‘jangan’.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

3. Kemampuan Sosial

Bayi 7 bulan sudah dapat terlihat dari caranya menguji otoritas kita dengan menolak mengikuti arahan, karena dia ingin tahu lebih banyak hal. Tetap beritahu bayi mana yang baik dan buruk untuk dilakukan. Oleh karena itu, cara melarang kita akan menjadi pembelajaran yang penting bagi bayi.

Dalam hubungan interpersonal, bayi secara natural dapat merasa cemas, terutama apabila ada orang asing yang mendekatinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa anak kita mulai memahami dan peka pada lingkungan di sekitarnya.

Bayi juga bisa merasa cemas dan menangis ketika kita tidak ada di dekatnya atau lepas dari pandangannya karena merasa tidak aman. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap memberikan pemahaman bahwa dia tetap aman ketika ditinggal pergi.

Pada perkembangan 7 bulan, bayi akan menjadi semakin ekspresif. Dia dapat menirukan hal-hal yang diajari, seperti ketika orang di sekitarnya bertepuk tangan. Dia juga akan melambai dan melakukan gerakan ‘kiss bye’ pada orangtua atau orang yang familiar.

Pada usia tersebut, bayi juga sudah dapat merasakan ekspresi yang ditunjukkan oleh orang lain. Saat orang lain menangis misalnya, dia mungkin juga akan ikut menangis karena mengikuti ekspresi.

Oleh sebab itu kita dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menanamkan nilai kebaikan karena bayi akan mengamati dan meniru bagaimana cara kita bersikap pada dirinya.

Itulah tadi beberapa uraian mengenai perkembangan 7 bulan yang perlu kita ketahui. Meskipun setiap anak memiliki perkembangan yang unik, beberapa hal yang perlu diwaspadai bagi anak usia 7 bulan adalah sebagai berikut.

Belum tumbuh gigi pada usia sekitar 4-7 bulan, tidak ada kecenderungan memasukkan tangan ke mulut sebagai indikasi akan tumbuh gigi, tidak lebih banyak mengeluarkan air liur dari usia sebelumnya, tidak menyukai rutinitas yang konsisten seperti diajak menari dan menyanyikan lagu tiap malam menjelang tidur.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Perkembangan Bayi 7 Bulan
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Perkembangan Bayi 7 Bulan
Price
USD 2
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^