BahasaBeritaKesehatan dan Gaya HidupLife StyleNewsParentingPendidikan

Kuliah Kedokteran Di Jerman, Ini Biaya Kuliah Kedokteran Di Jerman

Berapa Biaya Kuliah di Jerman ?

Kuliah Kedokteran Di Jerman, Ini Biaya Kuliah Kedokteran Di Jerman – Siapa dulu pas kecil punya cita-cita pengen jadi dokter? Kayanya kebanyakan dari anak kecil pasti pernah bercita-cita menjadi seorang dokter, ya? Kalian juga seperti itu gak, nih?

Dahulu kalau ditanya alasan ingin menjadi seorang dokter pasti jawabnya karena dokter merupakan pekerjaan yang mulia. Makanya banyak dari kita ketika kecil ingin memiliki pekerjaan yang mulia dengan membantu orang yang sakit. Ketika beranjak dewasa, harapan itu pupus begitu saja karena realitanya mengatakan bahwa kuliah kedokteran itu tidak semudah yang dikira.

Terlebih lagi persaingan seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia semakin tinggi tiap tahunnya. Tetapi kalian pernah gak sih, memikirkan rencana melanjutkan studi di luar negeri? Nyatanya, hal itu bukanlah sesuatu hal yang mustahil, lho. Karena kini kesempatan untuk kuliah kedokteran di berbagai negara terbuka lebar bagi kalian, di Jerman misalnya.

Jerman membuka banyak peluang bagi mahasiswa asing yang ingin menuntut ilmu di negaranya, nih. Bahkan pada tahun 2017-2018 tercatat setidaknya ada 10 ribu lebih mahasiswa asing yang mengambil studi fakultas kedokteran di Jerman. Universitas kedokteran di Jerman juga menjadi salah satu negara yang dipilih oleh banyak mahasiswa Indonesia.

Biaya kuliah kedokteran di Jerman yang terjangkau

Banyak mahasiswa asing yang memutuskan untuk memilih menuntut ilmu di Jerman karena biayanya yang terjangkau. Eits, jangan salah. Meski biayanya terjangkau bukan berarti kualitas pendidikan di sana buruk. Justru, Jerman merupakan salah satu negara dengan program jurusan kedokteran terbaik yang menempati posisi teratas di dunia dengan kualitas pendidikan, fasilitas, tenaga pengajarnya, biaya hingga pengalaman yang terbaik. 

Oleh karena itu, jika kalian mencari fakultas kedokteran yang menawarkan pendidikan dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau maka Jerman adalah negara yang tepat. Sebagian besar fakultas kedokteran di Universitas negeri Jerman menawarkan program biaya kuliah secara gratis untuk mahasiswa asing dan juga mahasiswa Jerman. Yang dimaksud gratis disini berarti tidak ada uang gedung hanya uang semester saja.

Kalau dihitung-hitung pun, biaya pengeluaran kuliah kedokteran di dalam negeri dan di Jerman kurang lebih hampir sama besar biayanya. Kuliah jurusan kedokteran di Jerman memakan waktu sekitar 6,5-7,5 tahun. Jadi, bagaimana? Kalian tertarik kuliah di luar negeri dengan kualitas bagus namun dengan harga yang terjangkau?

Daftar Universitas di Jerman yang menawarkan program jurusan Kedokteran

 

Nah, kalau tadi kita sudah membahas mengenai biaya kuliah kedokteran di Jerman. Sekarang kita akan membahas tentang universitas yang membuka program jurusan kedokteran di Jerman, nih.  Berikut daftar universitas di Jerman yang menawarkan program jurusan kedokteran yang perlu teman-teman ketahui. Simak dan pahami baik-baik, yuk!

Universität Heidelberg

 

Yang pertama ada fakultas kedokteran dari Universitas Heidelberg yang berada di peringkat ke-63 universitas di dunia tahun 2022. Fakultas kedokteran di universitas ini merupakan yang paling tua di Jerman. Setiap tahunnya Universitas Heidelberg menampung mahasiswa internasional dari mancanegara secara continue.

Setidaknya kurang lebih sebanyak 5 ribu mahasiswa asing atau sekitar 18,7% dari 29 ribu lebih mahasiswa di Universitas Heidelberg. 

Universität Leipzig

 

Universitas Leipzig merupakan universitas tertua kedua yang didirikan pada 2 Desember 1409. Pada awal berdiri hanya terdiri dari empat fakultas skolastik saja. Namun kini telah berumur lebih dari 600 tahun sudah terdiri dari 48 klinik dan spesialis dan 5 departemen. Fakultas kedokteran dari universitas ini memiliki mahasiswa asing sebanyak 3 ribu lebih yang berasal dari berbagai negara.

Ludwig Maximilian University (LMU)

Selanjutnya ada salah satu universitas elit yang berada di jantung kota München. LMU berada di peringkat ke-64 universitas di dunia tahun 2022. Perkiraan biaya hidup yang dibutuhkan kira-kira sebesar €9.600. Sedangkan perkiraan biaya kuliah kira-kira sebesar €16.000. Fakultas kedokteran di LMU mempunyai Medical Center sendiri yang menjadi pusatnya riset dan pembelajaran. Medical Center ini merupakan komplek rumah sakit yang terdiri dari lima departemen dan disertai fasilitas yang canggih.

Wah, keren abis ya teman-teman.

Kuliah Kedokteran Di Jerman

Technische Universität München (TUM)

Technical University of Munich (TUM) merupakan salah satu universitas yang berada di kota München sejak tahun 1868. Fakultas kedokteran di universitas ini merupakan salah satu fakultas yang terkenal dikalangan mahasiswa internasional. TUM adalah salah satu universitas top di Eropa yang menawarkan lebih dari 172 program gelar. Selain itu, universitas ini juga memiliki program yaitu mayoritas keseluruhan program studi di TUM umumnya bebas biaya kuliah, kecuali untuk program MBA. 

Waduh, menarik banget nih, guys. Gimana? Kalian tertarik daftar di universitas-universitas diatas ini?

Syarat kuliah kedokteran di Jerman

Nah, kalau tadi kita sudah membahas mengenai biaya kuliah kedokteran di Jerman. Nah, kali ini kita akan membahas tentang syarat kuliah kedokteran di Jerman ada apa aja, sih? Catat dan simak baik-baik, yuk! Berikut syarat kuliah kedokteran di Jerman yang perlu teman-teman ketahui.

Mengikuti Studienkolleg

Semua calon mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Jerman wajib mengikuti Studienkolleg. Nantinya kursus ini akan berjalan selama setahun jika kalian ingin mengambil studi S1 kedokteran di Jerman.

Studienkolleg adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi di Jerman yang disediakan untuk membantu mahasiswa asing yang ingin kuliah di Jerman menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan di sana. Studienkolleg menyediakan program pelatihan intensif yang terfokus pada persiapan masuk ke universitas di Jerman. Program ini biasanya mencakup pelajaran bahasa Jerman, matematika, sains, dan ilmu sosial, serta pelajaran tentang budaya, politik, dan ekonomi Jerman.

Studienkolleg umumnya dijalankan selama setahun atau setengah tahun, tergantung pada kebutuhan siswa. Setelah menyelesaikan program Studienkolleg, mahasiswa biasanya diwajibkan mengikuti ujian masuk untuk universitas di Jerman. Jika lulus ujian, mahasiswa dapat mendaftar untuk program studi di universitas di Jerman.

Studienkolleg di Jerman biasanya dijalankan oleh universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainnya. Untuk bisa mengikuti program Studienkolleg, mahasiswa harus memenuhi persyaratan masuk, termasuk kemampuan bahasa Jerman yang cukup

Tes masuk universitas kedokteran

Beberapa universitas di jerman menerapkan tes masuk yang dikenal dengan nama  “Mediziner Test”. Yang mana nantinya pengetahuan, pengalaman, serta kemampuan general dalam belajar kalian akan diuji secara menyeluruh.

Meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Jerman

Jika ingin mengambil pendidikan di Jerman, tentunya teman-teman tentunya perlu fasih dalam berbahasa Jerman terlebih jika akan mengambil beasiswa. Semua universitas akan mengharuskan calon mahasiswanya untuk memiliki kemampuan berbahasa Jerman yang mumpuni. Untuk bisa kuliah kedokteran di Jerman dibutuhkan minimal keterampilan bahasa pada tingkat C1.

Jika kemampuan dalam berbahasa Jerman teman-teman belum siap tak apa karena masih ada waktu bagi teman-teman untuk mempelajari bahasa Jerman.Umumnya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih selama 6 bulan untuk mengikuti kursus. Setelah itu, mengikuti tes agar mendapatkan sertifikat kemampuan dalam berbahasa Jerman sebagai salah satu syarat untuk bisa kuliah kedokteran di Jerman. 

Tips Kuliah di Jerman dengan Aman

Untuk bisa kuliah di Jerman, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Cari tahu program studi yang sesuai dengan minat Anda di perguruan tinggi di Jerman. Beberapa universitas di Jerman memiliki program studi dalam bahasa Inggris.
  2. Sesuaikan kemampuan bahasa Jerman Anda dengan kebutuhan program studi yang Anda pilih. Beberapa program studi di Jerman memerlukan kemampuan bahasa Jerman yang baik, sementara program studi lain mungkin memerlukan bahasa Inggris sebagai bahasa instruksi.
  3. Cari tahu persyaratan masuk untuk program studi yang Anda pilih. Persyaratan masuk biasanya termasuk ijazah sekolah menengah atas, hasil ujian masuk, dan kemampuan bahasa yang sesuai.
  4. Ajukan permohonan ke universitas yang Anda pilih. Beberapa universitas di Jerman menerima permohonan melalui jaringan aplikasi bersama, sementara yang lain mungkin memerlukan permohonan langsung ke universitas.
  5. Pastikan Anda memenuhi persyaratan visa dan dokumen lain yang diperlukan untuk tinggal di Jerman selama masa studi. Anda mungkin perlu memperoleh visa studi atau visa pelajar untuk tinggal di Jerman selama masa studi.
  6. Cari tahu tentang biaya kuliah dan biaya hidup di Jerman. Beberapa universitas di Jerman menawarkan beasiswa untuk mahasiswa asing, jadi pastikan Anda mencari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk menerima beasiswa.
  7. Cari tahu tentang penginapan di Jerman. Beberapa universitas di Jerman menyediakan penginapan di asrama untuk mahasiswa, sementara yang lain mungkin memerlukan Anda untuk mencari penginapan sendiri. Pastikan Anda memikirkan tentang penginapan sebelum tiba di Jerman.

Alasan Mengapa Kuliah Kedokteran di Jerman

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin kuliah di Jerman, di antaranya:

  1. Pendidikan yang berkualitas tinggi: Jerman dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Universitas di Jerman memiliki reputasi yang tinggi dan menawarkan program studi yang inovatif dan berkualitas tinggi.
  2. Biaya kuliah yang terjangkau: Di Jerman, biaya kuliah di universitas negeri umumnya sangat rendah atau bahkan gratis bagi mahasiswa asing. Ini berarti bahwa Anda dapat menyelesaikan program studi Anda dengan biaya yang lebih rendah daripada di negara lain.
  3. Kesempatan untuk belajar bahasa Jerman: Kuliah di Jerman memberi Anda kesempatan untuk belajar bahasa Jerman, yang berguna jika Anda berencana tinggal di Jerman setelah lulus atau bekerja di perusahaan Jerman.
  4. Pengalaman hidup di luar negeri yang luar biasa: Kuliah di Jerman memberi Anda kesempatan untuk tinggal di negara yang berbeda dan memperluas wawasan Anda tentang budaya, politik, dan ekonomi Jerman. Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk memperluas jaringan Anda dan memperoleh pengalaman yang berguna untuk masa depan.
  5. Kesempatan untuk bekerja sesudah lulus: Setelah lulus dari universitas di Jerman, Anda memiliki kesempatan untuk tinggal di Jerman selama 18 bulan untuk mencari pekerjaan. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperluas jaringan Anda dan memulai karier di Jerman.

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Kuliah Kedokteran Di Jerman
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Kuliah Kedokteran Di Jerman
Price
USD 0
Product Availability
Available in Stock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^