News

SWOT Adalah, dan Faktor Internal dalam Analisis SWOT Adalah

SWOT Adalah, dan Faktor Internal dalam Analisis SWOT Adalah РBelajar bisnis? Pasti tidak akan melewatkan materi tentang analisis SWOT.  SWOT adalah alat yang akan membuat Anda bekerja dengan lebih baik dalam mengatasi faktor internal dan eksternal dalam bisnis. Cara untuk melakukan analisis SWOT sendiri juga tidak sulit yang bisa dilakukan pada sebuah bisnis dengan objek tertentu.

Sebagai contoh, analisis SWOT yang dilakukan akan membantu Anda untuk menentukan apakah Anda harus memperkenalkan produk baru atau jasa dalam prosesnya. Analisis ini dilakukan oleh bagian strategi perencanaan. Sehingga akan membantu Anda memahami tentang bisnis dan bekerja di area yang memang membutuhkan peningkatan.

Anda juga akan mengetahui tentang pasar termasuk bisnis milik kompetitor dan memprediksi perubahan yang perlu diwaspadai sejak awal. Sehingga melalui analisis ini bisnis yang Anda kembangkan akan bisa lebih sukses lagi. Tak hanya itu, analisis SWOT juga menjadi langkat tepat pada perencanaan marketing.

Pengertian SWOT Adalah Sebagai Berikut

SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities dan Threats. Jadi dengan analisis ini kamu bisa membuat perencanaan dalam bisnis mulai dari kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada. Kekuatan dan kelemahan adalah bagian internal dalam perusahaan yang harus diperhatikan. Contohnya saja soal reputasi, hak paten dari produk hingga lokasi.

Faktor internal ini masih bisa diubah dengan bekerja keras. Sedangkan untuk kesempatan dan ancaman adalah faktor eksternal yang harus terus dipantau misalnya saja supplier produk, kompetitor hingga harga produk yang diperdagangkan. Semua ini akan terjadi di pasar baik itu Anda suka atau tidak dan tidak bisa diubah.

Sebuah bisnis yang ingin maju dan berkembang bisa memanfaatkan analisis SWOT kapan saja untuk melakukan perubahan dan merespon apa yang terjadi di pasar dengan aktif. Faktanya adalah saat ini hampir seluruh bisnis akan memanfaatkan SWOT minimal satu tahun sekali.

Bagi bisnis baru, Anda harus menggunakan SWOT sebagai bagian dari proses perencanaan. Memanfaatkan SWOT adalah cara tepat bagi bisnis baru Anda supaya meletakan perencanaan di jalan yang benar dan menghindari masalah-masalah yang akan datang.

Fungsi Analisis SWOT dalam Bisnis

SWOT yang menjadi alat bagi penting bagi pebisnis untuk menciptakan strategi rencana, brainstorming dan juga keputusan-keputusan. Anda akan mendapatkan banyak fungsi jika melakukannya pada objek secara spesifik atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang pada. Misalnya saja Anda bisa membuat analisis untuk membantu memutuskan apakah bisnis baru yang ditawarkan teman atau kerabat memiliki peluang yang cukup bagus.

Anda juga bisa mendapatkan jawaban dari trend terbaru serta bagaimana mengimplementasikan teknologi baru dalam kebutuhan marketing. Bahkan melalui SWOT Anda juga bisa mengatasi permasalahan terhadap perubahan yang dilakukan kompetitor dalam menguasai pasar.

Fungsi dari analisis swot adalah sangat luas yang tidak boleh disepelekan. Selain fungsi tersebut ada beberapa fungsi lainnya sebagai berikut.

  1. Membangun kekuatan dalam bisnis

Analisis SWOT akan membantumu untuk mengidentifikasi bisnis yang bisa memberikan performa baik. Hal ini akan menjadi titik tumbuh bagi Anda meraih kesuksesan dan memberikan bisnis peluang yang lebih baik.

Mengidentifikasi kekuatan akan membantu Anda untuk tetap bisa mengolahnya sehingga tidak kehilangan kekuatan tersebut. Meningkatkan bisnis adalah soal menemukan jalan dengan memanfaatkan semua kekuatan atau kelebihan yang dimiliki.

  1. Meminimalisir kelemahan

Kelemahan adalah sebuah karakter yang akan membuat bisnis Anda mengalami keterpurukan. Kelemahan juga bisa dijadikan oleh kompetitor dalam melawan bisnis Anda. Namun dengan SWOT Anda bisa memperbaiki kelemahan sebelum nantinya menjadi sebuah masalah. Oleh karena itu ketika melakukan analisis SWOT penting sekali bagi Anda untuk mengakui dan berpikir realistis soal kelemahan ini. Sehingga nantinya Anda bisa memperbaikinya dengan benar.

  1. Menggapai kesempatan

Tujuan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dengan mengetahui apa itu SWOT dan melakukan analisis Anda bisa memperoleh kesempatan. Tentu saja mendapatkan kesempatan adalah peluang besar memperoleh keuntungan. Kesempatan dibentuk dari faktor eksternal seperti konsumen baru yang mengikuti trend dan perubahan dalam pasar.

Dengan memanfaatkan SWOT akan membantu Anda mengenal betul faktor internal yaitu kekuatan dan kelemahan yang dapat digunakan untuk kesempatan baru. Jika bisnis Anda tidak memiliki kemampuan mengambil kesempatan maka akan membawa kegagalan.

  1. Mengatasi ancaman

Ancaman adalah faktor eksternal yang bisa menjadi masalah pada bisnis, misalnya saja terjadi perubahan pada pasar dan kompetitor yang membuat iklan baru. Bisa juga terjadi karena kebijakan baru yang dicanangkan oleh pemerintah. Namun dengan analisis SWOT Anda bisa mengidentifikasi ancaman ini jauh sebelumnya sehingga mampu menemukan cara mengatasinya sesuai dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

Anda bisa melakukan analisis SWOT untuk mengatasi seperti masalah penempatan karyawan, citra perusahaan, produk baru yang hendak dipasarkan, struktur organisasi, marketing atau periklanan, keuangan hingga efisiensi operasional. Ketika melakukan analisis ingatlah bahwa Anda mungkin saja mengidentifikasi kelebihan yang menjadi kelemahan orang atau bisnis lainnya.

SWOT Adalah

Cara Melakukan Analisis SWOT

Apabila dilihat dari pengertian di atas. keuntungan menggunakan analisis swot adalah mengenali bisnis dengan lebih baik. Selain itu juga mengetahui kelemahan, mengatasi kelemahan, mengenal kesempatan hingga bagaimana cara memanfaatkan kekuatan. Untuk hasilnya maksimal, maka perlu berbagai orang dalam grup yang memiliki perspektif berbeda untuk perusahaan.

Mulai dari manajemen, sales, customer service hingga konsumen akan memberikan kontribusi yang tepat. Perlu rapat secara rutin dan besar yang melibatkan orang-orang tersebut. Anda juga bisa mengumpulkan jawaban secara individual namun perlu menghabiskan waktu yang lebih lama.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan saat melakukan SWOT adalah sebagai berikut ini.

  1. Strength (Kekuatan : faktor internal yang positif)

Kekuatan mendeskripsikan faktor-faktor yang positif dan berhubungan secara internal di perusahaan. Semua faktor ini bisa dikontrol. Beberapa pertanyaan untuk mengetahui tentang kekuatan bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis apa saja yang berhasil?
  2. Apakah sumber kemampuan internal yang dimiliki? Misalnya saja pengetahuan, pendidikan, networking dan kemampuan.
  3. Apakah kelebihan yang dimiliki untuk bisa berkompetisi?
  4. Apakah terdapat riset khusus dan pengembangan kemampuan karyawan atau produk?
  5. Apakah ada nilai tambahan lain yang bisa ditambahkan dalam bisnis?

Dengan menanyakan semua pertanyaan ini maka ada lebih banyak lagi jawaban yang akan didapatkan.

  1. Weakness (Kelemahan : faktor internal dan negatif)

Aspek ini akan mengurangi nilai yang telah Anda tawarkan di atas. Penting sekali untuk mengetahuinya supaya perbaikan bisa dilakukan untuk hasil yang lebih baik apalagi ketika berkompetisi dengan perusahaan saingan. Pertanyaan berikut bisa memberikan jawaban yang tepat.

  1. Apakah terdapat hal-hal yang harus dilakukan supaya bisnis lebih kompetitif?
  2. Dalam bisnis, proses apa saja yang perlu diperbaiki?
  3. Apa saja aset perusahaan yang dimiliki, baik itu modal hingga peralatan yang dimiliki?
  4. Celah apa saja yang terdapat di tim?
  5. Apakah posisi yang Anda miliki telah cukup ideal untuk menunjang kesuksesan?

Menjawab semua pertanyaan ini akan memaparkan apa saja kelemahan yang dimiliki selama ini.

Opportunities (Kesempatan : faktor eksternal yang positif)

Kesempatan merupakan faktor eksternal yang merepresentasikan alasan supaya bisnis nantinya bisa berkembangan dan menguntungkan. Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa menanyakan beberapa hal berikut.

  1. Sudahkan pasar produk Anda berkembang dari waktu ke waktu?
  2. Adakah trend tertentu yang mendorong seseorang membeli produk yang Anda miliki?
  3. Sudahkah dilaksanakan acara tertentu yang mengembangkan bisnis?
  4. Adakah peraturan yang berubah dan menciptakan pengaruh secara positif?
  5. Perusahaan sudah berkembang, tapi apakah konsumen sudah benar-benar membutuhkan produk yang Anda jual?

Threats (Ancaman : faktor eksternal yang negatif)

Ancaman merupakan faktor negatif yang tidak bisa dikontrol namun perlu diketahui supaya memudahkan Anda menyusun strategi untuk mengatasinya. Jawaban pertanyaan berikut untuk memudahkan identifikasi ancaman yang mungkin saja terjadi.

  1. Siapa saja kompetitor yang Anda miliki?
  2. Sudahkah pemasok yang bekerja sama mampu memasok bahan baku dengan harga yang tepat?
  3. Apakah teknologi bisa membantu Anda untuk menentukan strategi bisnis di masa depan?
  4. Apakah terdapat perilaku konsumen yang akhirnya menciptakan efek negatif pada bisnis Anda?
  5. Apa saja tren pasar yang berpotensi menjadi ancaman bisnis saat ini maupun masa depan?

Untuk menjawab semua pertanyaan ini, Anda bisa menempatkannya menjadi empat tabel di masing-masing SWOT supaya lebih mudah dipahami.

SWOT Adalah

Tips Sukses Melakukan Analisis SWOT

Anda mungkin sudah paham betul apa itu swot, tapi tantangan sesungguhnya muncul ketika praktek. Sebelum Anda melakukan analisis SWOT, ada baiknya untuk menentukan apa tujuan yang ingin diraih. Sehingga SWOT bisa menjadi alat yang tepat untuk meraih tujuan tersebut.

Selama melakukan analisis, ada beberapa tips yang akan membantu Anda supaya hasilnya bisa berdampak positif pada bisnis.

  1. Selalu buat hasil analisis yang pendek dan simpel. Ingatlah untuk memasukan detail contohnya saja jika kekuatan berasal dari karyawan. Maka tuliskan secara detail keahlian dan pengalaman apa saja yang menjadi kekuatan.
  2. Prioritaskan hasil analisis dengan membuat daftar secara berurutan dan dari faktor yang penting. Sehingga Anda bisa menyelesaikan analisis dengan lengkap.

Selalu mendapatkan perspektif jawaban dari berbagai macam jabatan supaya hasilnya lebih objektif.

  1. Cobalah untuk mengaplikasikan analisis SWOT ke dalam masalah khusus. Misalnya saja bagaimana untuk bisa mencapai tujuan atau menjadi solusi untuk permasalahan yang sedang dihadapi. Cara ini lebih efektif ketimbang diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah bisnis secara keseluruhan.
  2. Pikirkan di tingkat manakah usaha Anda sekarang dan bayangkan apa yang akan terjadi beberapa tahun mendatang. Anda akan tahu apa tujuan yang didapatkan melalui hasil SWOT.
  3. Selalu realistik ketika sedang menganalisa kompetitor dan membandingkannya dengan usaha yang Anda miliki.
  4. Hanya pikirkan faktor apa saja yang penting demi kemajuan bisnis dan hal yang ditawarkan kepada konsumen yang mana tidak diberikan oleh kompetitor.

Ketujuh tips ini akan membantu Anda melakukan dan memanfaatkan SWOT supaya tepat sasaran.

Faktor Internal dalam Analisis SWOT Adalah

Faktor internal dalam analisis SWOT adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam perusahaan sendiri, yaitu kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness). Kekuatan merupakan faktor-faktor yang membantu perusahaan dalam mencapai tujuan dan visi perusahaan, sedangkan kelemahan adalah faktor-faktor yang menghambat perusahaan dalam mencapai tujuan dan visi perusahaan.

Berikut ini adalah contoh faktor internal dalam analisis SWOT:

  • Kekuatan:
    • Sumber daya finansial yang kuat
    • Produk yang berkualitas tinggi dan terkenal di pasaran
    • Tim yang terlatih dan terampil
    • Jaringan distribusi yang luas dan terorganisir dengan baik
    • Teknologi dan mesin yang canggih dan terbaru
  • Kelemahan:
    • Harga produk yang mahal dibandingkan dengan pesaing
    • Kurang inovatif dalam mengembangkan produk baru
    • Tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi
    • Kurang efisien dalam proses produksi
    • Kurang memperhatikan kebutuhan pelanggan

Faktor External dalam Analisis SWOT Adalah

 

Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) suatu perusahaan. Ini berguna untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan strategis. Berikut adalah contoh analisis SWOT untuk suatu perusahaan:

Kekuatan (Strength):

  • Memiliki produk yang berkualitas tinggi dan terkenal di pasaran
  • Memiliki tim yang terlatih dan terampil
  • Memiliki sumber daya finansial yang kuat

Kelemahan (Weakness):

  • Harga produk yang mahal dibandingkan dengan pesaing
  • Tidak memiliki jaringan distribusi di beberapa negara
  • Kurang inovatif dalam mengembangkan produk baru
  • Tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi

Peluang (Opportunities):

  • Mengembangkan pasar di negara-negara baru
  • Memperluas jaringan distribusi ke daerah yang belum tercover
  • Menjadi pemimpin di bidang teknologi informasi dengan memperkuat keahlian di bidang tersebut
  • Menjalin kerjasama dengan perusahaan lain untuk mengembangkan produk baru

Ancaman (Threats):

  • Persaingan yang semakin ketat di pasaran
  • Adanya produk pesaing yang lebih murah dan berkualitas tinggi
  • Perubahan tren dan kebutuhan pelanggan yang cepat
  • Krisis ekonomi yang dapat mempengaruhi permintaan produk

Dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman ini, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat dan menentukan langkah strategis yang perlu diambil untuk mencapai tujuan dan visi perusahaan.

Seperti yang dijelaskan dalam pengertian swot, untuk bisa menggunakannya objek yang dipilih harus secara khusus. Untuk memudahkan Anda melakukan analisis, berikut ini beberapa contoh yang bisa dipelajari.

  1. Contoh Analisis SWOT pada bisnis makanan

Bisnis makanan yang dicontohkan di sini adalah olahan makanan cepat saji seperti burger, pie, dan pasta. Makanan dihidangkan dengan cepat dan hangat untuk dibawa pulang. Ada juga beberapa pilihan minuman dan dibuka di tengah kota yang ramai. Maka analisis yang dapat dibuat adalah sebagai berikut:

Strength

  1. Lokasi yang cukup strategis yaitu dekat dengan perkantoran dan apartemen serta mudah ditemukan.
  2. Keunikannya adalah berbagai macam saus untuk makanan dan konsistensi rasa selalu dijaga.
  3. Memiliki manajemen yang baik karena mempekerjakan karyawan yang ahli di bidangnya masing-masing.

Weakness

  1. Kekurangan sumber modal, karena hanya berasal dari pinjaman dan investor.
  2. Belum memiliki supplier roti dan bahan baku daging untuk burger dengan harga tepat.

Opportunity

  1. Berada di kota yang memiliki tipe masyarakat konsumtif praktis.
  2. Banyak masyarakat perkantoran yang suka makan di luar.

Threats

  1. Ada dua kompetitor yang juga menjual burger cepat saji dan sudah berdiri sejak lama sehingga memiliki lebih banyak konsumen loyal.
  2. Masalah pada pembukaan yang memberikan servis lebih buruk sehingga konsumen tidak kembali.

 

  1. Contoh Analisis SWOT pada bisnis kursus

Bisnis kursus yang menjadi contoh kedua adalah kursus tentang teknologi, untuk mengasah kemampuan di bidang teknik seseorang. Seperti kemampuan untuk mengedit foto dan video, desain, dan sejenisnya. Berada di perbatasan kota yang cukup ramai. Untuk analisis SWOT yang dapat dibuat adalah sebagai berikut :

Strength

  1. Memiliki sumber daya manusia berkualitas dari guru hingga manajemen bisnisnya.
  2. Memiliki modul khusus untuk pembelajaran yang selalu diperbaharui.
  3. Walaupun berada di pinggiran kota, tetapi banyak keluarga besar yang tinggal di sekitar.

Weakness

  1. Belum dikenal masyarakat hingga mendapatkan kepercayaan.
  2. Masih kurang dalam mempromosikan bisnis di berbagai kanal.

Opportunities

  1. Perkembangan teknologi yang banyak diminati oleh masyarakat menjadi tren.
  2. Banyaknya masyarakat yang ingin belajar teknologi untuk menambah skill demi usaha tambahan.

Threats

  1. Ada tiga kompetitor yang menawarkan bisnis sejenis.
  2. Kompetitor online yang menawarkan kursus secara gratis.

Apabila dilihat dari kedua contoh SWOT di atas, lalu apa yang seharusnya dilakukan? Pertama adalah untuk melihat ke bagian kekuatan atau kelebihan dan cocokan dengan kesempatan yang ada. Kemudian cocokan antara kekuatan dan ancaman yang ada di pasaran saat ini. Pergunakan analisis ini untuk menentukan aksi apa yang sebaiknya diambil kemudian.

Ketika sebuah aksi sudah pada, maka Anda bisa membuat jadwal dalam menerapkannya sehingga hasil analisa bisa menjadi berguna. Jangan lupa juga untuk memperbaiki internal bisnis berdasarkan kelemahan yang dimiliki.

Kesimpulan Analisis Swot Adalah

Analisis SWOT adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) suatu perusahaan. Fungsi utama dari analisis SWOT adalah untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan strategis yang tepat. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan internal perusahaan serta peluang dan ancaman yang ada di lingkungan eksternal, perusahaan dapat mengidentifikasi strategi yang sesuai untuk mencapai tujuan dan visi perusahaan.

Analisis SWOT juga berguna untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan rencana aksi yang tepat dengan mengidentifikasi tindakan yang perlu diambil untuk memanfaatkan peluang yang ada, mengatasi kelemahan yang dimiliki, dan menghadapi ancaman yang mungkin muncul. Selain itu, analisis SWOT juga dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan strategi yang sudah diterapkan dengan membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya dicapai.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
SWOT Adalah
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
SWOT Adalah
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^