Sejarah, Jenis Jenis Virus Komputer

 News


[Total: 0    Average: 0/5]

Sejarah, Jenis Jenis Virus Komputer

 

 

Virus: Musuh Utama Komputer

250 juta komputer virus, worm dan Trojan telah beredar.  Namun, masih ada sekitar 300.000 virus baru yang beredar luas setiap hari.

 

Kisah tragis adalah saat viruskomputer mulai mewabah pada tahun 1971, ketika World Wide Web belum memiliki visi yang memandang jauh ke masa depan. WWW memiliki program untuk mereplikasi diri, pertama dalam jaringan penelitian. Saat itu terlihat gejala virus yang membuat Creeper terinfeksi, berakibat komputer mati sewaktu-waktu. Sebagai ayah dari virus komputer modern, peneliti Amerika Fred Cohen, pada tahun 1984 memberi keterangan dalam tesis doktoral-nya yang mendefinisikan, “Sebuah virus komputer adalah sebuah program yang dapat menginfeksi program lain.

Baca Juga  Spesifikasi & Harga Smartphone Flagship LG Terbaru Terbaik, LG V20

virus komputer 1



Dengan memodifikasi mereka untuk menyertakan versi atas hasil revolusi dari diri mereka sendiri.” Cohen menciptakan virus Unix, yang menjadi virus komputer pertama. Saluran distribusi virus, di antaranya dapat melalui komputer rumahan seperti Apple II, atau Amiga, melalui floppy disk, dan kemudian melalui jaringan Internet, juga software bajakan. Pada dasarnya, virus terdiri dari virus boot sector, dan virus file. Pada tahun 1986, virus Brain boot sector menyebar ke seluruh dunia. Tanpa niat buruk, seorang remaja Pakistan yang ingin melacak perangkat lunak bajakan medis, melakukannya menggunakan Brain. Kemudian, Brain dikenal sebagai salah satu virus paling berbahaya.

 

Pada akhir 1980-an, terkuak juga virus virus Cascade, dengan pengoperasian perangkat lunak berbahaya. Cascade dapat menghancurkan file secara tiba-tiba, dan dapat menyerang sewaktuwaktu dengan malware yang tidak terdeteksi. Namun, sebenarnya tidak ada yang hancur, hanya saja menyembunyikan dan menyalin file-nya secara diam-diam. Pada awal tahun 90-an, beredar juga program dan virus jahat yang semakin mengancam. Pada tahun 1991, sudah lebih dari 300 virus yang beredar. Sampai tahun 2001, terjadi serangan virus secara besar-besaran yang membuat serangan virus melalui email, dari keseluruhan pengguna komputer, 90 persen terinfeksi. Pada tahun yang sama, worm Klez melihat kepanikan global tentang enam dari sepuluh infeksi menyerang para penggunanya, Tiga tahun kemudian, MyDoom membawa lalu lintas internet ke peranti virtual. Yang paling banyak digunakan saat ini. Karena itu, ada baiknya kita mulai pedulu terhadao data yang kita iliki, meskipun ada di dakam perangkat mobile.

Baca Juga  Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone IOS Tanpa Jailbreak

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.