Laptop Gaming MSI dengan RAM Paling Besar di Dunia

  • Whatsapp

Laptop Gaming MSI dengan RAM Paling Besar di Dunia – Dengan spesifikasi kelas desktop, MSI GT76 Titan memiliki performa tinggi dengan fisik besar. MSI GT76 Titan, tepatnya GT76 Titan DT 9SG-095MY, yang hadir dan InfoKomputer uji untuk edisi ini bisa dibilang sebagai notebook monster. Bukan hanya karena menggunakan beberapa komponen dengan spesifikasi paling tinggi, tetapi juga berkat fisiknya yang besar dan bobotnya yang berat. Ukuran tersebut disebabkan MSI GT76 Titan menggunakan CPU kelas desktop. Artinya, notebook ini menawarkan performa tinggi layaknya PC desktop. Prosesor yang digunakan merupakan salah satu yang terkencang saat ini untuk gaming, yaitu Intel Core i9-9900K dan masih bisa dioverclock. Untuk kartu grafisnya sendiri menggunakan NVIDIA GeForce seri tertinggi untuk notebook yaitu RTX 2080 8 GB GDDR6. Namun, jika dilihat dari spesifikasi layarnya, notebook ini agak nanggung, utamanya bagi hardcore gamer. Kenapa? Karena untuk kebutuhan gaming kelas atas, layar dengan refresh rate 60 Hz terasa agak kurang.

Baca Juga  4 Smartphone Terbaik RAM 1gb Harga Murah di Bawah 1 Juta

Layar dengan refresh rate 120 Hz atau 240 Hz, tentu akan lebih menggoda bagi para pemain gim. Tapi tenang saja, di luar itu spesifikasinya cukup mantap. Panel yang digunakannya yaitu IPS-level yang telah dilengkapi dengan antiglare. Layarnya hadir dengan ukuran 17,3 inci, resolusi 4K atau 3.840 x 2.160 piksel, color gamut sRGB 100% serta Adobe RGB 99%, sehingga juga cocok untuk profesional yang bergelut dalam hal penyuntingan gambar ataupun video yang butuh akurasi warna tinggi. Namun, jika notebook tersebut memang ditujukan untuk profesional, khusunya untuk keperluan CAD, kartu grafis yang digunakannya juga sewajarnya berbeda. Biasanya perangkat yang ditujukan untuk profesional yang bergelut dengan CAD, lebih umum menggunakan kartu grafis seri Quadro dan bukannya GeForce. Bukan berarti, MSI GT76 Titan tidak mumpuni untuk keperluan bersangkutan. Keseluruhan, dengan spesifikasi tinggi yang dimilikinya, notebook ini sudah mantap untuk kebutuhan kelas berat, tidak hanya untuk aneka gim AAA, tetapi juga untuk keperluan lain termasuk mengolah foto atau video dengan resolusi tinggi. Dengan spesifikasi kelas desktop, selain performanya yang tinggi, suhu yang ditimbulkan juga tinggi.

Baca Juga  Ini Review & Harga iPhone 5S

Untuk itu MSI sudah menyediakan solusi pendingin berupa empat kipas berukuran besar, sebelas heatpipe, serta tiga heatsink. Solusi pendingin itu pula yang membuat bagian belakangnya agak menonjol. Untuk performa, MSI GT76 Titan ini tidak diragukan lagi. Berdasarkan skor pengujian yang kami lakukan, ia menjadi yang paling tinggi selama pengujian yang pernah kami laksanakan. Selain menggunakan aplikasi uji yang biasa, kami juga melakukan pengujian dengan menjalankan gim-gim berat dengan resolusi Full HD serta 4K.

Gim-gim seperti PUBG, Assassin’s Creed, dan Far Cry 5, mampu menampilkan frame rate yang tinggi meski dengan pilihan pada pengaturan grafis yang rata kanan. Bahkan, untuk gim yang paling berat, Assassin’s Creed, saat pengaturan kami atur ke resolusi 4K dengan detail Ultra High, frame rate-nya mencapai 38 fps. Dengan komponen kelas desktop, notebook ini bisa dibilang haus konsumsi daya, apalagi ketika dalam kondisi berbeban penuh. Makanya, MSI GT76 Titan menggunakan dua adaptor yang mesti dipasang bersamaan untuk mendapatkan performa maksimal. Masing-masing adaptor tersebut memiliki daya 230 W. Sebagai notebook kelas atas, tidak ketinggalan fitur pendukung yang cukup melimpah dan menarik disematkan. Misalnya USB 3.2 Gen 2, Thunderbolt 3, DisplayPort, tombol di kibor yang memiliki backlight RGB, serta sisi bawah bagian depan dan samping yang juga dilengkapi lampu RGB.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.