BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainParenting

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi Baru Lahir Secara Alami

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi – Tidak jarang bayi mengalami ruam kemerahan di bagian kulitnya, terutama di bagian yang biasa tertutup seperti di lipatan tangan, bagian kemaluan, ketiak atau belakang lutut. Hal tersebut mendandakan bahwa si kecil sedang mengalami biang keringat.

Secara umum biang keringat terjadi apabila terjadi suhu panas hingga menyebabkan badan berkeringat, namun karena pakaian terlalu tebal membuat keringat tidak bisa keluar, maka keringat akan mengalir ke jaringan kulit di sekitar kelenjar keringat. Hal tersebut kemudian memicu iritasi dan kemerahan pada kulit.

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Sebanrnya, gejala biang keringat pada umumnya akan hilang dengan sendiri dalam beberapa hari. Namun, untuk membantu bayi lebih cepat merasa nyaman, kita dapat melakukan beberapa cara mengatasi biang keringat

Berikut ini adalah cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa dicoba.

1. Menurunkan suhu ruangan tempat bayi berada. Tingkatkan sirkulasi udara di rumah dengan bantuan AC atau kipas angin supaya bayi tidak kepanasan atau merasa gerah. Hal tersebut harus dilakukan karena kondisi biang keringat bisa bertambah buruk apabila tubuh bayi terus berkeringat karena gerah.

2. Kenakan pakaian bayi yang lebih longgar dan nyaman. Gantilah pakaian bayi dengan bahan yang lebih tipis supaya sirkulasi udara pada kulit menjadi lebih baik.

3. Gunakan losion calamine untuk mendinginkan kulit. Oleskan losion di bagian kulit yang ruam, namun hindari daerah sekitar mata dan area yang mudah terhisap.

4. Ajak bayi ke udara terbuka atau pindahkan bayi ke ruangan dengan sirkulasi udara yang lebih baik.

5. Jagalah bagian tubuh yang ruam agar tetap kering untuk beberapa waktu.

6. Hindari memberikan pakaian yang terlalu ketat pada bayi dan berbahan tidak bercelah.

7. Mengobati biang keringat pada bayi juga dapat dilakukan dengan cara memberi losion khusus ruam atau produk kesehatan sesuai petunjuk dokter.

Begini Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi secara Alami dan Aman

Selain mengoleskan lotion atau pun produk pereda ruam yang dijual di apotek, kita juga dapat memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai cara mengatasi biang keringat

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi biang keringat

1. Bubuk Cendana

Campurkan bubuk cendana dengan air mawar atau pun dengan air mineral biasa, lalu oleskan campuran ini pada bagian tubuh yang mengalami biang keringat.

2. Gel Lidah buaya

Gel lidah buaya memang dikenal dapat memberikan sensasi sejuk di kulit. Campuran daging lidah buaya dengan air mawar diklaim dapat lebih ampuh mengobati biang keringat pada anak-anak maupun orang dewasa.

3. Air Lemon

Salah satu jenis jeruk ini dipercaya memiliki khasiat untuk mengontrol minyak berlebih akibat pengeluaran keringat oleh kulit. Kita bisa memandikan si bayi menggunakan campuran air mineral dengan perasan lemon untuk mengurangi gejala biang keringat.

Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Selain menerapkan berbagai cara mengatasi biang keringat pada bayi, kita juga dapat memilih untuk mencegahnya.

Hindari memberi pakaian yang terlalu tebal, berbahan tanpa celah, dan tidak menyerap keringat, terutama saat cuaca panas dan suhu tinggi. Biang keringat tidak akan terjadi apabila kulit bayi bisa bernapas dengan baik.

Pilihlah pakaian tipis berbahan katun yang menyerap keringat untuk si bayi dan memungkinkan udara untuk keluar masuk, dan tidak ada hambatan keringat keluar dari kulitnya. Bila perlu, sediakan pendingin udara di kamar bayi agar dia tidak mudah berkeringat.

Meskipun begitu, membiarkan bayi untuk berkeringat adalah pilihan yang lebih baik apabila kita mengawasinya dengan baik. Keringat yang keluar juga akan membantu gugurnya sel kulit yang biasa mudah berganti pada bayi.

Sesekali angkat bayi supaya tidak ada sisi tubuh yang terlalu berkeringat.

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Itulah tadi beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa dicoba sendiri di rumah. Namun, apabila biang keringat yang terjadi berlangsung hingga waktu cukup lama dan menyebabkan ruam yang tidak biasa, tidak ada salahnya untuk memeriksakan ke dokter.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^