BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNewsParenting

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Cepat dan Alami 2023

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Cepat dan Alami – Mata panda atau kantung mata adalah sebuah gejala melemahnya otot yang menopang bagian kelopak mata. Hal tersebut tidak banyak mempengaruhi masalah kesehatan, namun tentu saja akan mempengaruhimasalah penampilan atau kecantikan.

Kantung mata yang ada akan lebih mengganggu apabila diikuti dengan lingkaran hitam, bengkak ringan, dan kulit yang terlalu kendur ataupun keriput.

Penyebab Mata Panda

Apabila gejala tersebut terjadi hanya sementara, penyebabnya bisa jadi adalah karena kurang tidur atau terlalu kelelahan. Sementara apabila gejala terjadi secara permanen, penyebabnya bisa yadi adalah penuaan dini ataupun produk dan peralatan yang digunakan di sekitar mata.

1. Secara medis, terjadinya mata panda atau kantung mata adalah karena dipengaruhi hal-hal berikut.

2. Adanya peningkatan melanin di dalam tubuh atau hiperpigmentasi pasca inflamasi yang disebabkan oleh alergi.

3. Adanya kerusakan pembuluh darah.

4. Terjadinya penurunan lemak dibawah mata sehingga kulit mengendur.

5. Mengonsumsi terlalu banyak kafein dan tembakau yang menyebabkan kurang tidur.

6. Terjadinya retensi cairan di dalam tubuh karena adanya perubahan cuaca, kadar hormon, dan makanan asin.

7. Adanya alergi atau dermatitis yang menyebabkan bengkak, kemerahan, dan gatal.

8. Adanya faktor keturunan.

9. Mengalami stres atau terpapar sinar matahari terlalu lama.

10. Mengalami gangguan hidung tersumbat, anemia, atau sedang dalam masa kehamilan.

Selain itu ada faktor lain penyebab terjadinya mata panda

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya mata panda, diantaranya adalah:

  1. Kelelahan: Kondisi fisik yang terlalu lelah dapat menyebabkan munculnya mata panda. Ini terjadi karena kelelahan dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menyebabkan bengkak di bawah mata.
  2. Paparan terlalu lama pada cahaya terang: Paparan terlalu lama pada cahaya terang, terutama pada layar komputer atau smartphone, dapat menyebabkan kelelahan mata yang dapat menyebabkan mata panda.
  3. Dehydrasi: Kondisi dehidrasi dapat menyebabkan bengkak di bawah mata yang dapat menyebabkan munculnya mata panda.
  4. Alergi: Alergi mata dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan bengkak di sekitar mata yang dapat menyebabkan munculnya mata panda.
  5. Penuaan: Penuaan dapat menyebabkan kulit di bawah mata menjadi lebih tipis dan lebih rentan terhadap bengkak, yang dapat menyebabkan munculnya mata panda.
  6. Genetik: Beberapa orang mungkin memiliki struktur wajah yang membuat mata mereka terlihat lebih panda dibandingkan orang lain. Ini dapat disebabkan oleh faktor genetik.
  7. Konsumsi alkohol dan merokok: Konsumsi alkohol dan merokok dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menyebabkan bengkak di bawah mata yang dapat menyebabkan munculnya mata panda.
  8. Penyakit kronis: Beberapa penyakit kronis seperti tiroid yang tidak terkontrol atau penyakit ginjal dapat menyebabkan munculnya mata panda.

12 Cara Mengatasi Mata Panda Sesuai Dengan Penyebabnya

Apabila penyebab mata panda sudah diketahui, tentu selanjutnya kita akan lebih mudah dalam melakukan cara mengatasi mata panda yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mata panda yang bisa dicoba.

Cara Mengatasi Mata Panda

1. Mengompres mata, Merupakan Cara Mengatasi Mata Panda

Mengompres mata dengan lap bersih yang telah dibasahi menggunakan air dingin akan membuat kulit di sekitar kantung mata menjadi lebih rileks. Olesan teh hijau atau potongan mentimun juga sangat efektif untuk memberi efek relaksasi pada kulit di area mata panda.

2. Memperbaiki waktu istirahat, Merupakan Cara Mengatasi Mata Panda

Memperbaiki jam tidur bisa menjadi salah satu cara yang sangat efektif sebagai cara mengatasi mata panda. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari, dan dalam waktu yang tepat.

3. Memperbaiki posisi tidur, Merupakan Cara Mengatasi Mata Panda

Meskipun seseorang memiliki waktu istirahat yang cukup, namun hal tersebut akan sia-sia bila tidur yang dilakukan tidaklah berkualitas. Ada beberapa hal yang menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas, salah satunya adalah posisi yang keliru.

4. Menggunakan bantal, Merupakan Cara Mengatasi Mata Panda

Ketika tidur, usahakan agar kepala sedikit terangkat dengan cara menggunakan bantal yang masih ideal. Hal ini akan mencegah cairan untuk menumpuk di sekitar mata. Kita ketahui bahwa sewaktu tidur, banyak cairan yang menumpuk di area mata.

5. Hindari minum minuman beralkohol dan kafein, Merupakan Cara Mengatasi Mata Panda

Hindari minum minuman beralkohol dan pertimbangkan apabila ingin meminum minuman berkafein. Hal itu akan menyebabkan dehidrasi ringan dan mengganggu jam tidur yang akan membuat mata panda semakin jelas terlihat.

6. Makan makanan bernutrisi

Mengonsumsi air mineral yang cukup akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik sehingga menghindarkan kita dari beberapa gangguan ringan, termasuk masalah mata panda. Hindari juga harga konsumsi makan makanan asin yang terlalu banyak karena dapat menyebabkan retensi cairan.

7. Mengoleskan krim yang mengandung chamomile.

Cara mengatasi mata panda yang sudah terjadi adalah dengan mengoleskan krim yang mengandung chamomile. Kita juga dapat memilih bahan yang lebih alami seperti menempelkan irisan mentimun atau arnica yang dapat mengurangi peradangan serta akan mengencangkan kulit.

 

8. Mengonsumsi obat alergi tertentu

Apabila ternyata disebabkan oleh alergi, maka cara mengatasi mata panda dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat alergi tertentu atau mengonsumsi bahan-bahan detoksifikasi.

9. Dermal filler

Apabila mata panda disebabkan oleh adanya masalah pada pembuluh darah atau jaringan lemak, maka dermal filler adalah cara mengatasi mata panda yang tepat. Dermal filler dapat memperbaiki pembuluh darah yang rusak atau jaringan lemak di area mata.

10. Menggunakan laser

Apabila disebabkan oleh pembuluh darah yang rusak ataupun penuaan dini, cara mengatasi mata panda menggunakan laser juga bisa dilakukan. Mengonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin K juga akan membuat lingkaran hitam disekitar mata menghilang.

11. Menggunakan tabir surya SPF 30

Apabila kantung mata ternyata disebabkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama, terutama bagi Anda yang menggunakan kacamata minus, tabir surya SPF 30 dapat dijadikan sebagai bahan pelindung kulit dan menyamarkan lingkaran hitam dibawah mata.

12. Melakukan operasi

Pada tingkatan paling parah, yaitu ketika mata panda melebar dan sangat sulit diobati, maka operasi kelopak mata adalah cara terakhir. Operasi ini dilakukan dengan mengeluarkan kelebihan lemak, otot, dan kulit kelopak mata.

Cara Mengatasi Mata Panda Karena Kelelahan

Untuk mengatasi mata panda yang disebabkan oleh kelelahan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Istirahat yang cukup: Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Jumlah tidur yang dibutuhkan oleh setiap orang berbeda-beda, tetapi rata-rata orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur per malam.
  2. Menghindari paparan terlalu lama pada layar: Jika Anda bekerja di depan komputer atau smartphone sepanjang hari, pastikan untuk mengambil istirahat setiap 20-30 menit untuk mengalihkan pandangan ke objek yang jauh.
  3. Menggunakan eye drops: Eye drops yang mengandung bahan seperti karbomer atau sodium hyaluronate dapat membantu melembabkan mata dan mengurangi peradangan.
  4. Melakukan pemijatan ringan pada bagian bawah mata: Gunakan jari-jari Anda untuk melakukan pemijatan ringan di sekitar bagian bawah mata. Gerakan pemijatan ini dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar mata.
  5. Memakai kacamata hitam: Kacamata hitam dapat membantu mengurangi paparan cahaya terlalu terang pada mata, yang dapat menyebabkan mata panda.
  6. Menjaga kebersihan mata: Selalu pastikan untuk membersihkan mata Anda secara teratur dengan air mata buatan atau air mata alami untuk menghindari terjadinya iritasi pada mata.
  7. Menjaga pola makan yang sehat: Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, dan protein untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Jika gejala mata panda yang Anda alami tidak membaik setelah mencoba langkah-langkah di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Mengatasi Mata Panda
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Mengatasi Mata Panda
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^