BahasaBeritaKesehatan dan Gaya HidupNews

Ausbildung Jerman dan Persyaratan Ausbildung di Jerman

Ausbildung Jerman – Persyaratan Ausbildung di Jerman Apakah kalian mempunyai impian untuk dapat bekerja ataupun belajar di Jerman? Mempunyai impian untuk pergi ke luar negeri, khususnya Jerman memang impian bagi sebagian orang di Indonesia. Tapi, tidak semua impian itu dapat terwujud karena banyak keterbatasan yang dimiliki, terutama keterbatasan biaya.

Sebenarnya, keterbatasan biaya ini bisa kalian siasati dengan mengikuti program beasiswa ataupun sejenisnya. Dalam hal ini, kalian harus pandai-pandai mencari informasi tentang berbagai program yang bisa membantu kalian untuk pergi ke Jerman. Di artikel kali ini kita akan membahas satu program yang bisa kalian ikuti agar bisa pergi ke Jerman. Program tersebut adalah Ausbildung di Jerman.

Ausbildung adalah istilah yang digunakan di Jerman untuk menyebut sistem pendidikan dan pelatihan profesional yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi. Istilah ini sering diterjemahkan sebagai “latihan industri” atau “pendidikan kerja” dalam bahasa Inggris.

Ausbildung biasanya terdiri dari teori dan praktik, dimana peserta akan belajar di sekolah dan juga bekerja di perusahaan atau organisasi yang menawarkan ausbildung tersebut. Peserta ausbildung akan dibayar selama masa pelatihan, dan setelah selesai akan diberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka telah menyelesaikan ausbildung tersebut.

Untuk mengikuti ausbildung, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi yang menawarkan ausbildung tersebut. Syarat-syarat ini bisa berbeda tergantung pada jenis ausbildung yang Anda ikuti, tetapi biasanya termasuk usia minimal, tingkat pendidikan, dan kemampuan bahasa Jerman.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti ausbildung di Jerman bervariasi tergantung pada jenis ausbildung yang akan Anda ikuti. Namun, ada beberapa syarat umum yang biasanya harus dipenuhi, yaitu:

  1. Usia minimal: Biasanya, peserta ausbildung di Jerman harus berusia minimal 18 tahun. Namun, ada beberapa ausbildung yang mengizinkan peserta yang lebih muda untuk ikut serta, seperti ausbildung untuk menjadi tukang kayu atau tukang las.
  2. Tingkat pendidikan: Syarat pendidikan yang harus dipenuhi untuk mengikuti ausbildung di Jerman tergantung pada jenis ausbildung yang akan Anda ikuti. Namun, biasanya Anda harus memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas (Abitur) atau sama dengannya untuk bisa mengikuti ausbildung di Jerman.
  3. Kemampuan bahasa Jerman: Kemampuan bahasa Jerman merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti ausbildung di Jerman. Anda harus mampu berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Jerman dengan baik untuk bisa mengikuti ausbildung di Jerman.
  4. Tes seleksi: Biasanya, perusahaan atau organisasi yang menawarkan ausbildung akan menyelenggarakan tes seleksi untuk menentukan siapa yang akan diterima mengikuti ausbildung. Tes seleksi ini bisa berupa tes kemampuan akademik atau tes psikologis yang mengukur kepribadian dan motivasi peserta.

Perlu diingat bahwa syarat-syarat ini bisa berbeda tergantung pada perusahaan atau organisasi yang menawarkan ausbildung, jadi sebaiknya Anda memeriksa syarat-syarat yang ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi yang Anda minati sebelum mendaftar

Apa Itu Ausbildung Jerman?

Pernahkah kalian mendengar tentang program Ausbildung di Jerman? Ausbildung di Jerman merupakan program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman. Kalian salah jika menyamakan Ausbildung dengan sekolah vokasi atau SMK di Indonesia.

Sebab, kalian harus lulus SMA terlebih dahulu jika ingin mengikuti program ini. Itu artinya Ausbildung di Jerman sama saja dengan pendidikan diploma setara D3 atau D4 yang diselenggarakan politeknik-politeknik di Indonesia.

Dengan mengikuti program ini, kalian akan mendapatkan banyak keuntungan. Program Ausbildung di Jerman ini akan memberikan kalian sebagai mahasiswa akan mendapatkan ilmu sekaligus bisa menerapkan ilmu tersebut secara langsung.

Ya, tidak hanya belajar kalian juga akan langsung terjun bekerja. Selain itu kalian juga akan mendapatkan fasilitas tunjangan dan gaji insentif seperti karyawan pada umumnya setiap bulan. Sangat menggiurkan bukan?

Katagori Ausbildung Jerman

Sebelum mengikuti program ini, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa program ini dibagi menjadi dua kategori:

 

1. Duale Ausbildung Jerman

Duale Ausbildung merupakan program Ausbildung di Jerman yang lebih menekankan untuk melakukan pekerjaan. Itu berarti jika kalian mengikuti program ini, akan lebih banyak praktek kerjanya ketimbang kegiatan belajar mengajar di kelas. Jika kalian bosan dengan pembelajaran yang menjenuhkan di kelas, kalian bisa memilih program ini.

Kategori ini juga akan memberikan jadwal yang akan menyesuaikan dengan pekerjaanmu. Kalian akan diwajibkan untuk masuk sekolah 1-2 hari per minggu, lalu 2-4 hari kerja. Atau bisa juga kalian full sekolah 1 bulan dulu, kemudian kerja pada 3 bulan berikutnya. Melihat dari jadwalnya Duale Ausbildung memang lebih mementingkan praktek ketimbang teorinya.

Untuk dapat menyelesaikan program ini dibutuhkan waktu hingga 2 sampai 3,5 tahun lamanya. Tidak perlu khawatir, selama waktu itu kalian juga akan tetap mendapatkan gaji setiap bulannya. Pekerjaan yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari perhotelan, restoran, bartender, teknik, masinis, perbankan, marketing, design grafik, perhutanan, arsitektur, teknik industri dan mesin, perkebunan dan banyak lagi.

ausbildung jerman

2. Schulische Ausbildung

Berbeda dengan Duale Ausbildung, Schulische Ausbildung lebih menekankan teori dibandingkan praktek kerja pada proses pembelajarannya. Itu artinya kalian akan lebih banyak diam di kelas dan mendapatkan teori dari pengajar. Tetapi, kalian tetap akan mendapatkan praktek kerja, walaupun hanya satu atau dua hari saja setiap minggunya.

Schulische Ausbildung juga sangat berbeda dengan Duale Ausbildung, karena tidak mendapatkan gaji selama kita mengikuti praktek kerja. Malah, di beberapa sekolah kalian harus membayar untuk uang sekolahnya.

Namun, hal tersebut tidak berlaku jika kalian bekerja sebagai perawat, asisten dokter dan ahli terapi. Kalian akan tetap mendapatkan gaji seperti pada program Duale Ausbildung. Jika kalian mengikuti program Schulische Ausbildung, kalian diwajibkan untuk menyetorkan deposit ke rekening bank Jerman sebesar 10.000 €.

Mengapa Harus Ikut Ausbildung di Jerman?

Jika kalian mengikuti program Ausbildung di Jerman, kalian akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

a. Gaji bulanan.

Pihak perusahaan akan menggaji kalian sesuai dengan standar Jerman dan gaji ini akan naik tiap tahunnya. Misalnya, gaji kotor di tahun pertama 900 euro, kemudian di tahun kedua akan naik menjadi 1100, bahkan di tahun ketiga bisa naik menjadi 1300. Gaji kotor ini belum termasuk potongan pajak penghasilan.

b. Gaji Ke 13

Kalian juga akan mendapatkan bonus dan gaji ke tiga belas, biasanya diberikan sebelum natal dan libur besar tiba. Tetapi hal ini juga tergantung perusahaan tempat kalian bekerja, karena ada yang memberi dan ada pula yang tidak.

c. Asuransi kesehatan.

Asuransi ini biasanya terpotong secara otomatis dari gaji kotor tiap bulannya.

d. Bagaimana dengan masalah akomodasi?

Sayangnya kalian harus mencari akomodasi dan membayar sendiri, tapi dengan gaji yang lumayan, umumnya mereka bisa tinggal dan menyewa apartemen di kota besar sekalipun tanpa kesulitan. Slip gaji yang kalian miliki bisa ditunjukkan sebagai bukti kemampuan membayar yang digunakan untuk menyewa sebuah apartemen di Jerman.

e. Belajar mandiri.

f. Pengalaman yang sangat berharga,

yaitu bekerja bersama dengan orang Jerman dengan etos kerja orang-orang Jerman yang disiplin dan profesional.

g. Mendapatkan kesempatan direkrut oleh perusahaan tempat kita mengikuti Ausbildung.

h. Menambah teman,

terutama orang asing, karena kita bersekolah dan bekerja di lingkungan Jerman juga,

i. Bisa melanjutkan kuliah

setelah selesai program Ausbildung.

j. Mendapatkan Sertifikat Ausbildung internasional

yang bisa digunakan untuk melamar kerja di mana pun.

k. Belajar bahasa Jerman dan bahasa asing lainnya.

l. Bisa mencari penghasilan tambahan (neben job).

Jika kalian ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kalian bisa mengikuti Ausbildung sambil bekerja sambilan di yayasan lain. Nah, untuk kondisi tersebut tak harus membayar kelas pajak tertinggi, karena kalian bekerja satu full time dan satu part time. Namun, jika kalian bekerja di dua tempat full time, atau dua tempat part time, kalian harus membayar pajak dengan kelas tertinggi.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Mengikuti Ausbildung Jerman

Persyaratan berikut harus kalian penuhi jika ingin mengikuti program Ausbildung di Jerman, diantaranya:

1. Pendidikan Terakhir

Untuk mengikuti program Ausbildung di Jerman, minimal kalian harus lulusan SLTA sederajat (SMA/SMK/MAN). Akan tetapi bagi kalian yang sudah lulusan diploma maupun sarjana akan mendapatkan peluang yang lebih besar karena dianggap lebih mampu untuk mengikuti program Ausbildung di Jerman ini.

2. Batasan Usia

Program Ausbildung di Jerman ini bisa diikuti oleh kalian yang sudah berusia 18-25 tahun, bahkan tanpa pengalaman kerja sekalipun tetap bisa. Sedangkan bagi kalian yang berusia 25-35 tahun sangat disarankan untuk mempunyai pengalaman kerja jika ingin mengikuti program Ausbildung di Jerman ini.

3. Nilai Akademik dan Non Akademik

Sangat penting untuk memperhatikan nilai akademik di ijazah pada saat pendaftaran program Ausbildung di Jerman. Terutama pada mata pelajaran tertentu yang relevan dengan jurusan yang akan dipilih.

4. Minat dan Motivasi

Jangan menyepelekan persyaratan yang satu ini. Kalian juga harus mempertimbangkan kemampuan minat dan bakat sebelum memilih jurusan ataupun perusahaan yang ingin kalian lamar. Biasanya, minat dan motivasi kalian akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan selain nilai akademik.

Oleh karena itu, kalian juga harus mempunyai motivasi yang kuat untuk mengikuti program yang akan ditempuh dan terus berkomitmen untuk menjalankan pendidikan dan bekerja. Jangan sampai kalian memilih jurusan yang tidak sesuai dengan minat dan motivasi kalian, karena hal tersebut malah akan membuat proses belajar kalian menjadi kurang maksimal.

5. Kemampuan Bahasa

Persyaratan ini adalah yang paling sulit namun sangat mendasar bagi siapun yang ingin belajar maupun bekerja di luar negeri. Karena untuk mengikuti program Ausbildung di Jerman kalian harus bersekolah dan bekerja dengan menggunakan bahasa Jerman. Tentunya hal ini akan menjadi tantangan untuk kalian, dimana kalian juga harus mempunyai kecakapan bahasa Jerman yang baik pada saat proses Interview.

Adapun syarat minimal kemampuan bahasa Jerman yang harus kalian punya adalah level B1 yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa Jerman yang dikeluarkan oleh Goethe Institut. Sangat disarankan untuk tidak mengikuti progeam ini menggunakan sertifikat A1 atau A2.

Hal ini dikarenakan, banyak orang yang sudah memiliki kemampuan B2 atau C1 saja masih kesulitan mengikuti kegiatan sekolah maupun bekerja. Dengan adanya sertifikat bahasa Jerman inilah yang akan dijadikan sebagai bukti bahwa kalian sudah mempunyai kemampuan bahasa Jerman, dengan begitu kedutaan Jerman akan mengeluarkan visa sebagai izin belajar dan kerja kalian selama di Jerman.

Tips Belajar Bahasa Jerman Dengan Menyenangkan

Seperti pada penjelasan sebelumnya, kemampuan bahasa Jerman adalah salah satu syarat untuk mengikuti program Ausbildung di Jerman. Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan diri untuk mempelajari bahasa Jerman sebelum mendaftar.

Sama seperti mempelajari bahasa asing lainnya, kalian harus mempelajari bahasa Jerman dari dasar terlebih dahulu. Walaupun level kemampuan bahasa yang dijadikan syarat dalam program Ausbildung di Jerman lumayan tinggi yakni, B1. Mempelajari dari dasar adalah salah satu cara agar dapat menguasai bahasa Jerman dengan cepat.

Selain itu, kalian juga harus mempelajari bahasa Jerman dengan cara yang menyenangkan. Proses pembelajaran bahasa Jerman yang menyenangkan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan dalam mempelajari bahasa Jerman. Salah satu alternatif untuk dapat membangkitkan motivasi dalam mempelajari bahasa Jerman adalah dengan menggunakan lagu.

Melalui lagu, pembelajaran bahasa Jerman suasananya bisa menjadi lebih santai sehingga materi pembelajaran pun biasanya dapat dihapal dengan cepat. Selain itu, penggunaan lagu juga dapat membuat kalian menjadi lebih terbiasa mendengar berbagai istilah ataupun kata-kata dalam bahasa Jerman.

Semakin sering kalian mendengarkan lagu bahasa Jerman sebagai metode pembelajaran kalian, maka kalian pun akan mengalami earworm. Dimana earworm itu adalah sebuah kondisi saat kalian itu memutar sebuah lagu berulang-ulang di otak kalian. Nah, kondisi Earwom inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mempelajari bahasa Jerman agar kita lebih terbiasa dengan bahasa tersebut.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
ausbildung jerman
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
ausbildung jerman
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^