Inilah 6 Jenis Kentang di Indonesia yang Biasa di Gunakan

  • Whatsapp

Inilah 6 Jenis Kentang di Indonesia yang Biasa di Gunakan

Mengenal Jenis Kentang kamu tentu sering menggunakan kentang untuk membuat berbagai olahan di dapur tercinta. Namun, apakah kamu juga pernah menggunakan jenis kentang lainnya, selain kentang yang biasa digunakan? Yuk, kita kenali lebih jauh tentang jenis kentang. Baca Juga : Ide Bisnis Kuliner Es Kepal Milo

  • Kentang Tes

Kentang tes memiliki kandungan pati lebih tinggi dibandingkan jenis kentang lainnya. Kentang jenis ini lebih cocok diolah menjadi french fries (kentang goreng) atau perkedel.

  • Kentang Lokal

Kendati bentuknya tak secantik kentang impor, namun kentang lokal memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan kentang impor. Kentang lokal memiliki rasa lebih manis, gurih, dengan kandungan air yang cukup. Kentang lokal banyak digunakan untuk bahan campuran berbagai masakan khas Indonesia.

Baca Juga  Tips Agar Sukses dalam Karir

  • Kentang Putih

Sesuai dengan namanya, kentang jenis ini berwarna putih bersih. Kentang putih memiliki rasa yang hambar dan agak lengket. Kentang jenis ini bagus digunakan untuk aenak masakan yang tidak memerlukan rasa kentang di dalamnya, seperti sup atau sambal goreng.

  • Kentang Kuning

Kentang kuning memiliki warna kekuningan dengan rasa yang gurih dan tidak mengandung banyak air. Kentang ini cocok jika digunakan untuk membuat kentang goreng.

  • Kentang Mini

Kentang ini berukuran kecil. Biasanya diolah tanpa perlu dikupas. Kentang mini sangat cocok diolah untuk bahan tumisan maupun aneka masakan Eropa, seperti steak atau salad. Di Indonesia, kentang mini biasanya digunakan untuk bahan campuran rendang.

  • Kentang Mentega
Baca Juga  Tempat Nongkrong Asik di Jakarta Malam Hari

Kentang jenis ini memiliki warna sedikit kuning dan rasa yang lebih gurih dibandingkan kentang putih. Kentang ini mengandung sedikit kadar air dengan tekstur agak berpasir. Kentang mentega cocok digunakan untuk membuat keripik.

Nah berikut adalah Produk Olahan Kentang yang sering kita temui di pasaran

  • Tepung Kentang

Tepung kentang terbuat dari kentang yang dikeringkan. Tepung kentang cukup ditambahkan air panas dalam pengolahannya. Tepung kentang banyak digunakan untuk membuat mash potatoes, sebagai makanan pengganti karbohidrat bagi masyarakat Eropa. Tepung kentang juga dapat diolah menjadi bubur kentang atau perkedel karena penggunaannya yang sangat praktis.

  • Kentang Beku

Kentang yang sudah dikupas dan dipotongpotong bentuk wedges, panjang polos potongan kecil (shoestring), panjang polos potongan agak tebal (straight cut), atau bergerigi (crinckle cut). Kentang beku sangat praktis penggunaannya, tinggal digoreng ketika kita membutuhkan french fries dalam waktu cepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.