Tips Latihan Kardio, dengan Bermain Pokemon Go

  • Whatsapp

Tips Latihan Kardio

Pokémon go membantu anda bertemu dengan orang-orang baru di luar sana yang sama-sama bermain game ini. Jika anda merasa malas untuk pergi keluar rumah, Pokémon go dapat memberikan alasan untuk anda pergi jalan-jalan, menemukan tempat baru, dan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. karena alasan itu, saya akan mengajak anda untuk bermain Pokémon go sambil melakukan beragam latihan sederhana yang dapat anda lakukan sendiri atau bersama dengan teman atau kekasih anda.

tips-latihan-kardio

Cardio Interval Training Langkah pertama yang saya lakukan untuk melakukan sesi latihan ini adalah dengan menemukan tempat yang cocok. Menurut saya, Monumen Nasional atau Monas di Jakarta Pusat adalah tempat yang pas untuk melakukan latihan ini karena tempatnya cukup luas. kebetulan tempat ini juga memiliki banyak Pokéstop dan Lure Modules yang hampir setiap saat terpasang. Latihan yang saya lakukan adalah latihan interval yang akan memacu kardiovaskuler. karena latihan ini porsinya banyak di lari, saya memanfaatkannya untuk memecahkan telur Pokémon saya yang nilainya 5 km. artinya, saya harus berlari sejauh 5 km agar telur tersebut pecah dan mendapatkan Pokemon yang baru. Untuk itu, saya memiliki beberapa cara agar latihan interval anda lebih menyenangkan. Tapi perlu diingat, sebaiknya lakukan ini jika tempat latihan anda memiliki tiga Pokéstop atau lebih yang jaraknya sedikit berjauhan. saya ajak anda untuk melakukan langkah-langkah ini:

 

  • Pemanasan selama 15 menit.
  • Sprint dari satu Pokéstop ke Pokéstop lain.
  • Pada Pokéstop pertama, sprint dengan mengeluarkan 90 – 95% kemampuan anda untuk memaksimalkan detak jantung anda. Putar Pokestop untuk mendapatkan item.
  • Lalu lari menuju Pokestop kedua dengan intensitas 50% dari kemampuan anda. Putar Pokéstop kedua.
  • Sprint sekuat mungkin menuju Pokéstop terakhir. Putar Pokéstop untuk item. Lalu istirahat (sekitar lima menit) sampai Pokéstop kembali berwarna biru dan ulangi prosesnya sebanyak dua kali.
Baca Juga  Cara Mencegah dan Menghindari Stroke di Usia Muda

 

Gabungan Latihan Kekuatan

Jika anda siap untuk tantangan yang lebih, anda dapat menambah latihan anda dengan beberapa gerakan, seperti squat, lunge, plank, atau push-up. Jika anda siap dengan kesulitan tingkat selanjutnya, coba ikuti aturan ini setiap anda memutar Pokéstop:

 

  • Jika anda hanya mendapatkan Pokeball biasa, lakukan squat sebanyak lima kali.
  • Jika anda mendapatkan Pokeball campuran (Biasa, Great, Ultra), lakukan lunge sebanyak 10 kali.
  • Jika anda mendapatkan Great dan Ultra Pokeball, lakukan jump squat sebanyak lima kali.
  • Jika anda mendapatkan Potion atau revive, lakukan push-up sebanyak 10 kali.
  • Jika anda mendapatkan super Potion, lakukan burpee sebanyak 10 kali. Jika anda mendapatkan razz Berry, lakukan plank selama 30 detik.

 

anda bisa mengurangi atau menambah repetisi sesuai dengan kemampuan anda. Ingat, jangan melakukan sesuatu melebihi kemampuan anda dan berhenti ketika gerakan mulai sulit dilakukan. Hati-hati juga jika anda berniat latihan pada saat cuaca sedang panas. karena saya melakukannya di siang hari, saat cuaca Jakarta sedang panas, saya tidak ingin melakukan repetisi terlalu banyak.

Sprint Menuju PokeStop

saya mulai dengan pemanasan, setelah itu larilari kecil. setelah merasa cukup panas, saya mulai membuka aplikasi Pokémon go dan mulai mencari Pokestop mana yang harus saya tuju lebih dulu. saya menemukan beberapa Pokéstop di dekat patung Pangeran Diponegoro yang ada di Monas. Berjarak sekitar 100 m dari tempat saya berdiri, saya pun melakukan sprint ke arah patung. sesampainya di sana, sembari mengatur napas, saya langsung mengecek smartphone. ada staryu! karena Pokemon berbentuk bintang laut ini cukup jarang, saya tidak menyia-menyiakan kesempatan dan langsung menangkapnya. setelah dapat, saya memutar Pokéstop. saya mendapat item berupa revive dan dua Pokéball biasa.

Baca Juga  Contoh Desain Kolam Renang dan Lantainya

 

Mendapat revive berarti saya harus push-up. karena harus menyimpan tenaga, saya hanya push-up sebanyak tiga kali. Lalu, saya kembali bersiap untuk menuju Pokéstop berikutnya. Jika saya lihat di radar, Pokéstop selanjutnya berjarak tidak begitu jauh. saat menuju Pokéstop kedua, saya berlari tidak terlalu kencang. Di samping itu, saya memang masih sedikit kelelahan seusai sprint tadi. Hitung-hitung simpan tenaga untuk sprint terakhir. saat sampai di Pokestop kedua yang berada persis di depan Monas, saya membuka dan mulai memutar Pokestop. saya hanya dapat empat Pokeball biasa. Tandanya saya harus melakukan squat. saya memilih untuk melakukan squat sebanyak lima kali.

 

Oh ya, saya tidak menemukan Pokémon di Pokestop kedua ini. setelah squat, saya istirahat sebentar disusul dengan sprint menuju Pokestop terakhir Di sprint terakhir ini, saya mulai kelelahan. saya putar Pokestop dan saya mendapat razzberry. sialnya, saya harus plank selama 30 detik. Plank adalah salah satu gerakan yang paling tidak saya sukai. Tapi, mau tidak mau, harus saya lakukan. setelah 30 detik, saya pun istirahat selama lima menit menunggu Pokestop kembali aktif. Waktu istirahat saya manfaatkan untuk mencari dan menangkap Pokémon yang muncul. Lumayan, saya dapat Pidgey dan ghastly. selesai istirahat, saya kembali mengulangi hal yang sama sebanyak dua kali. setelah tiga set selesai badan saya langsung rontok semua. sungguh, melelahkan! Tapi, saya berhasil memecahkan telur 5 km saya dan akhirnya mendapatkan Pokémon baru bernama Ponyta. Lumayan, koleksi Pokémon saya bertambah. anda harus mencobanya! Dapatkan Pokémon dan tentu… badan yang sehat

Baca Juga  Rekomendasi Tempat Wisata di Sumbawa Barat

 

 

Bermain Pokémon GO dengan Aman Meskipun menyenangkan, anda harus tetap waspada dalam bermain game ini. sudah banyak insiden yang terjadi saat orang bermain Pokémon go, seperti kecelakaan, pencopetan, dan lain sebagainya akibat kelalaian para pemainnya dan karena tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Untuk itu agar lebih aman, ini tipsnya:

 

  • 1.Cari tempat yang luas dan memiliki banyak Pokéstop, seperti taman. Jika anda hendak latihan sambil bermain Pokémon go, hindari jalan raya karena dapat berisiko tertabrak kendaraan.
  • 2.agar bisa saling menjaga, ajak teman-teman anda semakin banyak yang berpartisipasi, proses latihan anda akan semakin menyenangkan.
  • 3.Dan, jangan bermain Pokémon go  sambil menyetir!

 

Glosarium

Pokémon: Monster-monster yang bertebaran yang harus anda tangkap. Menangkap Pokémon adalah inti dari permainan ini. Jika anda berhasil menangkap semua jenis Pokémon yang ada, anda disebut sebagai Pokémon Master.

 

Pokéball: sebuah bola yang digunakan untuk menangkap Pokémon. Terdapat empat jenis Pokéball, yaitu regular ball, great ball, Ultra ball, dan Master ball.

 

Pokéstop: Tempat anda mendapatkan item di Pokémon go yang dibuat berdasarkan tempat-tempat di dunia nyata.

 

PokéGym: anda dapat bertarung dengan Pokémon milik orang lain di sini. Tempatnya juga sama-sama berdasarkan tempat di dunia nyata.

 

Egg: Item berupa telur yang bisa anda dapatkan di Pokéstop. Jika anda berhasil berjalan sejauh kilometer yang tertera di telur, telur akan menetas dan anda akan memiliki Pokémon baru. sejauh ini, ada 3 jenis telur, yakni 2 km, 5 km, dan 10 km. razzberry: Item yang berfungsi agar Pokémon lebih mudah ditangkap.

 

revive: Item untuk membangkitkan Pokémon yang kalah di gym.

 

Potion: Item untuk menambah health point (HP) Pokémon akibat kalah bertarung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.