Tips Tetap Sehat saat Musim Hujan

 Kesehatan dan Gaya Hidup

Tips Tetap Sehat saat Musim Hujan

Musim hujan juga memberi ancaman serius bagi daya tahan tubuh anda. Beragam penyakit infeksius yang diakibatkan serangan bakteri, virus, atau patogen lain berpotensi besar menyerang. itu diperparah dengan udara dingin yang membuat daya tahan tubuh menurun.

tips-tetap-sehat-saat-musim-hujan






AncAmAn HujAn dAn cuAcA EkstrEm

Selain musim hujan, saat ini iklim global mengalami perubahan dengan munculnya cuaca ekstrem. Cuaca yang bersifat ugahari itu menyebabkan perubahan kondisi secara tiba-tiba. terkadang, di siang hari, cuaca begitu terik, namun tidak lama kemudian turun hujan lebat disertai angin kencang. Perubahan cuaca yang tiba-tiba seperti ini tentu sangat mendera tubuh. tubuh dipaksa untuk beradaptasi secara cepat. Di saat tubuh kesulitan beradaptasi, serangan beragam kuman pemicu penyakit makin banyak. Selain karena suhu yang dingin, air hujan memiliki potensi membawa bakteri dan virus berbahaya masuk ke dalam tubuh.

 

tingkAtkAn dAyA tAHAn tubuH

Menurut dr. Ifael Y. Mauleti, Sp. pD, KpTI, FINaSIM, spesialis penyakit dalam di Eka Hospital BSD, saat musim penghujan, makin banyak orang menderita penyakit, seperti batuk, pilek, demam berdarah, tifus, leptospirosis, dan diare. “Kita tidak mungkin menghindar dari paparan sumber penyakit tersebut, terutama jika aktivitas kita banyak dilakukan di luar ruangan dan di tempat umum. tak ada cara lain selain meningkatkan daya tahan tubuh,” paparnya. “Prinsip utama dalam menjaga daya tahan tubuh adalah dengan menjaga asupan nutrisi dengan baik, menjaga kebersihan tubuh, menjaga peredaran darah tetap lancar dengan berolahraga, dan tidur yang cukup,” ujar dr. ifael. Berikut ini adalah beberapa cara praktis yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar selama musim penghujan.

Baca Juga  Cara Menghindari Stroke di Usia Muda

 

¦ Biasakan mencuci tangan

Bakteri dan virus banyak berkembang biak saat musim hujan karena tingkat kelembaban udara yang tinggi. akibatya, anda mudah terpapar bakteri, misalnya saat anda menyentuh permukaan yang kotor atau menggunakan peralatan yang digunakan oleh banyak orang. Hal yang termudah untuk melindungi diri anda adalah dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan di bawah air mengalir setelah melakukan berbagai aktivitas.

 

¦ gunakan masker

jangan kuatir wajah anda yang tampan – setidaknya menurut anda sendiri – tak dilirik oleh wanita ketika berpapasan. Dalam kondisi seperti saat ini, lindungi saluran pernafasan anda dengan menggunakan masker wajah. Lubang hidung adalah salah satu saluran yang paling rentan menjadi pintu masuk kuman. Penyakit batuk, pilek, atau infeksi saluran pernafasan atas (iSPa) banyak terjadi akibat kuman yang masuk lewat hidung.

 

¦ sedia payung seBelum hujan

Baca Juga  Solusi Nyeri Sendi

Payung? Checked. Mantel hujan? Checked. anda siap keluar rumah. anda tentu tidak bisa menebak kapan tepatnya hujan akan turun, sekalipun anda sudah melihat ramalan cuaca sebelumnya. untuk berjaga-jaga, bawa beberapa perlengkapan anti hujan. Berenson jacket dari the north Face bisa menjadi pilihan cocok saat musim hujan.

 

¦ hindari makan semBarang

Siapa yang bisa tahan godaan jajanan pinggir jalan? Harganya yang murah sering kali menggoda anda untuk membelinya. Dalam kondisi seperti sekarang ini, sebaiknya anda berpikir ulang. Paparan kuman dengan media air hujan dan udara berpotensi menjangkiti makanan yang dijajakan di pinggir jalan atau tempat yang tidak higienis. jika tak memungkinkan menyiapkan bekal, belilah makan di warung yang higienis dan terlindung dari debu.

 

¦ Waspada terhadap gigitan nyamuk

Populasi nyamuk selama musim hujan akan meningkat karena adanya genangan air hujan. Salah satu penyakit serius yang disebabkan oleh nyamuk adalah demam berdarah. “Berantas sarang nyamuk dan lindungi diri dengan menggunakan lotion anti nyamuk agar tidak digigit,” ujar dr. ifael. “jaga kebersihan dan kerapian tempat tinggal. jangan terbiasa menggantung baju dalam waktu lama. anda juga bisa menggunakan kelambu,” tambahnya.

 

¦ jauhi sumBer kuman

genangan atau luapan air selokan adalah menjadi sumber berbagai penyakit, seperti bakteri E Coli penyebab diare, bakteri leptospira penyebab penyakit leptospirosis, dan beragam kuman yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Sedapat mungkin, hindari kontak langsung dengan sumber penyakit itu. anda dapat menggunakan sepatu boot berbahan karet yang anti air. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah Converse Chuck taylor all-Star rubber yang terbuat dari bahan karet.

Baca Juga  Film Wajib Tonton 2017

 

¦ jaga Badan tetap hangat.

Suhu dingin akan membuat pembuluhpembuluh darah menyempit sehingga peredaran darah menjadi tak lancar. Selain akan menyebabkan penumpukan asam laktat yang menyebabkan pegal-pegal, darah yang tak lancar juga akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Karena itu, jaga badan agar tetap hangat dengan menggunakan pakaian tebal dan mengonsumsi minuman penghangat tubuh, seperti wedang jahe panas.

 

¦ jangan leWatkan makan.

Saat musim tidak kondusif, jaga agar perut selalu terisi. Perut yang kosong saat udara dingin akan menyebabkan produksi gas berlebih dalam perut sehingga akan mengganggu proses pencernaan. Makanlah makanan yang bernutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti ubi jalar, telur, bawang, dan daging yang kaya akan Zink.

 

“PrinSiP utaMa DaLaM MEnjaga DaYa taHan tuBuH aDaLaH DEngan MEnjaga aSuPan nutriSi DEngan BaiK, MEnjaga KEBErSiHan tuBuH, MEnjaga PErEDaran DaraH tEtaP LanCar DEngan BEroLaHraga, Dan tiDur Yang CuKuP.”

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply