BeritaKesehatan dan Gaya HidupKomputer / HardwareLain-LainMicrosoftNewsReview Games/Gadget/Hardware/Tips Trik

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word

Cara Membuat Footnote di Microsoft Word– Apa itu footnote? Footnote adalah catatan kaki yang biasa dilampirkan pada bagian bawah paper dengan tulisan dengan ukuran font kecil. Dan footnote biasa berisi kutipan hingga informasi kurung, sumber luar, izin hak cipta, informasi latar belakang, dan apa pun di antaranya, meskipun panduan gaya tertentu membatasi kapan footnote dapat digunakan.

Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat footnote, dan berikut ini akan kami jelaskan rangkuman bagaimana cara membuat footnote.

Cara Membuat Footnote

Kegunaan FootNote dan Cara Membuat Footnote

1. Modern Language Association (MLA)

Digunakan untuk memberikan catatan konten (seperti memberikan informasi tambahan yang singkat tentang teks atau mengarahkan pembaca ke informasi tambahan) dan untuk menunjukkan izin hak cipta. Aturan tentang penempatan nomor dalam teks sama dengan APA seperti pada MLA.
Aturan penulisan :
* Ketika footnote harus diletakkan di akhir klausa, 1 tambahkan nomor setelah koma.
* Ketika footnote harus diletakkan di akhir kalimat, tambahkan angka setelah periode.2
* Angka yang menunjukkan footnote harus selalu muncul setelah tanda baca, dengan pengecualian satu tanda baca3 — tanda hubung.

Baca Juga : Rumus Simple Past Tense, Beserta Contoh Kalimat dan Artinya

2. Style Guides

Dari panduan gaya utama, The Chicago Manual of Style (CMS) paling sering menggunakan footnote. Namun, footnote kadang-kadang digunakan dalam panduan gaya lainnya. Perbedaan utama adalah bahwa, sementara CMS menggunakan footnote untuk tujuan kutipan, Modern Language Association (MLA) dan American Psychological Association (APA) umumnya bergantung pada mereka untuk penyediaan informasi tambahan.

Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word

1. Klik pada tempat di teks di mana Anda ingin nomor pertama muncul.
2. Di tab Referensi, ada grup footnote. Di grup itu, klik tombol yang mengatakan Sisipkan footnote.
3. Setelah Anda mengklik tombol itu, dua angka akan muncul: satu angka akan muncul di teks utama, dan nomor yang sesuai akan muncul di bagian bawah halaman.
4. Tulis kutipan Anda atau informasi tambahan di sebelah nomor yang muncul di footnote. Format informasi sesuai dengan aturan panduan gaya Anda.

Untuk menghindari halaman berantakan, Anda harus menggunakan footnote hemat dan hanya untuk memberikan tambahan atau kutipan yang bermanfaat. Seperti disebutkan sebelumnya, informasi ini dapat dianggap sebagai pelengkap, oleh karena itu lebih baik menempatkannya jauh dari bagian utama tulisan Anda.

Saat membuat footnote Anda, selalu ingat kenyamanan pembaca dan ingat bahwa footnote ada untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat. Jika footnote Anda berlebihan atau tidak perlu, pembaca cenderung menjadi kesal dan bahkan mungkin teralihkan dari poin utama tulisan Anda.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Cara Membuat Footnote
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Cara Membuat Footnote
Price
USD 4
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^