Motherboard untuk Gaming Terbaik Harga Murah

  • Whatsapp

Motherboard untuk Gaming Terbaik Harga Murah

  • MSI Z370 Gaming Pro Carbon AC

MSI Z370 Gaming Pro Carbon AC merupakan motherboard paling terjangkau dengan banderol Rp. 3.400.000. Perlu dicatat bahwa MSI menyediakan motherboard Z370 kelas atas, tapi kami tidak berhasil mendapatkannya untuk artikel ini. Dengan demikian, Z370 Gaming Pro Carbon AC lebih sebagai produk kelas menengah dengan fokus pada estetika. Ada banyak pencahayaan di atasnya karena LED tertanam di heatsink VRM dan PCH, di bawah motherboard, dan garis cahaya LED yang mengikuti jalur sirkuit audio. Selain itu, motherboard ini mengusung 4 header RGB termasuk dua header yang mendukung addressable LED individu. Salah satunya dirancang secara khusus untuk strip LED Corsair sebagai bagian dari kolaborasi antara MSI dan Corsair.

Tersedia pula header kipas khusus untuk digunakan dengan pendingin Corsair Hydro series dan ftur Corsair Link. Keputusan MSI untuk fokus pada hardware Corsair bisa dipertanyakan karena memaksa pengguna untuk menggunakan satu merek. Meski demikian, paling tidak ftur tersebut memastikan konfgurasi tersebut bisa berjalan, terutama jika Anda penggemar Corsair. Bagaimanapun, MSI telah melakukan tugasnya dengan baik membenamkan banyak nilai tambah ke dalam paket yang menarik. Misalnya, Wi-Fi terintegrasi merupakan ftur menarik karena beberapa motherboard lebih mahal tidak menyediakannya. Ia juga dilengkapi dengan banyak port USB di panel I/O belakang, termasuk port USB 3.1 (Gen 2) Type-C dan Type-A, empat port USB 3.1 (Gen 1), dan dua port USB 2.0. Opsi ekspansi media penyimpanan juga setara dengan para pesaingnya dan Anda juga bisa menemukan slot PCIe dan DIMM yang diperkuat dengan metal dan heatsink M.2. Meski demikian, Z370 Gaming Pro Carbon AC bukanlah motherboard terbaik bagi segmen enthusiast. Seperti motherboard ASRock, tidak tersedia tombol daya atau reset serta tidak ada layar debug LED. Tidak tersedia konektor USB 3.1 (Gen 2) untuk panel depan, sehingga Anda kurang beruntung jika tersedia konektor tersebut di casing. Tidak hanya itu, performa overclocking tergolong memadai, tapi tidak sebagus performa ASUS dan Gigabyte. Secara umum, motherboard besutan MSI ini bagus untuk pasar lebih luas dan Anda yang menginginkan RGB LED, tapi bukan hardcore enthusiast.

  • Gigabyte Z370 Aorus Gaming 7 
Baca Juga  Harga Speaker Wireless Samsung

Gigabyte Z370 Aorus Gaming 7 merupakan motherboard Intel Z370 unggulan besutan Gigabyte. Meski demikian, daftar ftur yang disajikan terlihat berimbang dan tidak tampak sebagai model yang berorientasi enthusiast. Misalnya, tidak tersedia konektor daya tambahan untuk CPU atau saklar mode LN2 untuk overclocking serius. Anda juga tidak menemukan saklar DIP untuk mematikan slot PCIe atau DIMM saat pencarian kendala atau menyeting sistem. Tapi, motherboard ini mengusung ftur inti yang solid yang terbukti lebih berguna bagi pengguna lebih luas.

Keputusan tersebut tercermin dalam banderol harga Rp. 4.920.000 yang tergolong masuk akal untuk jajaran ftur yang ditawarkannya. Z370 Aorus Gaming 7 menyediakan opsi ekspansi penyimpanan dan konektivitas memadai, serta LED yang bisa dikustomisasi, solusi audio terintegrasi yang kuat, dan tersedia total 8 header kipas, termasuk header dengan arus tinggi hingga 3 Ampere. Soket M.2 teratas juga dilengkapi dengan heatsink yang menjadi kelengkapan penting karena jaraknya yang dekat dengan komponen bertemperatur tinggi seperti CPU dan GPU. Meskipun motherboard ini tidak menyediakan ftur bagi overclocker lebih ekstrim, tapi bukan berarti buruk. Ia dilengkapi dengan desain daya 8+2-phase untuk CPU dan iGPU dan menggunakan PWM digital buatan Intersil dan Smart Power Stages yang memasok hingga 60 Ampere di masingmasing 8 phase untuk CPU Vcore. Anda juga mendapatkan seluruh tombol penting termasuk daya, reset, dan CMOS. Meski demikian, tombol CLR_CMOS seharusnya diletakkan di I/O belakang untuk kemudahan akses. Selain itu, Anda bisa menemukan tombol OC satu klik di area yang sama untuk kemudahan overclock. Terakhir, motherboard ini juga memiliki sejumlah ftur menarik yang cenderung tak terlihat. Fitur tersebut di antaranya adalah ESS Sabre 9018 DAC untuk audio terintegrasi dan port Ethernet kedua oleh kontroler Killer E2500 Gigabit Ethernet.

  • ASUS Z170 MAXIMUS VIII HERO ALPHA
Baca Juga  Game Android HD MOD Online, Offline FPS, Bola, Balap, Perang, RPG Terbaik

Seri Hero di lini motherboard ROG Maximus besutan ASUS memang disiapkan untuk menawarkan keseimbangan antara harga dan performa. Untuk platform baru Intel generasi keenam Skylake dengan chipset Z170, ASUS menghadirkan Z170 Maximus VIII Hero. ASUS kemudian memperluas lini Z170 Maximus VIII Hero dengan model baru yang memiliki akhiran nama Alpha. ASUS mengklaimnya sebagai motherboard Z170 pertama yang mengintegrasikan header RGB untuk kemudahan kustomisasi pencahayaan menggunakan LED RGB 12 Volt.

 

motherboard gamin terbaik

 

 

Bukan satu, melainkan dua header RGB disediakan ASUS pada Z170 Maximus VIII Hero Alpha. Tidak lagi menyajikan tema warna hitam dan merah seperti motherboard ROG sebelumnya, Z170 Maximus VIII Hero Alpha kini didominasi warna hitam dan abuabu yang lebih natural. Dengan demikian, Anda bisa menerapkan pencahayaan berwarna apapun sesuai selera. Kendali efek pencahayaan disediakan melalui utilitas Aura untuk mengendalikan LED yang ada di motherboard dan LED RGB Anda. Tersedia enam skema pencahayaan yang bisa dipilih yakni Static, Breathing, Strobing, Color Cycle, Music Effect, dan temperatur CPU. Z170 Maximus VIII Hero Alpha masuk di antara motherboard berkelengkapan jubah di area port I/O belakang yang menyebar hingga heatsink VRM dan komponen audio. Selain enam port SATA III 6 Gbps, tersedia pula dua konektor U.2 (NVMe) dan satu slot M.2 yang menawarkan kecepatan transfer data mencapai 32 Gbps.

Baca Juga  Hp Huawei Terbaru Android 4G Terbaik dengan Kamera AI

 

Anda bahkan bisa membuat setup RAID menggunakan konektor U.2 dan M.2. Di panel belakang, satu port USB 3.1 Type-A dan Type-C tersedia menawarkan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps. Intel I-219V dipercaya mengendalikan lalu-lintas data jaringan via ethernet dan diklaim tidak membebani CPU saat beroperasi. Konektivitas jaringan lainnya tersedia melalui nirkabel yakni Wi-Fi 802.11ac 2×2 dengan teknologi MU-MIMO yang memiliki kecepatan transfer data mencapai 867 Mbps. Konektivitas jaringan didukung dengan utilitas GameFirst IV Beta yang menawarkan fitur Multi-Gate Teaming untuk menggabungkan antarmuka jaringan guna mendapatkan bandwidth maksimum. Tak ketinggalan, solusi audio disokong oleh SupremeFX 2015 yang menyediakan keluaran 7.1-kanal, kemampuan menggerakkan headphone dengan impedansi hingga 600 ohm, dan utilitas Sonic Studio II yang meningkatkan pengalaman gaming dan hiburan multimedia. Performa yang disajikan Z170 Maximus VIII Hero Alpha tergolong memikat terutama slot memori DDR4 berfitur ASUS T-Topology yang mendukung overclock hingga 3800 MHz. Modul memori DDR4-2400 MHz mampu dibesut hingga kecepatan overclock 3200 Mhz. Kaya fitur dan berperforma tinggi serta menawarkan kemudahan kustomisasi pencahayaan melalui header RGB, Z170 Maximus VIII Hero Alpha pantas masuk daftar belanja Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.