BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainNews

Zumba Adalah ? Berikut Manfaat Zumba Setiap Hari untuk Orang Kurus dan Gemuk

Zumba Adalah ? Berikut Manfaat Zumba Setiap Hari untuk Orang Kurus dan Gemuk –

Definisi dan Pengertian Zumba Adalah

Tarian Zumba adalah sebuah tarian yang awalnya merupakan program latihan kebugaran yang diciptakan oleh seorang penari dan koreografer asal Belanda, yaitu Alberto Perez pada sekitar tahun 1990-an.

Tarian Zumba dilakukan dengan perpaduan antara gerakan tari dan aerobik, serta menggunakan iringan musik gabungan hip-hop, soca, samba, salsa, merengue, dan juga mambo.

Pada awalnya, nama asli dari tarian ini adalah “Tumba” yang memiliki arti “untuk pesta” dalam bahasa Spanyol. Akan tetapi, sebagai merek dagang digunakan nama “Zumba”.

Meskipun tarian zumba merupakan merek dagang yang terdaftar atas kepemilikan Zumba Fitnet LLC, namun mereka tidak meminta royalte dan menggratiskan bagi semua tempat kebugaran di seluruh dunia untuk menggunakannya.

Baca Juga : Sejarah Internet | Sejarah Perkembangan Internet dari Tahun ke Tahun

Setelah Beto Perez bekerja sama dengan Perlmen dan Aghion pada tahun 2001 dan Zumba kemudian muncul dalam bentuk album video, kini diperkirakan ada sekitar 15 juta orang yang mengambil kelas Zumba mingguan di lebih dari 200.000 lokasi di sebanyak 180 negara.

Manfaat Zumba Adalah

Banyaknya peminat tarian zumba bukan tanpa alasan, tetapi karena tarian ini memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. berikut ini adalah beberapa manfaat zumba.

1. Manfaat Zumba Adalah Membakar Banyak Kalori

Selayaknya gerakan aerobik, manfaat Zumba yang paling dicari adalah dapat efektif dalam mengurangi jumlah lemak dan kalori di dalam tubuh. Pada umumnya, setiap kali latihan Zumba akan membakar setidaknya 400-600 kalori per jamnya.

Manfaat zumba tersebut baik terutama bagi kita yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Pembakaran kalori dan lemak di tubuh yang efektif, membuat tubuh lebih langsing. Tak hanya ramping, manfaat zumba juga akan membantu mengencangkan beberapa bagian tubuh sehingga efektif membentuk tubuh.

2. Manfaat Zumba Adalah Merawat Kesehatan Jantung

Gerakan Zumba yang terbilang sangat kompleks akan memungkinkan seluruh bagian tubuh menjadi terjangkau gerakan. Hal tersebut akan sangat baik untuk peredaran darah dan jantung kita.

Koordinasi tubuh juga akan menjadi lebih terlatih dengan melakukan tarian Zumba secara rutin. Untuk gerakan pada bagian atas tubuh, posisi bahu dan kepala umumnya bergerak maju dengan selaras. Sementara untuk tubuh menengah ke bawah, latihan zumba ini akan mengharuskan perut, pantat, pinggul, dan kaki untuk bergerak bersama namun tidak selaras.

Dengan gerakan yang kompleks, manfaat zumba dapat melatih semua persendian tubuh. Hal tersebut karena pada gerakan Zumba terdapat latihan fleksibilitas seperti halnya jika kita melakukan pemanasan atau pendinginan.

3. Manfaat Zumba Adalah Memberi Efek Senang

Tarian Zumba sebenarnya termasuk ke dalam salah satu olahraga yang intensif. Akan tetapi, karena gerakannya benar-benar seperti tarian dan terlebih lagi diiringi dengan musik, maka manfaat Zumba membuat beratnya latihan menjadi terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Tarian Zumba juga sangat sering mendapat penghargaan dan juara sebagai salah satu olahraga yang paling efektif untuk memberi kebugaran tubuh dan efek bahagia. Bahkan, dewasa ini, Zumba sudah dikembangkan lebih luas menjadi Aquatic Zumba atau Zumba yang dilakukan di dalam air.

4. Mencegah Stress

Sudah sewajarnya tubuh kita akan merasa kelelahan apabila melakukan gerakan olahraga, tetapi pada latihan Zumba ini tubuh akan relatif mampu bertahan lebih lama. Hal tersebut karena gerakan-gerakan berirama dengan musik yang semangat sehingga kita terbuai.

Musik Zumba itu sendiri ternyata diklaim dapat digunakan sebagai relaksasi penghilang stress, sehingga akan menghilangkan bad mood.

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berbahaya, selain dengan cara mengkonsumsi makanan yang menurunkan tekanan darah, hipertensi juga dapat diatasi dengan latihan Zumba yang rutin. Lagi-lagi karena sifatnya yang dapat mengatasi stres atau depresi, tentu saja manfaat zumba juga dapat mengatasi masalah hipertensi.

Zumba Adalah

5. Melatih Koordinasi Tubuh Lebih Baik

Seiring bertambahnya usia, biasanya terjadi penurunan pada daya tangkap dan respon alat gerak tubuh kita. Akan tetapi manfaat Zumba dapat digunakan untuk melatih tubuh agar tetap peka dalam menerima musik dan meresponnya menjadi sebuah gerakan tertentu.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Selain gerakan-gerakan Zumba akan membuat tubuh menjadi lentur, otot-otot yang tegang juga akan lebih rileks dan kembali ke tempat seharusnya berada. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan postur tubuh kembali normal dan terlihat lebih baik.

Misalnya, postur yang sebelumnya membungkuk maka lama-kelamaan akan kembali tegak seperti seharusnya.

Dengan melakukan senam Zumba, kita dapat membuat otot lebih termotivasi untuk bergerak lebih aktif. Dengan cara tersebut, kontur wajah juga akan terpengaruhi dan membuat kulit kita terlihat lebih kencang dan berkilau. Apalagi selama senam, kita akan diajak tertawa dan banyak tersenyum, yang mana itu adalah energi positif bagi kita.

Itulah tadi uraian mengenai manfaat zumba yang ternyata penting bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun begitu, jangan lupa untuk mengkmbanginya dengan makanan bernutrisi seimbang.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Zumba Adalah
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Zumba Adalah
Price
USD 5
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^