Kesehatan dan Gaya HidupLife StyleNews

Contoh Surat Undangan Pernikahan, Online, Simple, Islami dan Kristen 2023

Contoh Surat Undangan Pernikahan, Online, Simple, Islami dan Kristen – Pernikahan adalah suatu hubungan yang terjalin antara dua orang yang telah menikah secara sah di mata hukum dan kebiasaan. Pernikahan biasanya merupakan tahap penting dalam kehidupan seseorang, di mana ia akan membentuk suatu keluarga dan menjalani hidup bersama dengan pasangan yang telah dipilihnya. Pernikahan biasanya dilakukan dengan cara upacara pernikahan yang diselenggarakan di depan keluarga dan teman-teman terdekat, diikuti dengan tanda tangan di hadapan saksi-saksi. Pernikahan biasanya juga disertai dengan perayaan yang meriah, seperti resepsi pernikahan atau pesta pernikahan. Di beberapa negara atau agama, pernikahan dapat juga diikuti dengan upacara tradisional yang khas. Pernikahan merupakan suatu tindakan yang serius dan harus dipikirkan dengan baik sebelum memutuskan untuk menikah, karena akan mempengaruhi kehidupan seseorang secara langsung.

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Saat hendak menyelenggarakan pesta pernikahan, surat undangan pernikahan adalah hal wajib yang harus kalian persiapkan. Terkadang, banyak pasangan bingung untuk mencari contoh surat undangan pernikahan yang cocok dengan tema pernikahan yang diambil. Akhirnya, surat undangan pernikahan yang dibuat pun jadi kurang cocok.

Pada dasarnya, surat undangan pernikahan memiliki fungsi untuk menyebarkan informasi perihal pelaksanaan pernikahan kalian. Biasanya di dalamnya berisi tanggal, lokasi, dan nama pasangan yang hendak menyelenggarakan pernikahan.

Itu sebabnya, surat undangan pernikahan sangat penting untuk disiapkan. Jika kalian masih bingung ingin mengambil jenis undangan pernikahan yang seperti apa, yuk simak contoh surat undangan pernikahan yang wajib kalian tahu berikut ini.

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Ada banyak contoh undangan pernikahan yang bisa kamu pilih. Salah satunya sedang populer dan disukai oleh banyak pasangan

Contoh Undangan Pernikahan Lengkap Untuk Momen Berbahagia

Kebahagiaan yang didapatkan dalam sebuah pernikahan haruslah disebarkan ke masyarakat luas. Tujuannya untuk memberitahukan bahwa kedua orang ini telah menikah dan menjalin hubungan yang sah sebagai suami istri. Untuk itulah kamu membutuhkan undangan untuk dibagikan kepada orang-orang yang kamu sayangi. Memang membuat undangan tidaklah mudah, tetapi banyak contoh undangan pernikahan yang bisa kamu ikuti.

Nah, biar kamu gak bingung model undangan apa yang cocok buat kamu, simak ulasan ini ya.

  1. Undangan Rustic

Desain atau model undangan yang satu ini memang sedang populer dan disukai para pasangan muda. Biasanya, undangan ini didominasi dengan warna-warna pastel dengan motif daun yang membuatnya semakin menarik. Kamu dan pasanganmu pasti akan menyukainya.

  1. Undangan Eksklusif

Untuk desain undangan pernikahan yang satu ini sudah sering digunakan oleh banyak orang. Namun, karena kesannya yang mewah dan elegan maka tidak pernah lekang oleh waktu. Kombinasi warna-warna yang digunakan biasanya bermacam-macam, seperti maroon, hitam, emas, dan kombinasi warna lainnya.

  1. Undangan Sederhana

Nah, khusus buat kamu yang suka hal-hal yang simpel, maka desain undangan pernikahan sederhana cocok buat kamu. Gak perlu desain yang ribet dan banyak ornamen, kamu hanya perlu menuliskan informasi yang ingin disampaikan dengan font yang cukup jelas. Namun, tetap dicetak dengan kertas yang bagus ya.

Nah jadi yang mana model undangan pilihan kamu? Kalau sudah memilih, sekarang saatnya mengintip isi dari undangan itu sendiri ya. Berikut beberapa contoh isi undangan pernikahan yang bisa kamu ikuti.

Isi Undangan Pernikahan

  1. Contoh Undangan di Rumah

Bismillahirrrahmanirrahim

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat  Allah SWT yang menciptakan manusia berpasang-pasangan. Tidak lupa kita sanjungkan shalawat serta salam kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Melalui surat ini, kami bermaksud menyelenggarakan pernikahan putra dan putri kami:

Reinata Maulini, S.E

Putri Kedua Bapak H. Rahmat Putranto dan Ibu Sumarni
dengan

Adrian Mutu, S.E

Putra Pertama Bapak H. Jalil Firdaus dan Ibu H. Hasanah Maharini

Pada

Hari: Minggu, 09 Agutus 2020

Pukul: 09.000 WIB – selesai

Tempat: Kediaman Bapak H. Rahmat Putranto & Ibu Sumarni. Komplek Plosoarum, Klaten Utara, Kabupaten Klaten

Tiada kata yang bisa diungkapkan selain terima kasih yang sangat tulus dari kami apabila Bapak/Ibu/ Saudara/i berkenan hadir dan turut memberikan doa, serta restu kepada kedua mempelai.

Jazakumullah Khairan Katsiran

Wassalamuallaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Hormat kami,

  1. Contoh Undangan di Gedung

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon rahmat dan ridho-Mu Ya Allah, Kami bermaksud mengadakan acara resepsi pernikahan putra dan putri kami Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari : Minggu, 09 Agutus 2020

Waktu : 09.000 WIB – selesai

Tempat : Hotel Tjokoro, Jl. Pemuda Sel. No.42, Mlinjon, Tonggalan, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten

Ungkapan terima kasih yang tulus dari kami apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan hadir dan memberikan do’a restu kepada kedua mempelai.

Jazakumullah Khairan Katsira Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kami yang berbahagia

Keluarga Bpk. H. Rahmat Putranto & Ibu Sumarni

Keluarga Bpk. H. Jalil Firdaus dan Ibu H. Hasanah Maharini

Jadi itu adalah contoh undangan pernikahan lengkap yang bisa kamu pilih sebagai isi dari undangan kamu nantinya. Sesuaikan kembali dengan model dan desain undangan yang kamu pilih agar terlihat rapih dan menarik, ya.

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Contoh Surat undangan pernikahan, biasanya terbagi menjadi berbagai macam. Seperti yang pernah kalian lihat surat undangan pernikahan memiliki berbagai jenis pilihan bahan, desain, warna, dan bentuknya. Contohnya saja seperti undangan laser cutting, bahan beludru, undangan multiguna, undangan bermotif dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah beberapa contoh surat undangan pernikahan yang wajib kalian ketahui, yaitu:

Undangan Lasercut, adalah Contoh Surat Undangan Pernikahan

Jika kalian mencari contoh surat undangan pernikahan yang memiliki bentuk menarik, cobalah model undangan lasercut. Lasercut adalah salah satu metode yang bisa memotong kertas berdasarkan motif yang kita pilih.

Motif yang ada pada contoh surat undangan pernikahan biasanya seperti motif klasik, pohon, bunga, corak batik, dedaunan, dan masih banyak lagi. Kalian bisa memesan sesuka hati ingin membentuk undangan yang seperti apa. Semakin rumit tingkat pengerjaannya maka harganya bisa semakin mahal. Jadi, sesuaikan lagi dengan budget kalian ya!

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Undangan Multiguna, adalah Contoh Surat Undangan Pernikahan

Contoh surat undangan pernikahan yang kedua adalah undangan multiguna. Jenis undangan yang satu ini sangat cocok jika kalian sedang mencari contoh surat undangan pernikahan memiliki fungsi lain selain sebagai undangan. Jadi, undangan ini nantinya bisa dipakai lagi untuk hal yang lain bagi siapa pun yang menerimanya.

Pembuatan undangan multiguna ini juga bertujuan agar undangannya tidak terbuang secara cuma-cuma. Untuk membuat undangan multiguna, kalian bisa membuat contoh surat undangan pernikahan yang dibentuk sebagai kalender, kipas tangan, maupun bingkai foto. Dengan begitu, undangan multiguna ini tetap bisa digunakan meski tanggal pernikahannya sudah lewat.

Undangan Bermotif, Adalah Contoh Surat Undangan Pernikahan

Contoh surat undangan pernikahan yang ketiga adalah dengan menggunakan undangan bermotif. Jika biasanya, banyak undangan yang memiliki bentuk dan warna yang klasik seperti emas atau coklat saja. Namun berbeda dengan jenis undangan yang satu ini, sebab sangat cocok jika kalian sedang mencari contoh surat undangan pernikahan yang lebih bermotif dan lebih berwarna.

Adapun pemakaian warna pada contoh surat undangan pernikahan yang satu ini adalah warna pink, kuning, orange dan warna pastel yang dipadukan dengan motif tropikal maupun tema lainnnya. Selain warna-warna pastel, kalian juga bisa memilih motif yang watercolor menggunakan cat air dalam pewarnaan motifnya. Tema watercolor ini sangat cocok jika digunakan untuk mewarnai motif bunga, daun, pohon dan lain sebagainya.

Undangan Bludru, adalah Contoh Surat Undangan Pernikahan

Pernahkah kalian melihat contoh surat undangan pernikahan yang dibalut dengan kain bludru? Biasanya bahan bludru ini banyak dipakai pada busana kebaya dan kotak cincin, namun sekarang kalian juga bisa menggunakan kain ini pada undangan pernikahan kalian. Dengan menggunakan jenis undangan bludru ini, dijamin tampilan undangan pun menjadi lebih elegan dan warna terang yang tegas.

Itu dia macam-macam contoh surat undangan pernikahan yang bisa kalian pilih. Surat undangan pernikahan di atas bisa kalian pesan sesuai dengan konsep dan tema pernikahan kalian ya. Jadi, pastikan kalian sudah memiliki konsep dan tema pernikahan, sehingga kalian akan lebih mudah dalam mendesain undangan pernikahan.

Contoh surat undangan pernikahan

Jenis Jenis Prosesi Pernikahan di Indonesia

Di Indonesia, terdapat berbagai macam prosesi pernikahan adat yang berbeda-beda sesuai dengan tradisi dan kebiasaan masing-masing daerah. Beberapa contoh prosesi pernikahan adat di Indonesia antara lain:

  1. Prosesi pernikahan adat Jawa: Prosesi pernikahan adat Jawa biasanya terdiri dari beberapa tahap, seperti tahap ngunduh (pengantin laki-laki menjenguk pengantin wanita di rumahnya), tahap pamitan (pengantin wanita mengucapkan selamat tinggal kepada keluarganya), tahap nyambut (pengantin wanita disambut oleh keluarga pengantin laki-laki), dan tahap resmi (upacara pernikahan yang dilakukan di hadapan saksi-saksi).
  2. Prosesi pernikahan adat Sunda: Prosesi pernikahan adat Sunda biasanya terdiri dari tahap paniti (pengantin laki-laki mengajak pengantin wanita ke rumahnya), tahap pamitan (pengantin wanita mengucapkan selamat tinggal kepada keluarganya), tahap nyambut (pengantin wanita disambut oleh keluarga pengantin laki-laki), dan tahap resmi (upacara pernikahan yang dilakukan di hadapan saksi-saksi).
  3. Prosesi pernikahan adat Batak: Prosesi pernikahan adat Batak biasanya terdiri dari tahap borngin (pengantin laki-laki menjenguk pengantin wanita di rumahnya), tahap pamitan (pengantin wanita mengucapkan selamat tinggal kepada keluarganya), tahap nyambut (pengantin wanita disambut oleh keluarga pengantin laki-laki), dan tahap resmi (upacara pernikahan yang dilakukan di hadapan saksi-saksi).
  4. Prosesi pernikahan adat Minangkabau: Prosesi pernikahan adat Minangkabau biasanya terdiri dari tahap ngundiang (pengantin laki-laki menjenguk pengantin wanita di rumahnya), tahap pamitan (pengantin wanita mengucapkan selamat tinggal kepada keluarganya), tahap nyambut (pengantin wanita disambut oleh keluarga pengantin laki-laki), dan tahap resmi (upacara pernikahan yang dilakukan di hadapan saksi-saksi).

Contoh Surat Undangan Pernikahan

Adat Sunda

Pernikahan adat Sunda adalah prosesi pernikahan yang merupakan bagian dari kebudayaan Sunda di Jawa Barat. Prosesi pernikahan adat Sunda terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

  • Seserahan: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki menyerahkan seserahan kepada calon pengantin perempuan. Seserahan terdiri dari beberapa barang, seperti: cincin, baju, sepatu, tas, dan lain-lain.
  • Mandi suci: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan mandi suci di masing-masing rumah sebelum prosesi pernikahan dilaksanakan. Mandi suci merupakan simbol bersih dari dosa dan keburukan.
  • Siraman: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan diberi siraman oleh orang tua atau keluarga. Siraman merupakan simbol bahwa calon pengantin telah siap untuk menjalani kehidupan baru sebagai suami istri.
  • Akad nikah: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan melakukan akad nikah di depan keluarga dan saksi-saksi.
  • Resepsi pernikahan: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga dan tamu-tamu diundang untuk merayakan pernikahan calon pengantin.

Adat Jawa

Prosesi pernikahan adat Jawa adalah prosesi pernikahan yang merupakan bagian dari kebudayaan Jawa di Jawa Tengah. Prosesi pernikahan adat Jawa terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

  • Ngunjung: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga calon pengantin laki-laki mengunjungi keluarga calon pengantin perempuan untuk memberitahu bahwa calon pengantin laki-laki ingin menikahi calon pengantin perempuan.
  • Merencanakan hari H: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga calon pengantin laki-laki dan perempuan bekerja sama untuk menentukan hari H pernikahan.
  • Panigangan: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga calon pengantin laki-laki dan perempuan berkumpul untuk mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah calon pengantin perempuan. Barang-barang tersebut terdiri dari makanan, minuman, dan keperluan sehari-hari.
  • Ngejot: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan mengelilingi desa atau kampung dengan menaiki kuda atau kendaraan lain. Ngejot merupakan simbol bahwa calon pengantin telah siap untuk menikah.
  • Seserahan: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki menyerahkan seserahan kepada calon pengantin perempuan. Seserahan terdiri dari beberapa barang, seperti: cincin, baju, sepatu, tas, dan lain-lain.
  • Siraman: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan diberi siraman oleh orang tua atau keluarga. Siraman merupakan simbol bahwa calon pengantin telah siap untuk menjalani kehidupan baru sebagai suami istri.
  • Akad nikah: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan melakukan akad nikah di depan keluarga dan saksi-saksi.
  • Resepsi pernikahan: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga dan tamu-tamu diundang untuk merayakan pernikahan calon pengantin.

Adat Batak

Prosesi pernikahan adat Batak adalah prosesi pernikahan yang merupakan bagian dari kebudayaan Batak di Sumatra Utara. Prosesi pernikahan adat Batak terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

  • Mengajak: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga calon pengantin laki-laki mengunjungi keluarga calon pengantin perempuan untuk memberitahu bahwa calon pengantin laki-laki ingin menikahi calon pengantin perempuan.
  • Merencanakan hari H: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga calon pengantin laki-laki dan perempuan bekerja sama untuk menentukan hari H pernikahan.
  • Mandi suci: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan mandi suci di masing-masing rumah sebelum prosesi pernikahan dilaksanakan. Mandi suci merupakan simbol bersih dari dosa dan keburukan.
  • Seserahan: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki menyerahkan seserahan kepada calon pengantin perempuan. Seserahan terdiri dari beberapa barang, seperti: cincin, baju, sepatu, tas, dan lain-lain.
  • Siraman: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan diberi siraman oleh orang tua atau keluarga. Siraman merupakan simbol bahwa calon pengantin telah siap untuk menjalani kehidupan baru sebagai suami istri.
  • Akad nikah: Tahap ini merupakan tahap dimana calon pengantin laki-laki dan perempuan melakukan akad nikah di depan keluarga dan saksi-saksi.
  • Resepsi pernikahan: Tahap ini merupakan tahap dimana keluarga dan tamu-tamu diundang untuk merayakan pernikahan calon pengantin.

Selain tahap-tahap di atas, dalam prosesi pernikahan adat Batak juga terdapat tahap-tahap lain seperti tahap pengasingan, tahap pelaminan, dan tahap pemotongan rambut.

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Contoh Surat Undangan Pernikahan
Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Contoh Surat Undangan Pernikahan
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^