BeritaKesehatan dan Gaya HidupNews

Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan – Buah naga merupakan salah satu buah yang mulai banyak disukai masyarakat Indonesia. Dahulu buah naga ini hanya dikonsumsi kalangan tertentu karena harganya yang belum terjangkau serta masih sedikitnya petani yang menanam buah naga.

Karena pada saat itu khasiat buah naga belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Sehingga mereka merasa kurang familiar dengan bentuk, rasa dan bahkan dengan buah naga itu sendiri. Apalagi konotasi buah naga terkesan menjadikan buah naga nama yang mengerikan dan jauh dari pikiran masyarakat mengenai khasiat buah naga.

Buah naga sendiri baru mulai dikenal setelah banyak petani mengembangkan dan banyak perusahaan-perusahaan perkebunan ikut berinvestasi besar-besaran pada produksi buah naga. Buah yang berbentuk bulat dan memiliki daging buah berwarna putih dengan titik titik biji di dalamnya untuk beberapa jenis pertama. Sementara untuk beberapa jenis kedua, terdapat buah naga yang memiliki daging buah berwarna ungu. Kedua-duanya sama sama memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan manusia.

Cara mengonsumsi buah naga dalam dunia moder sekarang tidak seperti dunia tradisional yang memakan buah naga langsung. Walaupun masih ada yang menjadikan buah naga langsung dimakan untuk makan siang, dijadikan snack anak anak untuk dimakan di sekolah. Tetapi trend memakan buah naga dengan cara dijadikan jus, dijadikan salad dengan mayonnaise dan juga bisa dimakan langsung.

4 Khasiat Buah Naga Bagi Kesehatan Ini Jarang Diketahui

Agar khasiat buah naga bagi kesehatan bisa terasa. Maka disarankan untuk mengonsumsi buah naga tiga kali seminggu minimal. Tentu saja agar anda tidak bosan dengan buah naga. Anda bisa menjadikan olahan buah naga seperti salad, dijadikan jus, dijadikan campuran dengan buah lain atau dimakan langsung juga bisa.

Serta dengan dijadikan selingan alternatif dengan buah buahana yang lain agar anda tidak cepat bosan. Nah, berikut beberapa khasiat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui:

1. Menurunkan berat badan

Pertama, khasiat buah naga sangat dirasakan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Karena buah naga memiliki khasiat menurunkan berat badan. Kandungan buah naga yang penuh dengan protein, rendah karbohidrat dan lemak tentunya sangat cocok bagi mereka yang menjalankan diet rendah karbo dan mengandalkan asupan protein untuk tubuh anda.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kedua, khasiat buah naga cocok bagi mereka yang bermasalah dengan kolesterol. Karena buah naga berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol dengan kandungan B3 yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Mengonsumsi buah naga secara teratur juga bisa menurunkan potensi terkena jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah karena penurunkan kolesterol di dalam tubuh.

3. Baik untuk penderita diabetes

Ketiga, khasiat buah naga cocok bagi kesehatan penderita diabetes. Karena penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula atau glukosa dalam jumlah tinggi. Sementara rasa manis di dalam buah naga tidak mengandung kadar glukosa. Kadar glukosanya sangat rendah sehingga cocok dikonsumsi untuk mereka yang bermasalah dengan diabetes.

4. Meningkatkan daya tubuh dan stamina

Keempat, khasiat buah nagar ternyata cocok untuk meningkatakan daya tahan tubuh dan stamina. Hal ini karena khasiat buah naga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga memberikan stimulus bagi tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagi anda yang sering sakit, atau sedang mengalami musim pancaroba dan berada dalam tekanan kerja yang banyak. Anda bisa mengonsumsi buah naga agar mendapatkan khasiat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Kandungan Vitamin Buah Naga

Buah naga atau pitahaya merupakan buah yang tumbuh di pohon naga atau cactus. Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah naga adalah:

  1. Vitamin C: Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu sekitar 60-90 mg per 100 gram. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan penyakit degeneratif lainnya.
  2. Vitamin B: Buah naga mengandung beberapa jenis vitamin B, seperti vitamin B1, B2, dan B3. Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi dan membantu metabolisme tubuh.
  3. Mineral: Buah naga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, fosfor untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, dan zat besi untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh.
  4. Serat: Buah naga mengandung serat yang tinggi, yaitu sekitar 2-3 gram per 100 gram. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan usus.
  5. Antioksidan: Buah naga juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel tubuh. Antioksidan juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, buah naga juga mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jumlah kandungan nutrisi tersebut dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi tanaman yang digunakan.

Khasiat Buah Naga

Buah Naga Bisa di Olah Jadi Apa Saja sih ?

Buah naga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Beberapa olahan dari buah naga adalah:

  1. Jus: Buah naga dapat diolah menjadi jus yang segar dan menyegarkan. Jus buah naga dapat dicampur dengan buah lain seperti jeruk, apel, atau anggur untuk memberikan rasa yang lebih segar.
  2. Es krim: Buah naga dapat diolah menjadi es krim yang lezat dan segar. Es krim buah naga dapat dicampur dengan es krim lain seperti es krim cokelat atau es krim vanila untuk memberikan rasa yang lebih kompleks.
  3. Salad: Buah naga dapat ditambahkan ke dalam salad sebagai tambahan nutrisi dan rasa yang segar. Buah naga dapat dicampur dengan sayuran segar lainnya seperti selada, tomat, atau paprika.
  4. Kue: Buah naga dapat diolah menjadi kue seperti kue lapis atau pie. Buah naga dapat dicampur dengan tepung, mentega, dan telur untuk membuat adonan kue yang lezat.
  5. Smoothie: Buah naga dapat diolah menjadi smoothie yang segar dan menyegarkan. Smoothie buah naga dapat dicampur dengan buah lain seperti pisang, apel, atau stroberi untuk memberikan rasa yang lebih kompleks.
  6. Aneka kue basah: Buah naga dapat diolah menjadi aneka kue basah seperti kue kukus atau kue bolu. Buah naga dapat dicampur dengan tepung terigu, mentega, dan telur untuk membuat adonan yang lezat.

Selain itu, buah naga juga dapat diolah menjadi aneka makanan lain seperti puding, es campur, atau makanan ringan seperti keripik atau permen. Namun, perlu diingat bahwa buah naga tidak dapat dikonsumsi mentah karena kulitnya yang keras dan tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Khasiat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga memiliki beberapa manfaat yang dapat bermanfaat bagi ibu hamil, diantaranya:

  1. Sumber vitamin C: Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat membantu ibu hamil menjaga sistem kekebalan tubuhnya selama masa kehamilan. Vitamin C juga dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan kulit dan rambutnya selama masa kehamilan.
  2. Sumber serat: Buah naga mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan ususnya selama masa kehamilan. Serat juga dapat membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit yang sering terjadi selama masa kehamilan.
  3. Sumber antioksidan: Buah naga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh ibu hamil dari radikal bebas yang merusak sel tubuh. Antioksidan juga dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darahnya selama masa kehamilan.
  4. Sumber mineral: Buah naga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil selama masa kehamilan. Kalium berperan dalam menjaga tekanan darah, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, fosfor untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, dan zat besi untuk mengirim oksigen ke seluruh tubuh.
  5. Menjaga kadar gula darah: Buah naga mengandung gula yang rendah dan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat membantu ibu hamil menjaga kadar gula darahnya yang stabil selama masa kehamilan.

Namun, meskipun buah naga memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil, ibu hamil tetap harus memperhatikan asupan makanan yang seimbang dan teratur selama masa kehamilan agar terhindar dari risiko kekurangan nutrisi. Selain itu, ibu hamil juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menambahkan buah naga ke dalam menu makanan selama masa kehamilan.

Sekian artikel mengenai khasiat buah naga, Semoga Bermanfaat

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Khasiat Buah Naga
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Khasiat Buah Naga
Price
USD 0
Product Availability
Available in Stock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^