Cara Memperbaiki Mood yang Buruk

  • Whatsapp

Cara Memperbaiki Mood yang Buruk

anda pasti pernah malas untuk mengerjakan pekerjaan. Bahkan, kehilangan hasrat akan pekerjaan anda. Menurut kasandra Putranto, psikolog dari Psychological Practice kasandra & associates, mengatakan bahwa mood merupakan salah satu faktor penentu performa seseorang. Mood yang tidak baik atau bad mood akan menurunkan kualitas dan produktivitas anda. Mood yang buruk juga akan memengaruhi interaksi anda dengan rekan kerja dan atasan. akibatnya, anda berpotensi kehilangan kepercayaan atau bahkan terlibat dalam konflik serius dengan kolega. Lebih parah, mood yang buruk dan berlangsung lama juga bisa membuat seseorang mengalami depresi, sebuah gangguan kejiwaan kronis yang diakibatkan oleh tekanan hidup.

 

cara-memperbaiki-mood

 

3 Hal Penentu Mood

Jika anda tidak ingin terjebak dalam lingkaran setan mood buruk yang dapat menghancurkan karier dan hidup anda, pelajari cara mengendalikan mood. Menurut kasandra Putranto, langkah awal yang perlu diketahui adalah tiga hal dasar yang menentukan mood. ?

  • Kondisi fisiK

Walaupun mood identik dengan faktor kejiwaan, tapi hal itu tak bisa dilepaskan dari kondisi fisik anda. itu tampak saat anda merasa lelah secara fisik, maka mood anda akan cenderung menurun. kondisi fisik yang menurun, entah karena kurang tidur, malnutrisi, atau kegiatan berlebih, akan memengaruhi hormon tubuh.

 

saraN kasaNdra Jaga kualitas tidur, atur pola makan secara teratur, dan cukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Jika ketiga poin ini telah terpenuhi, anda akan memiliki badan yang prima untuk beraktivitas dan berolahraga sehingga dapat bekerja dengan bersemangat. ?

 

  • Keadaan PiKiran

Mood yang baik tak bisa dilepaskan dari keadaan pikiran yang positif. itu bukan datang dengan sendirinya, melainkan dilatih atau dibiasakan. Jika seseorang terbiasa melihat suatu hal dengan prespektif positif, maka mood-nya pun akan cenderung positif.

 

saraN kasaNdra untuk membangun mood yang baik harus dibiasakan untuk melatih otak untuk dapat merasakan rasa senang. anda harus berlatih bagaimana mengelola suatu hambatan dengan positif dan senang. kuncinya ialah pikiran anda harus “di atas” mood atau mind over mood. artinya, pikiran andalah pengendali mood. ?

Baca Juga  Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan

 

  • Kualitas aKtivitas

rutinitas yang terjadwal secara teratur juga dapat menentukan mood anda. itu bisa dimulai dengan membuat jadwal aktivitas harian. Saran KaSandra Bila mood terganggu, kemungkinan besar anda memiliki kebiasaan atau rutinitas yang kurang baik. anda harus segera mengubahnya. Contohnya, anda bisa membiasakan diri untuk bangun pagi, sarapan, dan berolahraga. Kebiasaan itu akan dengan sendiri membuat mood anda relatif segar sepanjang hari.

 

Cara Praktis NaikkaN Mood

Setelah anda memahami tiga dasar itu, anda pasti tahu langkah-langkah selanjutnya untuk membuat mood tetap baik. Untuk memudahkannya, kami berikan beberapa referensi hal-hal praktis untuk meningkatkan dan mengembalikan mood anda jadi lebih baik.

 

  • 1. BanGun paGi

bahwa membuka tirai kamar saat baru bangun tidur dan membiarkan tubuh terpapar sinar matahari dapat membantu anda merasa lebih senang sepanjang hari. “Bangun pagi memungkinkan kita mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi aktivitas hari ini,” terang Kasandra.

 

  • 2 Mendengarkan Musik yang Bersemangat

Menurut penelitian dari Universitas Missouri pada 2013, mendengarkan musik yang bersemangat dapat meningkatkan mood anda. Hal itu tidak hanya membuat anda terbawa suasana, namun juga membuat pikiran anda tidak bekerja secara berlebihan. “Musik akan masuk melalui sistem sensorik, yaitu telinga. Ketika musik masuk melalui sensorik, ada dua hal yang masuk: irama dan lirik. Saat masuk ke otak dan kemudian diolah, otak akan mencerna musik tersebut dan mengirim sinyal motorik ke seluruh tubuh. Sensorik yang masuk ke dalam tubuh ini dapat mempengaruhi mood tersebut,” ujar Kasandra.

 

  • 3. Tersenyumlah

penelitian di Universitas Clark, satu grup partisipan diminta untuk senyum dan grup lainnnya diminta untuk mengerut. Ketika kedua grup ditunjukkan beberapa gambar kartun lucu, grup senyum tertawa dan menganggap gambar tersebut lebih lucu ketimbang grup mengerut. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa tindakan sederhana seperti senyum ternyata dapat mengaktifkan pusat kebahagiaan di otak kita. “Dengan tersenyum, kita akan melihat segala sesuatunya dengan positif dan senang. Ini sangat mempengaruhi mood kita. Jika kita senang dan positif, tentunya mood kita juga akan terjaga dengan baik,” terang Kasandra.

Baca Juga  Cara Mengatasi Kram Otot Betis Saat Olahraga

 

  • 4 Nikmati liburaN akhir pekan

Jangan hanya jadwal  meeting dan deadline yang Anda susun di kalendar! Masukkan berbagai jenis kegiatan pribadi yang menyenangkan akhir pekan ini, seperti liburan keluarga, rencana akhir pekan bersama pasangan, bermain dengan anak, dan lain-lain. Cara itu akan membuat Anda lebih bersemangat bekerja. “Membayangkan atau membuat rencana di luar pekerjaan termasuk ke dalam kategori cognitive behavior dan cenderung akan membuat Anda lebih bersemangat dan senang,” kata Kasandra.

 

  • 5 Cobalah untuk berjalan kaki,

BerjalaN kaki setidaknya 30 menit dalam sehari. Anda bisa melakukannya di pagi, siang, sore, atau malam hari. Atau, yang paling mudah, berjalan kakilah sebelum Anda memulai makan siang Anda. Di kantor, Anda dapat berjalan kaki 2 – 5 menit. Ini dapat meningkatkan mood sekaligus kesehatan Anda. “Berjalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga. Setelah berolahraga kita akan merasa lelah dan biasanya kita akan bisa tidur lelap. Kebiasaan ini membuat pola tidur kita lebih teratur tiap malam. Memiliki kebiasaan tidur yang teratur dan baik jelas akan mempengaruhi performa kita,” ujar Kasandra.

 

  • 6 tertawa

Tentunya, Anda tidak disarankan  untuk tertawa setiap saat dan tanpa akibat, itu tentu justru akan membuat orang-orang di sekitar Anda melipir dan kabur. Tapi, tertawalah jika ada kesempatan yang baik untuk tertawa. Menurut penelitian dari Universitas Stanford yang dirilis dalam jurnal Prevention, tertawa dapat meningkatkan dopamin di otak, suatu unsur kimia yang dapat mengangkat suasana hati. Tertawa juga dapat memperlancar suplai oksigen ke otak kita.

Baca Juga  RAHASIA !!! Cara Mengetahui Kepribadian Orang dari Matanya

 

  • 7 hiNdari kebiasaaN meNuNda

Kita tahu bahwa daftar yang ada di to do list sering menakuti perasaan kita. Mungkin, Anda tidak menyadari bahwa tugas-tugas tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap mood kita. “Saya sering membuka agenda di pagi hari dan memikirkan apa saja yang akan saya lakukan hari ini. Setelah itu, saya akan mengatur mana saja yang akan saya lakukan dan mana yang tidak. Kebiasaan mengelola sesuatu ini akhirnya membuat saya terbiasa melakukannya. Ini disebut sebagai activating behavior, sesuatu yang diakibatkan oleh pembiasaan dan latihan terus menerus,” ujar Kasandra.

 

  • 8 rapikaN meja kaNtor

Hal ini dapat memberikan  mindset yang baik untuk bekerja dan tentunya akan meningkatkan mood. “Menata atau merapihkan meja kantor Anda ialah salah satu bentuk dari aktivasi perilaku. Dari foto-foto pajangan yang kita taruh, otak kita akan bekerja dan berfikir secara positif untuk melakukan pekerjaan secara bahagia dan bersemangat,” papar Kasandra.

 

  • 9 relaksasi daN meditasi

Cara ini perlu Anda coba. Ritme  rutinitas harian yang padat akan membuat tubuh dan pikiran bekerja dengan cepat. Saat malam hari – atau kapanpun Anda sempat, luangkan waktu untuk bermeditasi. Atur napas secara teratur dan perlahan untuk menurunkan ritme kerja jantung. Hal ini akan membuat Anda lebih segar dan mood Anda akan membaik setelahnya.

 

  • 10 tidur teratur

Sebaiknya, Anda memiliki waktu  tidur yang cukup dan teratur. “Jika kualitas tidur Anda baik dan teratur, maka Anda akan memiliki kebiasaan hidup yang prima untuk beraktivitas dengan baik,” ucap Kasandra

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.