BeritaKesehatan dan Gaya HidupLain-LainOlahraga

Manfaat Masker Bengkoang Mustika Ratu untuk Wajah

Manfaat Masker Bengkoang Mustika Ratu untuk Wajah – Tanaman bengkuang atau lebih dikenal dengan pelafalan bengkoang (Pachyrhizus erosus) populer karena umbi putih mereka yang dapat dimakan. Tumbuhan ini akan membentuk akar umbi (cormus) dalam bentuk cenderung bulat dengan berat yang bisa mencapai 5 kg.

Kulit umbi tipis berwarna kuning pucat kecoklatan sesuai tanah tumbuhnya, dan bagian dalamnya berwarna putih mengandung cairan segar agak manis. Rasa manis yang ada pada umbi tersebut berasal dari oligosakarida yang disebut inulin.

Di dalam buah bengkuang mengandung gula, pati, fosfor, dan kalsium. Bengkuang ini juga dipercaya memiliki efek pendinginan karena mengandung kadar air hingga 86-90%.

Dengan beberapa kandungan tersebut, banyak manfaat bengkuang yang diolah menjadi masker, yaitu sebagai berikut.

Manfaat Masker Bengkoang

Dengan menghaluskan dan menerapkannya menjadi masker, bengkoang memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Meregenerasi kulit wajah yang kusam

Manfaat masker bengkoang ini dapat kita rasakan karena bengkoang kaya vitamin B dan C, yang sangat penting untuk membersihkan kulit dan membuatnya bersih. Vitamin C yang terdapat di dalam bengkoang akan memberikan rangsangan pada sel-sel kulit untuk beregenerasi secara optimal.

2. Menyamarkan flek hitam pada wajah karena bekas jerawat

Tidak hanya kecerahan, penggunaan masker bengkoang secara teratur pada wajah juga akan menyamarkan dan menghilangkan flek hitam bekas luka jerawat. Apabila kulit merespon dengan baik, bahkan bopeng juga bisa disamarkan hingga rata.

3. Mengecilkan pori-pori pada kulit wajah

Kotoran dan sel-sel mati di wajah yang menumpuk di dalam pori-pori, dan menyebabkan berbagai masalah, akan hilang seiring dengan penggunaan bengkoang pada wajah secara teratur. Hal tersebut akan berbanding lurus dengan lubang pori-pori yang mengecil dan tidak terlihat.

4. Mengurangi minyak berlebih di wajah

Selain akan membersihkan kotoran dan sel kulit mati di bagian wajah, manfaat masker bengkoang juga bisa menyerap minyak dari wajah. Dengan begitu kita akan terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

Mengaplikasikan Masker Bengkoang

Sebenarnya untuk mendapatkan manfaat masker bengkoang kita tidak perlu repot membuatnya sendiri. Kini sudah semakin banyak produk kecantikan yang menggunakan buah bengkuang sebagai bahan dasar.

Akan tetapi, beberapa hal seperti campuran bahan kimia dan mudahnya bengkuang segar didapatkan hari ini baik untuk dipertimbangkan apabila kita ingin mengolahnya sendiri secara alami.

Cara Meracik Masker Bengkoang

Cara meracik dan mendapatkan manfaat masker bengkoang yang sehat dan alami tidaklah sulit. Kita juga tidak memerlukan banyak waktu. Simak cara-caranya berikut ini.

Siapkan 1 buah bengkoang segar, bersihkan kulitnya dan kemudian cuci sampai bersih. Kita dapat memilih untuk memotongnya menjadi ukuran kecil apabila ingin menggunakan alat blender atau bisa juga potongan besar apabila dengan cara diparut.

Peras bubur bengkuang yang sudah didapatkan dan kemudian air perasan tersebut dibiarkan beberapa saat hingga mengendapkan sari pati. Endapan tersebutlah yang kemudian akan digunakan sebagai masker alami.

Bukan hanya bengkuang tunggal saja yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat masker bengkoang, kita juga dapat menambahkan beberapa bahan yang tentu saja memiliki manfaat untuk kecantikan wajah.

Manfaat Masker Bengkoang

Cara membuat masker bengkoang dan tambahan telur

Ambil 1 buah bengkoang lalu kupas dari kulitnya dan kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu, parut hingga menjadi bubur dan ambil sari patinya dengan cara mengendapkan air perasan bubur bengkuang untuk beberapa saat.

Selanjutnya, kita dapat mencampurkan putih telur dari 1 butir telur ke dalam endapan dan aduk rata.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Tipes pada Anak dan Pencegahannya

Cara membuat masker bengkoang dan tambahan madu

Buat bubur bengkuang dengan cara menghaluskannya dan ambil sari patinya. Campurkan sari pati dengan 3 sendok madu alami menggunakan blender.

Cara membuat masker bengkoang dan tambahan jeruk nipis

Apabila kita menggunakan blender, kita bisa menghaluskan bengkoang dan jeruk nipis secara bersamaan di dalam blender. Blender jeruk nipis dan bengkuang secara bersamaan dan setelah itu endapkan untuk mengambil saripati.

Cara membuat masker bengkoang dan tambahan minyak zaitun

Buat bubur buah bengkuang dengan cara menghaluskannya tanpa campuran air, kemudian ambil sari patinya dan campurkan dengan 2 sendok minyak zaitun murni. Akan lebih baik apabila kita mencampurkan kedua bahan ini dengan blender karena keduanya cukup sulit tercampur apabila hanya dengan adukan tangan.

 

 

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Manfaat Masker Bengkoang Mustika Ratu untuk Wajah
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Manfaat Masker Bengkoang Mustika Ratu untuk Wajah
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^