BahasaBeritaKesehatan dan Gaya Hidup

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris untuk Interview

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris untuk Interview – Sepuluh sampai dua puluh tahun yang lalu, pengunaan Bahasa inggris mungkin belum begitu familiar dalam dunia pergaulan di Indonesia. Bahasa inggris hanya dikuasai segelintir orang yang bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN dan minyak dan gas. Sementara yang bekerja menjadi aparatur negara dan pegawai swasta, bahasa inggris hanya menjadi pilihan jika anda diminta untuk bersiap-siap naik karir.

Akan tetapi waktu berubah begitu cepat. Beberapa tahun terakhir bahasa inggris menjadi primadona. Selain menjadi syarat wajib bagi tes masuk kampus atau semua perguruan tinggi di Indonesia. Bahasa inggris juga menjasi syarat lulus, syarat melanjutkan studi pascasarjana. Hingga syarat melamar di beberapa dunia kerja.

Booming bahasa inggris sebagai bahasa dunia kerja dan dunia akademik. Tidak bisa dipisahkan dari globalisasi dengan ditandai masuknya investasi asing di Indonesia. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang bisa berbahasa inggris menajdi sangat dibutuhkan. Sehingga lembaga-lembaga kursus pun mulai berjamuran muncul di berbagai daerah.

Perkenalan Bahasa Inggris untuk Interview

Fenomena booming bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan ini menarik

Serta memberikan peluang positif bagi sumber daya manusia indonesia untuk kompetitif di dunia kerja. Ketika anda memutuskan untuk bersaing dengan dunia global. Maka mau tidak mau anda harus memahami bahasa inggris dengan baik dan benar. Karena partner-partner anda kedepan bukan lagi antar suku masyarakat Indonesia. Tetapi sudah negara tetangga dan negara asing lainnya.

Fakta ini juga diperkuat dengan dibukanya Masyarakat Ekonomi Asean. Dimana dengan pembukaan masyarakat ekonomi asean. Arus barang dan lalu lintas di negara-negara anggota asean semakin sering. Jika anda belum mengetahui, bahwa sejak beberapa tahun yang lalu. Negara-negara anggota asean bisa melakukan perjalanan ke seluruh asean bebas visa. Bebas visa selama 30 hari ini meningkatkan kunjungan masyarakat asing ke indonesia. Terutama pada bidang pariwisata dan bisnis.

Itulah mengapa kemudian dampak masyarakat ekonomi asean pada bisnis dan pariwisata. Kemudian membuat perkembangan ekonomi pariwisata dan bisnis membutuhkan sumber daya manusia yang mampu berbahasa inggris. Jasa kuliner, perhotelan, hingga unit usaha mikro kecil dan menengah saja diserbu wisatawan asing ketika berwisata ke indonesia.

5 Tips Perkenalan Bahasa Inggris Untuk Interview Agar Berhasil

Nah, jika Andasedang mempertimbangkan untuk bekerja di beberapa perusahaan yang mensyaratkan anda bisa bahasa inggris. Maka anda perlu mempersiapkan diri saat dipanggil wawancara. Biasanya di saat wawancara bahasa yang digunakan adalah dengan perkenalan bahasa Inggris untuk interview. Karena dengan menggunakan bahasa inggris, biasanya wawancaranya lebih terfokus, tidak bertele-tele saat seperti anda diwawancarai dalam bahasa indonesia.

Wawancara bahasa inggris biasanya substansinya sama ketika wawancara dalam bahasa indonesia. Tetapi anda harus memahami sebuah sesi wawancara dalam bahasa inggris yang terlebih dahulu dibuka dengan sesi perkenalan bahasa Inggris untuk interview.

Pembukaan sesi perkenalan ini biasanya akan dibuka oleh tim interview. Mereka akan meminta anda untuk duduk, anda sebelum duduk lakukan etiket menanyakan apakah boleh duduk. Jika sudah dipersilakan langsung duduk saja. Kemudian mereka akan menanya kabar hal hal sederhana sebelum memulai masuk ke dalam sesi perkenalan, lalu bagaimanakah tipsnya agar perkenalan bahasa Inggris untuk interview bisa berhasil?

 

1. Bersalaman

2. Jelaskan diri Anda secara singkat

3. Jelaskan kelebihan Anda

4. Pelajari dan ketahui profil perusahaan lebih dalam

5. Menguasi job desc pekerjaan yang dilamar

Sesi perkenalan biasanya anda akan diminta menjelaskan diri anda selama kurang lebih satu menit. Lalu apa yang bisa anda jelaskan dalam kurun waktu satu menit tersebut. Anda harus bisa berlatih di rumah.

Ulangi terus format perkenalan ini agar anda bisa lancar ketika memperkenalkan. Tahap awal anda memperkenalkan nama anda, asal daerah, umum (optional, pada beberapa perusahaan umur agak tabu), kemudian besar dimana. Serta kemudian pengalaman menempuh sekolah dimana. Serta pekerjaan-pekerjaan sebelumnya apa. Anda bisa menjelaskan hobi dan juga kesukaan favorit anda.

Seperti berikut: Hai, good morning everyone. My name is Joko, and I was born in Malang, 25 years ago. And I am graduated from communication department from Malang University. After graduation, I joined PT Telkom for 3 years in the public relation position.

Contoh Perkenalan Bahasa Inggris untuk Interview

Berikut adalah contoh perkenalan dalam bahasa Inggris untuk interview:

“Hello, my name is [nama Anda]. I am [usia] years old and currently live in [tempat tinggal]. I am excited to be here for this interview and am grateful for the opportunity to speak with you about the [posisi yang dilamar] position. I have [jumlah tahun pengalaman] years of experience in [bidang yang terkait] and believe that my skills and knowledge make me a strong candidate for this role. Thank you for considering me for this opportunity.”

Catatan: Jangan lupa untuk menyesuaikan perkenalan Anda sesuai dengan informasi yang relevan dan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Contoh Tanya Jawab Interview

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang mungkin diajukan dalam sebuah interview kerja dan jawaban yang mungkin diberikan dalam bahasa Inggris:

  1. Can you tell me a little bit about yourself? “Sure. My name is [nama Anda] and I am [usia] years old. I grew up in [tempat tinggal] and received my [jenjang pendidikan] degree in [bidang studi] from [nama universitas]. Prior to this, I have worked in [nama perusahaan] as a [posisi] for [jumlah tahun] years. In my free time, I enjoy [hobi Anda].”
  2. What are your strengths? “I believe that my strengths include [kekuatan Anda]. For example, I am very [kekuatan pertama] and have consistently received positive feedback from my superiors for my [kekuatan kedua]. In addition, I am highly [kekuatan ketiga] and am always looking for ways to improve my skills and knowledge in this area.”
  3. What are your weaknesses? “One of my weaknesses is that I can sometimes be too [kelemahan Anda]. I am working on this by [cara mengatasi kelemahan Anda], such as [solusi pertama] and [solusi kedua]. I believe that it is important to recognize and address our weaknesses in order to continuously improve ourselves.”
  4. Why work for this company? “I have always been impressed by the [hal yang menarik tentang perusahaan] at [nama perusahaan]. In addition, the company’s focus on [fokus perusahaan] aligns with my own values and career goals. I believe that working for this company would not only allow me to use my skills and knowledge to make a positive impact, but also provide me with valuable opportunities for growth and development.”

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris untuk Interview
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris untuk Interview
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^