BeritaLain-LainParentingPendidikan

Aktuaria Adalah, Mengenal Jurusan, Ilmu, Jasa Sains Aktuaria

Aktuaria Adalah, Mengenal Jurusan, Ilmu, Jasa Sains Aktuaria – Bingung memilih jurusan tepat apa yang akan ditekuni setelah lulus SMA? Jurusan yang dipilih sebaiknya berkaitan dengan bidang pekerjaan yang hendak ditekuni di masa depan. Ada berbagai macam bidang yang bisa dipilih dan dipertimbangkan dari sekarang. Baik itu bidang seni, ilmu pasti atau ilmu sosial.

Penting sekali bagi siswa untuk bisa memilih jurusan apa yang tepat baginya. Begitu pula dengan orang tua yang bisa memutuskan apakah bakat dan minat anak sesungguhnya. Biasanya memilih jurusan diawali dengan melihat seberapa besar peluang kerja yang dimiliki bidang ilmu tersebut.

Ilmu pasti seperti matematika, fisika, kimia dan lain sebagainya adalah jenis ilmu yang memiliki peluang kerja tinggi. Di antara berbagai macam jurusan ilmu pasti, salah satu yang kini banyak
Aktuaria Adalah Ilmu Keuangan dengan Peluang Kerja Tinggi

Pengertian Aktuaria Adalah

Apakah Anda pernah mendengar aktuaria? Apakah jenis pekerjaan ini dan bagaimana perannya di dunia kerja? Istilah ini mungkin masih asing ditelinga masyarakat Indonesia, tetapi di luar negeri seperti Amerika aktuaria justru paling banyak diperbincangkan. Seseorang yang menggeluti dunia industri pasti mengenal apa itu aktuaria.

Aktuaria adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai pengelolaan keuangan dan mengenali risiko keuangan yang akan datang. Ilmu ini adalah kombinasi antara matematika, peluang hingga statistik. Jika dilihat dalam peluang pekerjaannya, tidak hanya di Indonesia saja seorang dengan ilmu dicari.

Profesi ini berhubungan dengan pengukuran dan pengelolaan resiko finansial dengan menggunakan matematika, statistik, dan ilmu lainnya. Aktuaria biasanya bekerja di perusahaan asuransi, bank, dan perusahaan keuangan lainnya, dimana mereka menggunakan model matematika untuk menganalisis dan memprediksi kemungkinan kejadian di masa depan, seperti kematian, kecelakaan, atau kehilangan aset. Aktuaria juga bertanggung jawab untuk mengelola risiko finansial dengan cara menciptakan dan mengelola produk keuangan seperti polis asuransi, dana pensiun, dan reksa dana.

Di luar negeri orang yang menguasai ilmu aktuaria banyak dicari dan memiliki penghasilan terbesar. Biasanya perusahaan yang membutuhkannya adalah asuransi dan perbankan.

Mengenal Jurusan Aktuaria di Indonesia dan Daftar Kampusnya

Jadi apakah Anda tertarik untuk mempelajari ilmu aktuaria? Di masa depan Anda akan bekerja dengan bidang keuangan oleh karena itu mempelajarinya di tingkat perguruan tinggi sangatlah penting. Aktuaris adalah orang yang sudah mempelajari ilmu aktuaria selama beberapa tahun.

Demi mendapatkan gelar seorang aktuaris, maka diperlukan sekolah dengan jurusan aktuaria. Mempelajari ilmu ini tidak perlu sampai pergi ke luar negeri, beberapa universitas di Indonesia juga menawarkan bidang ini.

Mana saja universitas di Indonesia yang memiliki jurusan aktuaria? Berikut ini lima perguruan tinggi negeri yang harus menjadi daftar pilihan Anda.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jurusan aktuaria di Institut Teknologi Sepuluh Nopember berada dalam Fakultas Matematika, Komputasi, dan Sains Data (FMKSD). Tentu saja semua ilmu tersebut berhubungan dengan jurusan ilmu seorang aktuaris. Tak hanya itu saja, demi mendapatkan kurikulum yang terbaik universitas ini telah bekerja sama dengan University of Waterloo. Keunggulan dari jurusan aktuaria di sini akan mempelajari mengenai asuransi bencana, syariah, dan kelautan.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan aktuaria di ITB sendiri sudah dimulai sejak tahun 1998 tapi itu baru untuk magister saha. Pada tahun 2018 lalu, ITB sudah membuka jurusan aktuaria untuk program sarjana dilihat animo masyarakat yang banyak membutuhkannya. Pada angkatan pertama tersebut, ITB telah menerima sebanyak 50 mahasiswa dan diprediksi masih akan meningkat setiap tahunnya.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sebelum ITB, IPB pada tahun 2017 telah membuka jurusan aktuaria. Jurusan ini dibuka masih dalam payung FMIPA. Hingga saat ini, IPB masih memimpin dalam jurusan aktuaria. Hampir seluruh mahasiswanya sangat menguasai matematika untuk menduga risiko dan memproyeksikan akumulasi cash flow hingga perhitungan present value. Semua teori aktuaria secara lengkap diajarkan dalam jurusan ini.

4. University Gadjah Mada (UGM)

Masih tergolong baru, jurusan ini di UGM juga baru dimulai tahun ajaran 2018/ 2019. UGM telah bekerja sama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dan juga PT ASuransi Jasa Indonesia. Tujuan kerja sama ini adalah untuk menciptakan 1000 lulusan untuk menjadi aktuaris. Kerjasama ini juga melibatkan mahasiswa untuk melakukan perkuliahan untuk mengikuti ujian profesi dan sertifikasi.

5. Universitas Indonesia

Tidak melewatkan kesempatan untuk jurusan aktuaris, Universitas Indonesia juga telah membukanya. Ada dua cara untuk bisa masuk jurusan aktuaria di UI, pertama jalur tes dan kedua jalur prestasi. Misalnya saja jika Anda telah memiliki banyak prestasi di bidang sains maka bisa digunakan untuk mendaftar.

Jadi universitas manakah yang akan kamu pilih untuk bisa mempelajari ilmu perhitungan keuangan untuk asuransi ini? Mempelajari aktuaria adalah kesempatan untuk memperoleh masa depan karir yang lebih baik.

Bagaimana Menjadi Seorang Aktuaris yang Profesional

Apa itu aktuaria sudah sangat jelas dipaparkan bahwa ilmu ini berkaitan dengan pengelolaan risiko uang yang berhubungan dengan asuransi. Berbagai macam jenis asuransi di Indonesia kini mulai berjamuran, sayangnya tenaga aktuaris yang dibutuhkan tidak mumpuni.

Diperkirakan saat ini tenaga aktuaris yang dibutuhkan mencapai 400 orang. Saat ini baru 350 orang saja yang termasuk dalam anggota PAI dan yang memiliki sertifikasi hanyalah 150 orang. Mengapa jumlah ini sangat sedikit dipengaruhi oleh lulusan jurusan aktuaria kebanyakan tidak bekerja di perusahaan asuransi.

Mereka lebih memilih untuk bekerja sebagai konsultan aktuaria sehingga ilmu dapat diterapkan di berbagai industri jasa keuangan. Jadi kesempatan untuk menjadi aktairus profesional yang bekerja di perusahaan asuransi masih terbuka sangat lebar.

Mengingat peluang kerja aktuaria adalah lebih besar maka bagaimana cara untuk menjadi aktairus yang profesional? Setelah lulus mengemban pendidikan aktuaria di universitas lantas Anda tidak bisa langsung disebut sebagai aktuaris. Sama seperti mengikuti jurusan kedokteran selama 4 tahun masih belum bisa disebut sebagai dokter atau tenaga ahli.

aktuaria adalah

Para lulusan ini harus mengikuti ujian sertifikasi untuk mendapatkan profesi sebagai Actuarial Analyst. Besaran gaji sebagai Actuarial Analyst adalah sekitar 4 hingga 7 juta. Ujian sertifikasi yang diselenggarakan ada lima tahapan dan setelah lulus semuanya Anda bisa menjadi Associate Societies Actuary Indonesia (ASAI).

Pada tingkatan ini gaji juga akan mengikuti dan naik menjadi 10-25 juta rupiah. Tidak berhenti disitu, jabatan masih bisa naik lagi menjadi Manager Actuary dengan gaji sekitar 38 juta. Apabila lulus dari tingkatan Fellow akan mendapatkan gelar Fellow Societies Actuary Indonesia dan disinilah gaji Anda bisa mencapai 50 juta.

Karir masih bisa terus naik hingga akhirnya Anda bisa menjadi seorang Direktur Keuangan. Bagaimana apakah tertarik menjadi seorang aktuaris dengan gaji yag sangat tinggi? Sebaiknya persiapkan diri untuk mengikuti berbagai macam ujian sertifikasi dari sekarang.

Kesimpulan
Tanggal
Judul
Aktuaria Adalah
Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Aktuaria Adalah
Price
USD 0
Product Availability
Available in Store Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Hy Guys

Tolong Matikan Adblock Ya. Situs ini biaya operasionalnya dari Iklan. Mohon di mengerti ^^