Beginilah Teknologi Terbaru di Bidang Otomotif

  • Whatsapp
[Total: 0    Average: 0/5]

Beginilah Teknologi Terbaru di Bidang Otomotif

Empat Megatrend Teknologi Ubah Model Bisnis Industri Otomotif. Digitalisasi terus mendisrupsi berbagai sektor industri, tak terkecuali industri pemasok otomotif. Roland Berger & Lazard memaparkan empat megatrend yang harus diwaspadai para automotive supplier dan cara menghadapinya.

Pelaku industri pemasok otomotif disarankan untuk segera mentransformasi model bisnisnya tahun ini. Menurut laporan berjudul “Global Automotive Supplier Study 2018” yang dikeluarkan oleh Roland Berger dan Lazard, tren shared mobility (nebeng), autonomous driving (swakemudi), digitalisasi, dan elektrifkasi akan mempercepat disrupsi di sektor ini. Keempat tren besar itu akan “menganggu” industri pemasok otomotif dalam berbagai aspek. Misalnya, model bisnis car sharing alias nebeng diprediksi akan memengaruhi kepemilikan kendaraan dan logistik. Berkat dukungan teknologi dan regulasi, autonomous driving akan segera mencapai level 4 dan 5.

Baca Juga  Mobil 40 Jutaan Terbaik, Datsun Redi Go

Di dua tingkatan ini, kendaraan swakemudi tidak membutuhkan perhatian dari pengemudi, dan akhirnya tidak membutuhkan campur tangan manusia. Disrupsi tak terelakkan lagi. Namun pelaku industri juga menghadapi ketidapastian tinggi dalam periode transisi ini. “Perubahan teknologi mengharuskan para supplier berinvestasi pada teknologi lama dan baru secara paralel. Padahal keuntungan dari teknologi baru belum pasti,” kata Martin Tonko (President Director, Roland Berger Indonesia). Khususnya di Indonesia, menurut Martin, para supplier harus berinvestasi lebih banyak daripada para sejawatnya di Asia Tenggara. “Karena Indonesia memulai dari basis teknologi yang lebih rendah tapi harus bisa tetap bersaing dengan para kompetitornya,” ujar Martin. Menurut studi oleh Roland Berger dan Lazard, disrupsi ini sebenarnya menawarkan peluang yang unik kepada pemasok tradisional. Para supplier tidak harus menjual hardware, mereka dapat mulai menawarkan ftur dan layanan (services). Untuk itu, para supplier harus membangun kompetensi dan kemampuan baru. Para pemasok otomotif harus menata strategi baru, cepat bertindak, dan bersikap fleksibel. Roland Berger dan Lazard menyarankan para supplier untuk mulai mencari cara-cara baru untuk berinovasi, dan siap membuka diri untuk bermitra dengan pemain-pemain baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.