Tips Agar Mobil Selalu Bersih

  • Whatsapp

Tips Agar Mobil Selalu Bersih – Sedang persiapan untuk melakukan perjalanan jauh? Patut diingat, selama perjalanan biasanya akan banyak mengonsumsi makanan dan juga minuman. Remah-remah sisa makanan, atau justru makanan tumpah sudah jadi hal yang lumrah. Demikian juga dengan minuman. Parahnya, selama masih dalam perjalanan, bahkan saat istirahat sekalipun, keinginan untuk bersihbersih belum terbersit. Padahal kalau dibiarkan, kotoran akan menumpuk, bahkan kalau minuman bisa meninggalkan noda di jok. Jangan tunggu lama, begitu sampai di tujuan, setelah sejenak beristirahat sebaiknya langsung bersih-bersih. Mobil bersih, akan lebih enak dipakai dalam perjalanan berikutnya. Nah, supaya enggak perlu datang ke salon atau tempat cuci mobil untuk membersihkan kabin, ada baiknya siapkan saja barang-barang untuk membersihkan. Sementara, untuk penempatannya simpan di tempat yang mudah dijangkau dan terlihat. Prosesnya tidak sulit kok, barangbarangnya juga sudah tersedia. Kalaupun harus beli, tidak terlalu mahal. Yuk, siapkan barang-barang untuk bebersih kabin mobil supaya perjalanan tetap nyaman.

Baca Juga  Kenapa Kaca Belakang Sigra Pecah Sendiri ? Berapa Harga Kaca Belakangnya

Vacuum cleaner

Kabin mobil terutama jok menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran jika tidak dijaga kebersihannya. Apalagi yang berbahan fabric yang memang mudah tertempel debu. “Ada baiknya membersihkan debu yang membandel di dalam mobil secara rutin, minimal seminggu sekali. Debu yang ada di dalam mobil jika dibiarkan mengendap di karpet ataupun jok akan mengganggu kesehatan anda, terutama masalah pernafasan,” sebut Jeremiah Kristianto dari Show Car Garage Meruya, Jakbar. Supaya tidak terlalu menghabiskan tempat penyimpanan, sebaiknya pilih yang kecil saja. Saat ini banyak tersedia vacuum cleaner portable mini di pasaran. Penggunaannya pun mudah, tinggal di colok ke lighter saja. Harganya juga tergolong terjangkau, mulai Rp 100 ribuan. Beberapa dilengkapi dengan slang tambahan untuk menjangkau lokasi yang sempit.

kain lap

Bisa dibilang benda ini sangat wajib dibawa. Begitu banyak manfaat dari kain lap ini. Selain bisa dipakai untuk membasuh jok dari tumpahan minum, juga bisa dipakai untuk menyerap berbagai air. Dengan air yang terserap, mencegah kabin, karpet ataupun jok menjadi lembab dan terhindar dari bau. “Sebaiknya selalu sedia kain lap di mobil, usahakan yang bahannya mudah menyerap cairan. Apalagi buat yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Tak jarang mereka menumpahkan minuman di dalam kabin. Jadi begitu tumpah, langsung bisa segera di serap,” ujar Adi Pamungkas dari gerai Scuto Lenteng Agung, Jaksel. Cukup ditempelkan ke area yang terkena tumpahan. Lalu serap hingga tidak tersisa lagi tumpahannya. Selain itu, dengan kain lap juga bisa dipakai untuk membersihkan bagian interior lainnya. Bisa dasbor, kaca dan lainnya dari minyak. Tapi ingat, sebaiknya dibilas terlebih dahulu sebelum dipakai

Baca Juga  Pajak Mobil Hybrid di Indonesia

Baca Juga : Harga Mobil VW Terbaru, Golf GTi Clubsport edition

TempaT Sampah

Agar kabin selalu terjaga kebersihannya, sebaiknya sediakan juga tempat sampah kecil. Atau paling tidak, sediakan kantong plastik untuk menampung sisa makanan seperti bungkus permen, botol minuman dan lainnya. Ketika sampai di tujuan atau saat istirahat, jangan lupa untuk membuang sampah-sampah yang ada di tempat sampah mobil ke tempat sampah umum. Hal ini mencegah bau mengendap di tempat sampah mobil yang bisa menjalar ke kabin. Dengan adanya tempat sampah, selain menjaga kebersihan mobil, juga bisa menghindari datangnya semut atau serangga lain.

SikaT aTau Sapu kecil

Jika anak Anda suka ngemil di dalam mobil, alangkah baiknya menyiapkan sapu kecil juga. Gunanya untuk menghalau remah-remah sisa makanan yang jatuh ke karpet atau sela-sela mobil. Bentuknya yang pipih dan kecil juga memudahkan untuk menjangkau bagian yang sulit dijangkau. Dipasaran, sapu ini bahkan ada yang dijual satu paket dengan pengkinya. Harganya juga tak terlalu mahal. Selain berguna ketika perjalanan mudik dan liburan, ini juga bisa terpakai saat sehari-hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.