Ini Mobil Pertama di Dunia dengan Bahan Bakar Hidrogen

  • Whatsapp

Ini Mobil Pertama di Dunia dengan Bahan Bakar Hidrogen

Mobil berbahan bakar hidrogen, memang bukan hal paling baru di dunia. Tapi tetap saja, rasanya sama sekali berbeda dengan mobil kebanyakan Dalam rangkaian acara PT Honda Prospect Motor Tokyo Motor Show 2017 Journalist Trip (22-31/10), kami diberi kesempatan untuk mencoba mobil masa depan dari Honda. Ya, jika dua tahun lalu kami hanya bisa memandanginya di lantai pameran, kini kami bisa mencoba langsung Honda Clarity Fuel Cell. Secara desain, mobil ini memang amat menggoda dengan desain lancipnya. Pada fascia, Anda pasti bakal teringat dengan desain Honda modern lainnya. Mulai dari gril dengan lampu depannya, yang sudah jadi signature khas Honda. Tapi coba lihat desain daytime running lights yang memanjang ke bawah seperti taring Dracula. Kami jadi teringat desain serupa, yang dipakai Renault Koleos terbaru. Sekarang lihat bagian samping, kami berpendapat bahwa pelek belakang yang seperempat tertutup dengan fender, terlihat aneh. Selain aneh, hal itu menodai desain futuristisnya dengan sentuhan ala klasik. Mun gkin Honda pakai desain fender seperti itu, untuk mengenang Honda Insight, sebagai mobil hybrid pertama mereka. Tapi sayangnya, kami tidak suka. Sedangkan bagian belakang, kami menemukan ada paduan beberapa desain mobil Honda yang lain.

Baca Juga  Powerbank Terbaik yang Bisa untuk Jumper Mobil

Baca Juga : Mobil Sport Mercy dengan Atap Terbuka

Pada bumper belakang, terlihat sedikit sentuhan desain Honda Civic Hatchback. Sementara kaca plus pintu bagasi, mengingatkan pada Honda CR-Z yang punya dua kaca terpisah. Beranjak ke kabin depan, layout dasbor dibuat rapi dan terorganisir dengan baik. Hal unik terlihat dari penggunaan transmisi model tombol dan mengenyahkan tuas konvensional. Terlihat sangat modern, meski model transmisi ini bukan lagi jadi pionir. Langsung saja kami siap melaju di area Active Safety Training Park 2, sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang. Sayangnya, kami hanya diberi kesempatan mengitari 2 lap. Lintasan juga hanya didominasi trek menikung oval. Tapi tidak apa, setidaknya kami bisa tahu sedikit impresi awalnya. Tekan tombol engine start disusul dengan tombol transmisi D, pada saat idle akan terdenga r suara desingan halus. Saat melaju pelan, mesin nyaris tidak mengeluarkan bunyi, persis mobil elektrik atau mobil hybrid di EV Mode. Tapi lain cerita, saat Anda injak pedal gas dalam, bunyi desingan akan makin terdengar. Sepintas mirip suara mesin pesawat jet saat ingin lepas landas, unik! Oh ya, mobil ini hanya punya dua mode berkendara, Normal dan Sport. Seperti umumnya, saat mode Sport dipilih, dorongan tenaga sebesar 174 dk keluar seutuhnya. Terasa kencang memang, tapi terasa kurang mengempas. Percepatan terasa dibuat gradual, dan tidak mengentak. Karena arena dan waktu pengetesan terbatas, kami rasa handling-nya mirip Honda Civic Turbo Sedan.

Baca Juga  Produk Mobil dari General Motors

Kami juga sempat coba pindah ke bangku belakang. Impresinya lagi-lagi masih mirip duduk di bangku belakang Civic Turbo Sedan. Legroom terasa amat melimpah, sementara headroom terasa fair. Oh ya, soal bantingan suspensi, kami rasa Honda Clarity Fuel Cell masih sedikit lebih empuk dari Honda Civic Turbo Sedan. Pada dasarnya, Honda Clarity Fuel Cell adalah sebuah mobi l elektrik yang selalu dapat pasokan listrik dari proses fusi hidrogen. Residu akhir dari proses fusi hidrogen hanya air, jadi mobil ini benar-benar nol emisi. Bermodal tangki hidrogen penuh, mobil ini diklaim bisa melaju sejauh 750 km, luar biasa! Hal yang unik, ternyata mobil ini bisa difungsikan menjadi generator pembangkit listrik. Tersedia perangkat opsional bernama Honda Power Exporter 9000, yang bisa mengubah proses fusi hidrogen jadi listrik AC untuk keperluan rumah tangga. Untuk pasar Indonesia, mobil ini rasanya masih sangat lama untuk bisa dipasarkan. Tapi setidaknya, mobil ini menjadi jawaban saat bahan bakar sudah musnah dari bumi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.