Jokowi Kunjungi Bursa Otomotif di Kemayoran Jakarta Pusat

  • Whatsapp

Jokowi Kunjungi Bursa Otomotif di Kemayoran Jakarta Pusat

Gelaran Otobursa Tumplek Blek 2018 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakpus (21-22/7) semakin heboh lagi ketika Presiden RI Joko Widodo dikabarkan akan berkunjung pada hari kedua gelaran. Kabar akan datang pagi hari, namun akhirnya Jokowi (panggilan akrab Joko Widodo) hadir ke lokasi pada jam 16.10 WIB. Tak tanggung-tanggung, beliau berkeliling ke area lebih dari 1 jam. Kehadiran orang nomor 1 di republik ini tentu menjadi magnet bagi pengunjung Otobursa Tumplek Blek (OTB) yang sudah dilaksanakan ke-19 kalinya ini. Pertama kali masuk area, Jokowi terkesan dengan dua mobil modifkasi Suzuki Ertiga dan Daihatsu Sirion kepunyaan Ladiescar Community. “Ini mobil diapain?” tanya Jokowi ke Panji Maulana, pimpinan redaksi tabloid OTOMOTIF sebagai ‘tuan rumah’ yang menemani Jokowi selama berkunjung ke OTB. “Ini mobil modifkasi Pak, ekterior, interior dan audionya sudah diubah semua. Menariknya ini punya komunitas perempuan semua,” jelas Panji kepada Jokowi. “Ooo ya ya..,” ujar suami dari Iriana ini. Jokowi juga berkunjung ke zona atraksi dan menyaksikan dua ikon Otobursa Tumplek Blek 2018, Gajah Monster dan UTV Jumping Warrior yang sedang melakukan aksi menggilas mobil rongsok. Setelah itu, bersama rombongan, melangkahkan kaki menuju display motor-motor custom. Sempat melakukan dialog dengan beberapa booth yang ada. Isinya tentu saja perbincangan mengenai dunia motor yang juga digandrungi olehnya.

Baca Juga  Inilah Salah Satu Produk Expor Mobil Indonesia dari Suzuki

Tepat di booth C’Duck Astrea, Jokowi tertarik dengan deretan motor bebek lawas yang telah direstorasi, seperti Honda Astrea 800 warna hitam dan Honda C50 warna merah yang tampil mulus. Bahkan sempat menanyakan, karena ada tulisan ‘sale’ di motor tersebut. “Ini dijual?” tanya Jokowi sambil menunjuk Astrea berwarna hitam itu. “Dijual Pak harganya Rp 20 juta,” jawab salah satu pentolan C’Duck Astrea. Jokowi penasaran dan menanyakan Honda C50 tahun ’60-an itu apakah sudah laku. Sayang belum beruntung, karena motor tersebut sudah laku terjual oleh pengunjung OTB. Ia pun menyempatkan bertandang ke booth Katros Garage untuk melihat langsung motor custom anaknya, Gibran Rakabuming Raka yang berbasis Royal Enfeld RE 500 Battle Green. Jokowi penasaran dengan modifkasinya, “Ini diapain aja,” tanya Jokowi. Sang modifkator sekaligus pemilik Katros Garage, Andi ‘Atenk’ Akbar menerangkan panjang lebar bagian apa saja yang telah di-custom selama 2 bulan ini. Dialog berjalan cukup lama. Bahkan para pewarta meminta dirinya untuk naik ke motor, tapi ditolak dengan halus. “Ini kan bukan punya saya,” ucapnya. Saat ditanya soal tanggapan motor custom baru anaknya itu, ia hanya mengacungkan dua jempol kepada puluhan pewarta yang meliput kegiatannya di OTB. Bahkan saat ditanya apakah akan menambah koleksi motor custom, pria yang pernah jadi Wali Kota Solo, Jateng ini enggan menjelaskan secara rinci. “Sabar, ini baru tanya-tanya dulu. (Kalau kebanyakan) nanti saingan sama anak saya,” ucap Jokowi. Setelah itu, menyusuri lorong yang ada, Panji Maulana mengarahkan pria yang menggunakan kemeja putih lengan panjang dengan celana hitam tersebut menuju berbagai lapaklapak.

Baca Juga  Mobil Sedan Mewah Termahal di Indonesia 2019

 

Di beberapa booth, dirinya menerima banyak bingkisan dari pemilik booth. Seperti yang dilakukan oleh Harry Boxer, pelapak buku lawas dan juga poster tentang otomotif. “Tadi saya kasih buku tentang presiden-presiden soalnya tadi spontan saja, kalau posternya gambar Vespa yang hitam putih, semoga Jokowi suka,” ungkapnya. Selain itu, kepala negara ini sempat berhenti di booth Soul Land milik Dwiki. Jokowi tertarik dan menanyakan Yamaha Scorpio custom tahun 2005 yang dipajangnya. Bahkan Jokowi sudah meminta ajudannya untuk memotret motor yang ditunjuk serta meminta kartu nama dari builder motor. “Tadi memang mampir sini. Motor ini basisnya Yamaha Scorpio 225 cc keluaran 2005. Di modif jadi tampilan scrambler. Kita masih tunggu kabar dari ajudannya, tapi kayaknya fx,” ucap Dwiky yang punya bengkel Chuppy Custom Work di Jatiwaringin, Jaktim. Motor tersebut dijual dengan harga Rp 38 juta. Meneruskan lawatannya, Presiden mampir ke ‘adek’nya OTOMOTIF, yakni Motor Plus. Sempat berbincang akrab bersama Eka Budhiansyah, pimpinan redaksi Motor Plus seputar motor. Sebelum menyudahi kunjungannya, Presiden kelahiran Solo, Jateng ini masih menyempatkan hadir di beberapa booth, yang menampilkan motor tentunya. Sebelum keluar area, Jokowi pun sempat berhenti di booth Kawasaki dan tertarik dengan W175. “Ini motor baru? Berapa harganya?,” tanya Jokowi kepada salesman Kawasaki. Setelah diterangkan beberapa saat, Jokowi meminta ajudannya untuk memfoto dan minta kartu nama kepada sales Kawasaki tersebut. Deal. Dalam perjalanan selama sekitar 1 jam tersebut, dirinya sangat terkesan dengan gelaran OTB. “Bagus-bagus,” ucap Jokowi ketika ditanya tentang tanggapannya. “Terima kasih Pak sudah hadir, semoga bisa bertemu lagi tahun depan,” kata Panji Maulana kepada Jokowi sebelum masuk mobil kepresidenan untuk meninggalkan area acara. “Terima kasih,” ucap Jokowi sambil mengangguk dan tersenyum.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.