Review Harga Lengkap Great New Xenia Automatic

 Otomotif



[Total: 0    Average: 0/5]

Review Harga Lengkap Great New Xenia Automatic

 

Daihatsu Xenia pertama kali menyapa konsumen di Indonesia pada tahun 2004 silam, minimnya teman bermain di kelasnya membuat Xenia merasakan manisnya penjualan bersama saudara kembarnya yakni Avanza di tahun tersebut. Antusias masyarakat terhadap MPV dengan harga terjangkau menjadi alasan mengapa Xenia laris manis, sedikit demi sedikit para kompetitornya bermain di segmen tersebut namun Xenia tidak berdiam diri saja mengha­dapi angin dari para lawannya.
review dan harga All New Xenia 7



Untuk tetap mempertahankan kompetensi, tahun 2011 Daihat­ su menghadirkan generasi kedua dengan perubahan yang cukup signifikan, dari bagian sektor interior maupun interior. Wajah barunya tampil lebih modern, mengikuti perkemban­ gan zaman. Tahun 2013, Xenia berbenah diri dengan mening­ katkan fitur keselamatan, yakni dual SRS airbag. Pada medio 2015, Xenia mendapatkan penyempurnaan yang cukup signifikan, selain wajahnya baru, mesinnya kini sudah meng­ adopsi teknologi Dual VVT­i. Namanya pun menjadi Great New Xenia.

 

  • Desain & Rekayasa

Xenia generasi ketiga ini memiliki desain eksterior sedikit berbeda jika dibanding­ kan pendahulunya, perubahan yang cukup signifikan terletak pada bagian wajahnya. Peru­ bahan tersebut adalah bonnet lebih lebar, bentuk lampu lebih sipit mengikuti lekukan bon­ net, dan grille yang semakin membesar.

 

review dan harga All New Xenia 2

Kami menguji  varian X Deluxe AT, sehingga nuansa chrome menghiasi wajah Great New Xenia. Spion telah dilengkapi dengan lampu sein untuk memperingatkan pengendara lainnya saat akan berbelok. Sedangkan bagian buritan mendapatkan sentuhan pem­ baharuan pada stoplamp, kini terdapat mika merah pada bagian pintu bagasi yang men­ ciptakan kesan seakan­akan lampu rem menjadi lebih besar. Dimensi yang dimilikinya masih sama, dengan panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jarak sumbunya sebesar 2.655 mm, dengan jarak pijak roda depan 1.425 mm dan jarak pijak roda belakang 1.435 mm. Sedang­ kan ground clearance­nya berada di angka 200 mm, cukup untuk melibas jalanan rusak di perkotaan, maupun jalan bebatuan di pedesaan. ADM melakukan penyem­ purnaan pada karakter sus­ pensi yang membuatnya lebih nyaman digunakan, bagian peredam kejut & lateral control rod diatur sedemikian rupa, konstanta pegas diubah, dan diameter stabiliser diper­ besar. Penyempurnaan lain­ nya terletak pada penguatan struktur rangka, serta penam­ bahan plat untuk memperkuat konstruksi bagian bawah mobil. Radius putar 4,7 m membuat Great New Xenia membuatnya mudah untuk berputar di jalanan. Sistem Electronic Power Steering (EPS) membuat berkendara semakin mudah, dan sistem EPS ini tidak membebani putaran mesin.

Baca Juga  Review, Harga, Mobil Offroad Terbaru, VR Amarok Aventure

review dan harga All New Xenia 1

  • Interior

Great New Xenia menawar­ kan ruang kabin yang cukup lapang dan memadai untuk memanjakan penumpangnya. Interior bernuansa two tone didominasi oleh bahan plastik, kualitasnya cukup memuaskan untuk di kelasnya. Lingkar kemudi nyaman digenggam, begitu pula den­ gan jok yang kini terasa lebih nyaman berkat penggunaan busa tebal. Instrumental panel terlihat modern dan menarik, sayangnya MID pada varian X Deluxe belum dilengkapi dengan fitur konsumsi bahan­ bakar, jarak tempuh sisa bahan bakar, dan lain sebagainya. Karena belum dilengkapi tombol pengatur di lingkar kemudi, maka untuk meng­ atur sistem hiburan harus dilakukan melalui head unit langsung. Beruntung terda­ pat beragam tombol pintas pada sistem hiburan, seh­ ingga mempermudah bagi pengemudi sekalipun.

review dan harga All New Xenia 3

 

Untuk merubah sistem penyejuk udara, cukup memutar knop putar yang terletak di dash­ board. Tuas transmisi Great New Xenia mengadopsi jenis gate, sehingga mempermudah untuk perpindahan gear. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh ruang kabin miliknya adalah beragam tempat penyimpanan barang yang terletak di banyak tempat. Penyimpanan multifungsi ini mempermudah pengemudi maupun penumpangnya untuk menyimpan barang pribadi, termasuk botol minuman pada saku pintu. Duduk di baris kedua terbi­ lang cukup nyaman, sekali lagi berkat penggunaan busa yang cukup tebal. Mudah untuk mengakses ruang duduk baris ketiga, cukup dengan melipat bangku baris kedua melalui satu sentuhan. Bangku baris ketiga akan terasa lebih nya­ man jika diisi oleh anak kecil. Berkat penggunaan sistem pendingin double blower, kesejukan dapat terasa hingga baris ketiga.

review dan harga All New Xenia 4

  • Performa

Great New Xenia mengadopsi mesin baru berkapasitas 1.329 cc dengan kode 1NR­VE DOHC berteknologi Dual VVT­i. Mesin ini menghasilkan tenaga 97 hp pada 6.000 rpm, dengan torsi puncak 120 Nm 4.200 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 4­percepatan. Teknologi Dual VVT­i (Vari­ able Valve Timing with intel­ ligence) ini adalah pengatur suplai bahan bakar dan udara pada intake secara optimal oleh ECU, sistem ini memak­ simalkan efisiensi melalui pengaturan katup intake dan exhaust pada sistem pembakar­ an. Daihatsu Motor Co., meng­ klaim efisiensi bahan bakar Great New Xenia varian 1,3 liter lebih baik hingga 15% jika dibandingkan pendahulunya.Mesin ini dapat mengger­ akkan mobil berbobot 1.115 kg mencapai kecepatan 100 kpj dalam waktu 14, 84 detik.

Baca Juga  Berapa Sih Konsumsi BBM Datsun Cross ?

 

review dan harga All New Xenia 5

 

Untuk mencapai kecepatan 120 kpj membutuhkan waktu 21,93 detik dengan jarak 463, 42 m. Karena semua varian Xenia belum dilengkapi oleh sistem ABS, saya harus berhati­hati saat melakukan pengujian, terutama pengujian akselerasi dan pengereman. Mengingat fungsinya sebagai mobil pengangkut keluarga, tentu figur kecepa­ tan akselerasi bukanlah faktor utama. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya untuk mela­ hap tanjakan, dengan torsi puncak 120 Nm tentu Xenia cukup percaya diri untuk menghadapi medan di Indo­ nesia, karena Xenia diciptakan untuk karakteristik jalanan Indonesia. Penggunaan transmisi 4­percepatan otomatis ini dapat dimaksimalkan dengan memainkan tuas transmisinya. Saat akan menyusul pada kecepatan tinggi, tinggal pin­ dahkan ke mode 3 maka mesin akan meraung menandakan gear berada di posisi tiga. Saat berhadapan dengan tanjakan curam dengan kecepatan ren­ dah, maka pindahkan ke gear 2 atau L untuk merayap dengan perlahan tapi pasti. Konsumsi bahan bakar yang diberikan cukup memuaskan, hasil pengujian dalam kota mencatat angka 12,24 kpl, sedangkan konsumsi luar kota­ nya 15,89 kpl. Total jarak peng­ ujian yang dilakukan sejauh 400 km.

 

  • Pengendaraan dan Pengendalian

Great New Xenia mendapatkan penyempurnaan pada sus­ pensinya, bantingannya terasa lebih lembut dan nyaman saat kami uji melewati beragam kondisi jalanan rusak. Ditam­ bah dengan jok empuk, maka bantingan dari luar menjadi semakin teredam. Saat menjajal sirkuit kecil, Xenia memberikan rasa ber­ kendara yang cukup menye­ nangkan. Mobil ini terbilang cukup lincah, dan bisa diajak bermanuver dalam batasan yang wajar.

 

review dan harga All New Xenia 6

Sayangnya, kesenangan sedikit terganggu saat melakukan pengereman di tikungan, roda belakang mengunci sehingga buritan bergeser. Roda belakang terkunci akibat Xenia terbaru ini belum dilengkapi dengan sistem pengereman ABS. Bermanuver di dalam kota cukup menyenangkan berkat dimensinya yang terbilang kompak, lingkar kemudi yang terasa mantap digenggam dengan sistem EPS memper­ mudah pergerakan pengemudi. Kemudahan ini juga didukung oleh pemasangan corner sen­ sor yang membantu mende­ teksi benda yang ada di sekitar mobil. Pada kecepatan 120 kpj, putaran mesin menunjukkan angka yang cukup tinggi yaitu 4.000 rpm. Sehingga untuk mempertahakankan rasa nya­ man para penumpang, kecepa­ tan 80 – 100 kpj merupakan kecepatan yang ideal

 

Baca Juga  Review, Spesifikasi, Harga Lamborghini huracan Spyder

 

  • Penawaran Harga

PT Astra Daihatsu Motor menawarkan Great New Xenia dengan pilihan varian yang sangat banyak. Tidak tanggung­tanggung, 11 vari­ an Xenia dengan dua pilihan mesin, serta transmisi otomatis maupun manual bisa dipilih oleh konsumen. Terdapat delapan pilihan warna, yaitu Dark Brown Metallic, Neb­ ula Blue Metallic, Dark Red Metallic, Dark Grey Metallic, Exotic Beige Metallic, Clas­ sis Silver Metallic, Icy White, dan Midnight Black Metallic. Harga yang ditawarkan dari Rp 155.650.000 hingga Rp 209.800.000 (On the Road Jakarta). Mesin berkapasitas 1,0 liter hanya dilengkapi dengan transmisi manual 5­percepatan dan diperuntukkan bagi varian D, M, dan M Deluxe. Sedangkan mesin baru dipas­ angkan dengan pilihan trans­ misi manual 5­percepatan atau 4­percepatan otomatis, tersedia pada varian X, X Deluxe, R, dan R Sporty.

 

Semua Xenia sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag. Great New Xenia 1.3 X AT Deluxe yang kami uji diban­ drol seharga Rp 201.750.000 (On the Road Jakarta), kom­ petitor yang bermain di harga tersebut bertransmisi otomatis/ CVT adalah Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT (Rp 204.100.000), Honda Mobilio E CVT (Rp 213.000.000), Nissan Grand Livina 1.5 SV CVT (Rp 212.300.000), dan Suzuki Erti­ ga GL AT (Rp 212.500.000). Great New Xenia memiliki harga yang paling kompetitif diantara kompetitornya, namun kapasitas mesinnya yang terkecil dibandingkan rival­ nya. Spin mengadopsi mesin berkapasitas 1,5 liter, Mobilio menggunakan mesin 1,5 liter, Nissan Grand Livina memiliki kapasitas mesin 1,5 liter,dan Ertiga mengandalkan mesin berkapasitas 1,4 liter.

 

Pilihan yang cukup menarik di sekitaran harga ini adalah Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT, dengan harga Rp 204.100.000 Anda mendapatkan mesin ber­ kapasitas 1.5 liter dengan tena­ ga serta torsi yang lebih besar. Transmisinya sudah meng­ adopsi otomatis 6­percepatan, dan fitur menarik lainnya adalah sudah tersedia fitur keselamatan ABS yang dipadu­ kan dengan EBD. Meskipun demikian, pilar utama dari Daihatsu Xenia adalah pengembangan produk yang dilakukan berdasarkan karakteristik lingkungan serta masyarakat Indonesia. Selain itu, ketersediaan jaringan purna jual yang sudah tersebar luas serta harga jual yang relatif stabil menjadi daya tarik tersendiri para calon konsumen. Strategi menelurkan 11 varian dengan dua pilihan transmisi dan dua pilihan mesin mem­ buatnya dapat terjangkau oleh berbagai kalangan. Dan konsumen akan memilih varian yang sesuai dengan kemam­ puan finansial serta kebutuh­ annya.

Artikel yang kamu Cari ga ktemu? Cari disini. Teknorus.com

Author: 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.