Review, Spesifikasi Mobil Aston Martin Vantage N430

  • Whatsapp

Review, Spesifikasi Mobil Aston Martin Vantage N430

Aston menanamkan DNA balap pada mobil yang diimpor utuh dari Inggris ini. Aston juga menyatakan bahwa inilah luapan ekspresi paling tinggi dari mesin V8 Vantage yang pernah dibuat. Benar atau tidak, yang kami tahu V8 Vantage sudah lebih dari 10 tahun memanjakan konsumennya. Secara personal, saya melihat N430 memiliki fisik sangat tampan. Para insinyur Aston memberikan sentuhan estetika yang kuat, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Kendaraan yang kali ini kami coba adalah N430 dengan warna hitam polos, tanpa balutan ‘lipstik’ yang menempel pada tepian grill.

Read More

 

Mobil Aston Martin Terbaru 1

 

Padahal salah satu penanda seri N430 adalah cat kontras yang membalut sisi grille­nya. Ya, itu kembali lagi soal selera personal. Namun jika kita memandang tarikan garis pada bonet maupun sekujur bodinya, menjadi penanda bahwa N430 ini masih tetap memiliki nilai aerodinamika khas grand­tourer. Beralih ke interior, Vantage N430 sudah sewajarnya dilapisi oleh material kulit dan Alcantara bertabur di dashboard, doortrim, dan langit­langitnya yang dikerjakan oleh tangan. Sayangnya layar hiburannya terkesan biasa saja, ukurannya yang kecil bahkan seperti sudah ketinggalan jaman. Setiap Aston Martin Vantage N430 dibuat secara hand­made. Saya kira hanya para pengrajin lah yang sanggup memberikan rincian desain, sehingga menciptakan kualitas tinggi.

Baca Juga  Review Harga Mobil Sport Terbaik di Indonesia

mobil aston martin terbaru 3

Robot canggih saat ini tentu saja dapat melakukan hal serupa, tetapi hasilnya tetap tak bisa menyamai pengrajin berpengalaman. Selanjutnya soal tenaga mesin. Di bawah bonet bersemayam jantung mekanis berbahan alloy berkapasitas 4,7 liter V8 naturally aspirated. Ini merupakan mesin sama yang ada di Vantage regular (417 hp), namun produsen mobil Inggris ini telah melakukan tune­up agar mobil menyemburkan tenaga lebih besar, yakni 430 hp dan dorongan torsi 490 Nm. Sebagaimana mesin naturallyaspirated lainnya, ia menawarkan respon cukup instan, namun sepertinya tidak sebesar apa yang dimiliki oleh rivalnya, seperti BMW M4 yang memiliki torsi 550 Nm. Nah, untuk merasakan performa mesin, Anda perlu menekan pedal gas jauh lebih dalam. Karena torsi baru terasa pada 3.000 rpm.

Baca Juga  Review, Spesifikasi, Harga, Keyboard untuk IPAD, LOGITECH CREATE

mobil aston martin terbaru 2

Bahkan saat mode Normal, susah untuk mendapatkan akselerasi pada putaran bawah. Supaya bisa ‘bermain’ lebih mengasyikan, tekan tombol Sport Mode di tengah dashboard. Inilah titik dimana Anda mulai bisa tersenyum lantaran merasakan empasan tenaga, deru mesin dan suara knalpot yang semakin menggelegar. Saat kami mencobanya dari 0­100 kpj, kami mendapatkan 5,4 detik sebagai torehan waktu terbaik. Vantage memang cepat, tetapi agaknya sulit untuk mengalahkan Porsche 911 atau BMW M4 pada trek lurus. Vantage N430 menggunakan transmisi single­clutch yang dapat dioperasikan secara otomatis dalam mode Drive maupun manual melalui paddle shift magnesium. Transmisi nya masih terasa lamban dan sedikit ketinggalan zaman dibandingkan dengan transmisi PDK milik Porsche misalnya.

Baca Juga  Mobil Offroad Mini Terbaik TOYOTA NEW YARIS HEYKERS

 

Terdapat jeda beberapa detik saat perpindahan gear, jujur saja hal ini cukup mengecewakan untuk sebuah mobil edisi khusus. Tapi masih bisa diakali, yang harus Anda lakukan untuk mendorong akselerasi dengan mulus adalah saat mobil melaju, lepaskan pedal gas sedikit, maka gigi akan berpindah lebih halus dan lebih menenangkan. Namun ada sesuatu yang lebih baik pada transmisi ini. Pertama, ia berbobot lebih ringan dari dual­clutch, dan menghadirkan perasaan terhubung dengan mesin, membuat Anda merasa mengendarai mobil balap dengan mesin yang memiliki karakter menggairahkan sekaligus brutal. Tapi saya pun harus sadar, bahkan dengan Sport Mode, mobil ini masih terlalu lamban dan terasa usianya yang mulai di ujung senja. Bahasa desain yang sangat bagus, material interior yang mewah, suspensi yang kokoh, serta kemantapan pengendalian dan lingkar kemudi hidrolik yang sangat presisi membuatnya begitu pantas dipuja. Andai saja Aston menyuguhkan transmisi lebih baik, maka tak akan ragu saya mengatakannya sempurna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.