Ini Lho Pesaing Innova dari Korea, Lebih Irit dan Bertenaga di Banding Innova

  • Whatsapp

Ini Lho Pesaing Innova dari Korea, Lebih Irit dan Bertenaga di Banding Innova

Setelah meluncurkan Kia Grand Sedona bensin beberapa waktu silam di ajang GIIAS 2016, kini PT Kia Mobil Indonesia (KMI) kembali hadirkan versi mesin dieselnya. Media Launching & Test Drivenya digelar di Jetski Café, Kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara pada Rabu (18/7) lalu. Kia Grand Sedona, merupakan mobil keluarga atau MPV berkelas premium, yang diklaim aman dan nyaman. Nah, versi dieselnya ini memakai mesin berkapasitas 2.2 liter CRDi generasi ketiga, yang dilengkapi dengan transmis otomatis 8-speed. Saat ini baru terdiri 1 varian saja, dengan kapasitas penumpang bisa membuat 8 orang Pilihan warnanya tersedia 8 macam, yaitu snow white pearl, clear white, silky silver, black berry, deep chroma blue, panthera metal, aurora black pearl dan marsala. oh iya, meski masih impor langsung dari negera principalnya (Korea Selatan), menurut pihak KMI konsumen yang berniat menebusnya dipastikan tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan unitnya. ”Kami sudah meminta principal untuk memasok lebih banyak, mengingat permintaan mobil bermesin diesel di sini (Indonesia, red), cukup besar,” kata Djohnny Darmawan, Direktur KMI. Mau tau seperti apa rasanya mobil ini? yuk, baca terus sampai habis ya!

Exterior :

Pada tampilan luar, yang cukup menarik dan membuat sosok Grand Sedona terkesan mewah dan elegan adalah, desain grille baru dengan konsep Tiger-Nose yang lebar. Ditambah penyematan LED DRL (17EA) serta lampu utama dan foglamp yang sudah menggunakan projector. Tampilan peleknya terlihat lebih stylish, yang dibalut ban ukuran 235/60 R18. Sementara di bagian belakang, combination lampnya juga terlihat sudah LED dengan desain yang juga fresh. Penyematan ornament garnish di back door yang lebar dan rear bumper yang menyatu, membuat terlihat seksi dari belakang. Oh ya, dari sisi safety, struktur bodi Grand Sedona Diesel kini menggunakan platform AHSS (Advance High Strength Steel) yang dipadu teknologi Hot Stamped Steel. Sehingga memberikan perlindungan yang maksimal ketika terjadi accident atau kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Mobil SUV Terbaik dengan Fitur HSA Hill Start Assist 2019

Interior

Masuk ke dalam kabinnya, suasana interiornya tidak beda jauh dengan Kia Grand Sedona bensin. Meski begitu, tampilan dasbor tetap terasa mewah dan berisi. Kemudinya juga terkesan sporty dan elegan, walau belum dibalut dengan bahan kulit. Pada stir tersebut sudah terdapat audio steering remote serta tombol cruise control. Menjajal jok baris keduanya, OTOMOTIF merasakan leg room dan head room yang luas dan nyaman. Jok kulitnya yang bernuansa abu-abu, terkesan mewah dan elegan. Saat diduduki, kontur busanya terasa nyaman. Menariknya lagi, adanya dual sunroof di atas bagian depan dan belakang. Keren! Ketika masuk sesi test drive untuk awat media, di posisi penumpang ini kami merasakan kekedapan kabin yang cukup jempolan. Meski menggunakan mesin diesel yang menurut pihak KMI sudah memasuki generasi ke-3, raungan mesin hampir tidak terdengar. Bantingan suspensinya pun terasa sangat nyaman dari sisi penumpang.

Baca Juga  Fitur Review Spesifikasi Suzuki Jimny Terbaru

FITUR

Sebagai mobil keluarga kelas atas, tentunya pabrikan asal Korea Selatan sangat konsen terhadap ftur-ftur yang ditanamkan. Tentunya selain ftur kenyamanan, juga keselamatan. Seperti Dual Power Sliding Door, Smart Power Tailgate, Dual Sunroof (front & rear), Smart Key, 6 airbag, Electric Chromic Mirror (dapat menyesuaikan cahaya otomatis di kaca spion tengah), Wireless Charger serta head unit berlayar 7 inci yang sudah touchscreen dan Android Auto & Car Play. Tak hanya itu, mobil juga dlengkapi ftur jok dengan pengaturan electric, baik pada jok driver maupun penumpang. Menariknya lagi, tersedia tombol driver & passanger with walk in device, yang mempermudah pengemudi atau penumpang baris kedua, untuk pengaturan kursi penumpang di depannya.

Baca Juga : 9 Fitur Keamanan Canggih All New Ertiga, Standard Mobil Eropa Banget Gan !!

MESIN

Pada sektor motor penggerak, Kia menjejali mesin diesel 2.2 liter CRDi, yang sudah masuk generasi ketiga. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 200 PS (197 dk) pada 3.800 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 45,0 kg.m (441,3 Nm) pada 1.750- 2.750 rpm, terbesar di kelasnya saat ini. Nah, dengan torsi yang besar tadi, Kia Grand Sedona Diesel ini diklaim efsien dalam penggunaan bahan bakar Patut dites nih

Baca Juga  Sport Car Terbaik di Dunia, Nissan Blade Glider

RASA BERKENDARA

Saat giliran kami mengemudikan mobil ini, kesan pertama yang kami rasakan adalah kinerja mesin dieselnya yang memang sangat halus. Di bagian pengemudi pun redaman kabin terasa sangat baik. Jadi tak sabar nih untuk merasakan performa akselerasinya. Mengambil lokasi test di kawasan Pantai Mutiara, pedal gas pun coba kami injak dalam. Woww.. badan terasa seperti ‘dijambak’ sob! Padahal dimensi mobil ini lumayan bongsor loh. Maklum, torsinya gede banget sih. Iseng-iseng kami coba start launch diam ditempat, hehehe.. ban depan langsung spin cuy! Sayang, sesi test drive tidak lama, padahal ‘nagih’ banget sama tenaganya!

Harga :

Mobil ini dipasarkan dengan banderol Rp 595 juta on the road (OTR) Jakarta. Lebih mahal dari versi bensin yang dilepas Rp 503 juta – 561 juta OTR Jakarta. “Harga tersebut masih harga promo sampai di GIIAS 2018 nanti. Saya juga belum bisa pastikan sampai kapan harga promo ini. Tergantung Fluktuasi nilai tukar Dollar arahnya mau kemana,” ujar Harry Yanto, General Marketing Business Development KMI.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.