Apa itu Mobil Hybrid? Tipe Mobil Hybrid Apa saja?

  • Whatsapp

Apa itu Mobil Hybrid? Tipe Mobil Hybrid Apa saja?

 

Melihat berbagai bukti yang ada, sulit untuk tidak mengaitkan perkembangan dunia otomotif dengan pemanasan global. Satu kontribusi langsung pada fenomena itu adalah meningkatnya efek rumah kaca yang ada di atmosfer. Rekomendasi HP Terbaru Terbaik Kamera 20mp dan RAM 6gb

 

mobil hybrid dan tipenya

 

Berdasar studi, pada 2011 di Amerika saja terdapat enam miliar metrik ton gas yang terdiri dari karbon dioksida terperangkap di atmosfer, dan sekitar 28 persennya disebabkan oleh dunia transportasi yang terdiri dari mobil, truk, kapal, pesawat dan sebagainya. Kini, mayoritas mobil menggunakan mesin yang tenaganya berasal dari bensin dan solar. Sekalipun diklaim makin efisien sesungguhnya mesin-mesin itu tidaklah benar-benar efisien. Faktanya, ketika mesin melakukan pembakaran, energi yang dihasilkan hanya sekitar 25 hingga 30 persen saja sementara sisanya digunakan untuk mengurangi friksi, memberi daya bagi beragama komponen dan sebagian lainnya hilang di atmosfer sebagai panas. Mobil elektronik bisa membantu kita lepas dari situasi yang sulit ini. Karena mobil elektronik dianggap lebih efisien dalam menyimpan energi dan lebih efektif ketika mengkonversinya, yang bisa mencapai 80 persen dari energi yang tersimpan (dalam bentuk baterai lithium ion) menjadi tenaga. Namun mobil jenis ini masih terkendala oleh keterbatasan teknologi.

Baca Juga  Inilah Motor Matic Terbaik 2019

 

Contohnya, daya jelajah mobil elektronik masih terbatas dan lamanya waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai. Ditambah lagi minimnya infrastruktur yang mendukung mobil elektronik ini agar menjadi lebih mudah diadopsi untuk penggunaan sehari-hari, di manapun. Adanya aneka kendala itu maka mobil hibrida dianggap bisa menjadi solusi dari persoalan lingkungan yang sedang kita hadapi saat ini. Karena mobil hibrida menggunakan mesin dengan pembakaran dan motor elektronik sekaligus. Menjadikannya tetap mudah ketika mengisi sumber tenaganya seperti yang selama ini ada namun menawarkan efisiensi mobil elektronik. Daftar Harga iPhone Termurah 2018 Resmi iBox Distributor Indonesia

 

 

TIPE HIBRIDA Secara umum, mobil hibrida terbagi atas tiga kategori tergantung dari kemampuannya.

Baca Juga  Kaca Film Terbaik agar Mobil Tidak Panas

Mild Hybrids Mengacu pada kendaraan dengan penggunaan hibrida yang terbatas. Pada mobil, itu berarti mobil ini tidak bisa berjalan hanya dengan menggunakan baterai saja. Beberapa contoh mobil jenis ini adalah Honda CR-Z dan Insight serta Mercedes-Benz S400 Hybrid.

 

Full Hybrid Juga kerap disebut hibrida penuh, merupakan mobil hibrida yang bisa berjalan hanya dengan tenaga baterai atau mesin saja atau kombinasi keduanya. Perbedaan utama antara Full dan Mild Hybrid adalah yang Full bisa hanya mengandalkan elektronik sekalipun daya jelajahnya terbatas. Kebanyakan mobil hibrida adalah Full Hybrid dan beberapa contohnya adalah Toyota Prius, Chevrolet Volt dan bahkan McLaren P1 serta Porsche 918 Spyder.

Baca Juga  Kelebihan Kekurangan All New Honda CB150R

 

Plug-in Hybrids Beberapa Full hybrid juga dikenal sebagai Plug-in hybrid. Sesuai namanya, mobil dalam kategori ini memiliki baterai yang bisa diisi ulang dengan mencolokkan ke listrik menggunakan colokan listrik yang menempel di tembok seperti yang selama ini kita kenal atau melalui perangkat pengisian baterai khusus. Energi ini bisa digunakan untuk berjalan dengan jangkauan terbatas sebelum nantinya menggunakan mesin bertenaga bensin untuk menambah daya jelajahnya. Beberapa mobil jenis ini adalah Panamera S E-Hybrid dari Porsche.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.