Diskon Mobil Akhir Tahun 2019 2020

  • Whatsapp

Inilah Daftar Diskon Mobil Akhir Tahun 2019

Diskon Mobil Baru Akhir Tahun 2019
Merek Besaran Diskon
TOYOTA
New Avanza A/T Rp 9-10 juta
New Avanza M/T Rp 15-17 juta
Agya Rp 13 juta
Yaris Rp 20 juta
Calya Rp 5 juta
Sienta Rp 20 juta
All New Rush Rp 10 juta
MITSUBISHI
Xpander Rp 12 juta
Pajero Sport Rp 25 juta
HONDA
Civic Sedan/Hatchback Rp 5 juta
City Rp 10 juta
New CR-V Rp 15 juta
New Jazz Rp 10 juta
New Mobilio Rp 15 juta
New Brio Rp 2 juta
New HR-V Rp 10 juta
New BR-V Rp 10 juta
SUZUKI
All New Ertiga Rp 25-30 juta
All New Ertiga Sport Rp 20 juta
New Baleno Rp 15 juta
SX4 S-Cross Rp 20 juta
Karimun Wagon R Rp 15 juta
Karimun Wagon R GS AGS Rp 13 juta
APV Rp 5 juta
Ignis Rp 20 juta
New Carry Pick Up Rp 22 juta
New Carry Pick Up Power Steering Rp 20 juta
DFSK
Glory 580 1.5 L Turbo A/T (2018) Rp 50 juta
Glory 580 Rp 20 juta
Glory 560 Rp 2 juta
WULING
Confero Rp 13-15 juta
Cortez Rp 16,5 juta
NISSAN
All New Livina VE A/T dan VL A/T Rp 12 juta
Terra Rp 5 juta
March Rp 5 juta
DATSUN
GO Panca Live Rp 10 juta

Beli mobil akhir tahun, lumrah diganjar diskon yang menarik. Pas banget buat Anda yang lagi mengincar mobil idaman. Maklum nyaris semua dealer saat ini tengah mengumbar diskon, yang ditujukan menggenjot penjualan jelang tutup buku 2018. Kami melakukan survey ke berbagai dealer resmi untuk mengetahui besaran diskon tiap model. Berdasarkan data yang dihimpun dari para tenaga penjual, hampir semua model ada diskon, kecuali modelmodel baru yang inden. Diskonnya bervariasi, bahkan ada yang mencapai Rp 50 juta. Itupun masih bisa lebih, yakni dengan pengajuan diskon tambahan ke kepala cabang dealer.

Perang diskon mobil-mobil baru makin menggila. Selain rakitan anyar, yang memiliki VIN (Vehicle Identifcation Number) 2018 yang banyak menyuguhkan diskon, mobil-mobil rakitan sebelum 2018 juga pastinya mengumbar potongan uang muka yang jumlahnya kian besar. Khususnya untuk barang stok yang belum sempat habis terjual. Alhasil langkah cuci gudang menjadi siasat jitu untuk menghabiskan stok. Kami melakukan perburuan ke berbagai dealer serta pameran guna mengetahui besaran diskon mobil dengan VIN lama cetakan sebelum 2018. Hasilnya, ada lho diskon mobil baru sampai Rp 125 juta. Wow! Penasaran kan? Yuks diintip lebih jelas. Tapi ingat, besaran diskon bisa berbeda-beda. Sebab tergantung penawaran yang diajukan tenaga penjual pada tiap dealer. Alangkah baiknya untuk mengajukan penawaran lanjutan kepada pihak dealer, nego terus sampai mentok. Selamat berburu diskon mobil baru VIN lama.

Baca Juga : Mobil Pesaing XPander Apa aja sih ?

Diskon Mobil Akhir Tahun Honda

Sedang mengincar mobil Honda, ada program menarik bertajuk ‘End of Year Surprize. Makin Cepat, Makin Untung!’. Konsumen pembelian model Honda New Mobilio dan New BR-V, akan mendapatkan promo gratis uang bensin senilai Rp 6 juta. Masih ditambah gratis paket perawatan berkala (free jasa dan parts sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun). Lalu buat konsumen yang mengajukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) langsung dilokasi (on the spot), dijamin pasti mendapat uang bensin sebesar Rp 2 juta. Soal diskon unit rinciannya sebagai berikut. “Civic Sedan dan Hatchback masing-masing Rp 5 juta, City Rp 10 juta, New CR-V Rp 15 juta, New Jazz Rp 10 juta, New Mobilio Rp 15 juta, New Brio Rp 2 juta, New HR-V Rp 10 juta dan New BR-V Rp 10 juta,” rinci salah satu wiraniaga Honda di Jaksel. Silakan langsung datang ke dealer

HONDA Produk baru Honda, seperti All New Brio (Satya dan RS) dan New HR-V belum ada diskon. Sedangkan untuk Honda Mobilio dan BR-V bisa korting hingga Rp 30 juta. “Kalau serius bisa nambah (diskon) kok,” ujar salesman dealer resmi mobil Honda di daerah Tangerang. Survey dilanjut ke daerah Jakbar. “Mobilio dan BR-V kena diskon Rp 25 juta. Untuk Jazz dan CR-V Rp 15 juta, dan Civic Rp 10 juta. Khusus pembelian Mobilio dan BR-V akan mendapat hadiah langsung berupa voucher liburan atau belanja dari MAP senilai Rp 4,5 juta (pilih salah satu),” sebut tenaga penjual dealer Honda tersebut. Selain itu, ada juga promo khusus bernama Honda Loyalist & Conquest Customer. “Program tersebut untuk pelajar/mahasiswa, serta guru/dosen khusus pembelian All New Brio dan New HR-V,” rincinya lagi.

Mampir ke salah satu dealer Honda di bilangan Bintaro, Tangsel ternyata memberikan diskon yang cukup besar untuk Honda Mobilio dan BR-V rakitan 2017. Belum puas, kami menyambangi sebuah pameran yang dihajat salah satu perbankan swasta di bilangan Tangsel, hasilnya masih ada beberapa stok mobil Honda rakitan 2016, yang diskonnya tembus Rp 125 juta;

  • Jazz S MT (2016): Diskon Rp 40 juta
  • Jazz RS MT (2017): Diskon Rp 25 juta
  • Mobilio E CVT, RS M/T, RS CVT (2017): Diskon Rp 40 juta
  • BR-V tipe E M/T, E CVT, Prestige CVT (2017): Diskon Rp 40 juta
  • CR-V 2.4 AT Prestige (2016): Diskon Rp 80 juta
  • CR-V 1.5 CVT Prestige (2017): Diskon Rp 20 juta
  • Accord 2.4 VTI-L AT (2016): Diskon Rp 125 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Mazda

Menurut salah satu tenaga penjual dealer Mazda di bilangan Jakpus, hampir semua model yang dijual saat ini merupakan rakitan 2017. Artinya memang belum datang unit rakitan 2018. Berikut ini mobil Mazda rakitan 2017 yang kena potongan harga.

  • Mazda2 R AT (2017): Diskon Rp 30 juta
  • Mazda2 GT AT (2017): Diskon Rp 30 juta
  • Biante (2017): Diskon Rp 60 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Nissan-Datsun

Berkunjung ke salah satu dealer Nissan-Datsun di Kebon Jeruk, Jakbar, diketahui ada promo menarik yang ditawarkan untuk model tertentu. Tak cuma itu, masih ada ‘plus-plus’ lainnya juga lho. Apa saja itu? “Model Nissan All New Livina tipe VE A/T dan VL A/T kena diskon Rp 12 juta,” buka salah satu sales yang bertugas di situ. Ia menambahkan, selain diskon setiap pembelian Nissan All New Livina model tersebut akan mendapatkan gratis aksesoris berupa talang air, kaca flm dan voucher e-toll dan OVO masing-masing Rp 500 ribu.

Itu pun masih ditambah gratis sarung mobil atau kunci setir (pilih salah satu). Selain itu, ada juga promo untuk profesi tertentu. “Khusus buat yang berprofesi sebagai PNS, Polri dan TNI, kita ada promo bernama Terra Bhakti Pertiwi. Yaitu tambahan diskon OTR Nissan Terra sebesar lebih dari Rp 5 juta. Lalu ada Millennial Package berupa tambahan diskon OTR Nissan March sebesar lebih dari Rp 5 juta dengan melampirkan kartu pelajar,” tambahnya. Sedangkan untuk Datsun, varian GO Panca 1.2 Live kena diskon Rp 10 juta. “Namun saat ini di tempat kami hanya ada pilihan warna putih. Selain itu harus inden dulu,” pungkasnya.

Mampir ke dealer Nissan-Datsun di wilayah Jaksel, diketahui masih ada beberapa model dengan VIN 2017. “Ada dua model, yaitu Grand Livina 1.5 HWS Autech dan X-Trail 2.5 CVT. Tapi jumlah unitnya tidak banyak,” beber seorang wiraniaga dealer Nissan tersebut. Menariknya, kedua model tersebut diskonnya cukup besar, yakni Rp 50 juta. “Kalau yang VIN 2018, besaran diskonnya antara lain Grand Livina & X-Trail all type Rp 35 juta, Serena Rp 25 juta, March Rp 20 juta. Kalau Datsun diskon mulai Rp 10 jutaan,” rincinya, seraya bilang selain diskon, juga dapat free kaca flm Solar Gard.

Baca Juga  Ini Rahasia Membuat Mobil Tetap Kinclong Seperti Baru

Di salah satu dealer Nissan-Datsun di wilayah Tangsel, masih menyimpan beberapa unit rakitan 2017. Pun begitu pada pameran di ICE, BSD, Tangsel mobil-mobil ini memiliki diskon yang cukup menarik untuk disimak. Dengan diskon tersebut, tentu akan meringankan konsumen. Apa saja?

  • Nissan Grand Livina SV (2017): Rp 32 juta
  • Nissan Grand Livina XV (2017): Diskon Rp 32 juta
  • Nissan Serena HWS (2017): Diskon Rp 20 juta
  • Nissan X-Trail 2.5 CVT (2017): Diskon Rp 25 juta
  • Nissan March 1.2 AT dan MT (2017): Diskon Rp 25 juta
  • Nissan March 1.2 XS AT (2017): Diskon Rp 20 juta
  • Nissan Juke (2017): Diskon Rp 20 juta
  • Datsun GO+ Panca T Option (2017): Diskon Rp 15 juta
  • Datsun GO Panca T Active (2017): Diskon Rp 10 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Mitsubishi

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) punya promo berjudul ‘Waktunya Punya Mitsubishi’. Yaitu dengan menggelar program Year End Festival. Besaran diskon bervariasi tergantung tipe. Untuk Xpander, ada promo bunga 0% sampai dengan tenor 2 tahun atau DP ringan mulai dari 10%, atau gratis asuransi selama dua tahun untuk pembiayaan melalui PT Dipo Star Finance. Lalu ada program trade in (tukar tambah) khusus tipe Ultimate, Sport dan Exceed. Selain itu, konsumen juga akan mendapat bonus berupa kaca flm Konica Minolta, gratis biaya jasa servis (sesuai dengan buku manual) hingga 50.000 km atau 4 tahun, berlaku untuk semua varian. Masih ditambah dengan gratis paket smart gold untuk perawatan/ servis berkala hingga 50.000 km atau tiga tahun. Mengenai diskon, “Xpander kena Rp 12 juta untuk tipe Exceed, Sport dan Ultimate. Sedangkan Pajero Sport diangka Rp 25 juta,” beber salah satu sales Mitsubishi di Cipondoh, Tangerang. Ia menambahkan, khusus Xpander tipe Exceed ke atas (hingga Ultimate) unitnya ready stock. Sedangkan tipe GLS dan GLX inden sebulan.

Ngincar Xpander? Maaf, saat ini masih belum ada diskon. Sebab masih baru dan antriannya lumayan panjang. Tapi untuk All New Pajero sport dikenakan potongan Rp 35 juta. Sedangkan New Outlander sport bisa mencapai Rp 40 juta. Sangat lumayan mengingat kedua SUV tersebut tergolong populer di kelasnya. Info tersebut didapat dari salesman dealer Mitsubishi di Tangsel. Belum puas, kami bergeser ke Mitsubishi di bilangan Jaksel. “Xpander tidak ada diskon. Tapi unitnya ready stock untuk semua tipe. Tidak inden lagi seperti beberapa waktu lalu. Selain itu, setiap pembelian unit Xpander tipe apa saja akan mendapatkan Samsung Galaxy Tab A series,” promo seorang wiraniaga yang sedang membuka pameran di salah satu mall di bilangan Jaksel. Masih menurut wiraniaga tersebut, semua pembelian unit Mitsubishi akan mendapatkan free kaca flm Konica Minolta dan gratis jasa servis selama 3 tahun

Berkunjung ke salah satu dealer di wilayah Duren Sawit, Jaktim yang juga memberikan potongan harga untuk mobil-mobil VIN tahun lalu. Pun begitu saat menyambangi sebuah pameran di bilangan Tangsel, diskon untuk rakitan 2017 justru lebih besar. Tapi sebelumnya harus melakukan booking unit sebesar Rp 5 juta

  • Outlander Sport (2017): Diskon Rp 35 juta
  • Mirage (2017): Diskon Rp 20 juta
  • All New Pajero Sport (2017): Diskon Rp 15 juta
  • All New Triton (2017): Diskon Rp 15 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Toyota

Mampir ke dealer Toyota ada penawaran bertajuk Toyota Spektakuler, yang artinya ‘Semakin Banyak Keuntungan Di Akhir Tahun’. Program ini akan roadshow di tujuh kota (Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Malang, dan Makassar). Dimulai dengan lucky draw berhadiah total tiga unit C-HR Hybrid, satu unit Alphard, dan 90 unit iPhone 11. Kemudian ada bunga ringan 3,7% dengan tenor kredit 3 tahun, serta DP murah dan cicilan ringan. Salah satunya uang muka untuk Avanza ataupun Veloz, dengan DP 10 jutaan ataupun cicilan Rp 3 jutaan selama 4-5 tahun. “Masih ada lagi, yaitu program trade in dengan tambahan Rp 3 juta,” ucap salah satu tenaga penjual di dealer resmi Toyota di bilangan Jaksel. Soal diskon, diawali New Avanza yang dibedakan berdasarkan jenis transmisinya. “New Avanza tipe otomatis diskon Rp 9-10 juta, tipe manual diskon Rp 15-17 juta. Untuk Agya diskon Rp 13 juta, Yaris Rp 20 juta, Calya Rp 5 juta, Sienta Rp 20 juta, dan All New Rush diskon Rp 10 juta,” bebernya lagi

Berkunjung ke showroom Toyota, disuguhkan pilihan diskon yang bervariasi tergantung modelnya. Mulai dari Grand New Avanza dengan potongan harga berkisar Rp 23-26 juta. “Potongan harga akan diakumulasi ke Total Down Payment (TDP),” seru salah satu wiraniaga di dealer Astrido Toyota bilangan Jakbar. Varian lain yang mendapatkan diskon adalah Toyota Calya dan Toyota Agya. Kedua LCGC (Low Cost Green Car) ini akan dapat potpngan Rp 12-15 juta. “Dealer lain potongan harganya hanya berkisar Rp 8-10 juta. Cukuplah untuk milenial yang baru memulai punya mobil,” kata seorang sales representative dealer Tunas Toyota, di bilangan Tangsel. Dilanjutkan dengan New Yaris, potongan harganya terbilang besar yakni Rp 25-27 juta. Demikian juga dengan New Toyota Fortuner yang bisa sampai Rp 32-35 juta. “Semakin tinggi tipenya, semakin besar juga nih diskonnya,” tutur wiraniaga dari Astrido Toyota tersebut. Berikutnya New Innova, diganjar diskon hingga Rp 23 juta untuk semua tipenya.

Baca Juga  Velg Mobil Elegan, dari Serat Karbon

Di salah satu dealer Toyota di bilangan Tangsel, serta di ICE BSD dalam ajang pameran diketahui masih ada beberapa model rakitan 2017. Diskonnya bervariasi, berikut ini detailnya;

  • Agya 1.0 G M/T (2017) : Diskon Rp 10 juta
  • Grand New Avanza 1.3 G MT (2017): Diskon Rp 30 juta
  • New Avanza 1.3 Veloz AT (2017): Diskon Rp 30 juta
  • New Avanza 1.5 Veloz AT (2017): Diskon Rp 30 juta
  • Sienta (2017): Diskon Rp 40 juta
  • Calya (2017): Diskon Rp 8 juta
  • Camry 2.5 V AT (2017): Diskon Rp 27 juta
  • Innova 2.0 V MT Bensin (2017): Diskon Rp 36 juta
  • Innova 2.0 Q MT Bensin (2017): Diskon Rp 36 juta
  • Fortuner 4×2 2.4 G AT Diesel (2017): Diskon Rp 40 juta
  • Fortuner 4×2 2.7 SRZ AT Bensin TRD (2017): Diskon Rp 40 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Wuling

Menyambangi dealer Wuling Motors punya program Super Oktober. Terdiri dari DP dan angsuran ringan hingga hadiah spesial. Rinciannya, silahkan intip website resminya wuling.id. Untuk mendapatkan promonya, konsumen harus menyelesaikan transaksi (faktur) maksimal akhir Oktober 2019. Promonya mencakup hadiah undian mobil Confero, motor, TV LED 43 inci dan lain sebagainya. Berlaku mulai Oktober sampai Desember 2019. “Serta 20 voucher belanja senilai Rp 1 juta,” kata salah seorang tenaga penjual di dealer Wuling Maju Motor Group. Selain itu juga ada penawaran diskon menarik. “Confero sampai Rp 13-15 juta, Cortez mentok di Rp 16,5 juta,” imbuh sales di dealer yang berlokasi di Ciputat, Tangsel.

Lagi cari Wuling? Kalau pilih yang Cortez, bisa dapat diskon Rp 10 juta. Informasi itu dari sales counter dealer Wuling di Jakbar. “Barang ready enggak inden. Kalau SPK November ini akan diberikan voucher belanja Rp 1 juta. Kami enggak bisa kasih banyak-banyak karena kami masih merek baru. Takutnya (kalau diskon gede) akan jatuhin brand Wuling,” ungkap salesman dealer Wuling tersebut. Selain itu, bisa pula pakai program trade in dengan merek mobil lain. “Kami akan tambah lagi Rp 3 juta (potongan) kalau deal dengan rekanan showroom mobil bekas kami,” jelasnya lagi. Bergeser ke dealer Wuling lainnya, Confero diganjar diskon Rp 5 juta. “Ada diskon untuk Wuling Confero semua varian sebesar Rp 5 juta. Itu berlaku untuk pemesanan bulan ini saja,” ujar salah satu wiraniaga di dealer Wuling daerah Jakbar.

  • Confero S 1.5 C (2017): Diskon Rp 13 juta
  • Confero S 1.5 C Lux (2017): Diskon Rp 13 juta
  • Confero S 1.5L (2017): Diskon Rp 13 juta
  • Confero S 1.5C Lux+ (2017): Diskon Rp 10 juta
  • Confero S 1.5L Lux (2017): Diskon Rp 10 juta
  • Confero S 1.5L Lux+ (2017): Diskon Rp 10 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Suzuki

SUZUKI Tiap dealer Suzuki punya program menarik dalam rangka program penjualan akhir tahun. Salah satunya di dealer Suzuki di bilangan Ciputat, Tangsel. “Kami ada program DP ringan. Misalnya New Carry DP Rp 5 juta, Ignis DP Rp 12 juta, Ertiga DP Rp 15 juta, dan Wagon R DP Rp 10 juta. Masih ditambah free aksesosoris berupa talang air, kaca flm, dan karpet dasar,” tutur salah seorang wiraniaga dealer Suzuki yang kami temui. Mengenai diskon, dimulai oleh All New Ertiga tipe GA, GL dan GX dengan besaran diskon Rp 25-30 juta. “Kemudian All New Ertiga Sport diskon Rp 20 juta. Lalu Karimun Wagon R semua tipe diskon Rp 15 juta. Ignis semua tipe diskon Rp 20 juta. New Carry Pick Up diskon Rp 20-22 juta. APV diskon Rp 5 juta. New Baleno diskon Rp 15 juta dan SX4 S-Cross diskon Rp 20 juta,” rincinya lagi. Belum selesai sampai di situ, besaran diskon tersebut juga bisa dikonversikan menjadi hadiah langsung motor. “Motornya tentu Suzuki senilai harga diskon. Tapi kami juga membolehkan motor selain Suzuki, selama sesuai dengan besaran diskon yang diberikan,” imbuhnya menerangkan

Diskon paling besar datang dari Suzuki All New Ertiga tipe GA, GL, dan GX, berkisar Rp 27–30 juta. “Lebih baik beli sampai Desember, harga dan diskonnya masih berlaku. Selama stoknya masih ada sih,” kata seorang tenaga penjual Suzuki Citra Asri Buana di Tangsel. Jika pilihannya pada APV diskon cuma Rp 13-15 juta. Stok APV di sejumlah dealer mulai menipis. “Kami bisa saja melayani pembelian Suzuki APV, cuma akan inden sampai Januari tahun depan. Harganya pun sudah pasti naik disesuaikan dengan harga 2019,” sebut sales dari Suzuki Dwi Perkasa Mobiltama, Tangsel. Varian lain yang terbilang favorit adalah Suzuki Ignis, diskon tertinggi sebesar Rp 20 juta. Untuk mobil CBU seperti Suzuki Baleno hatchback dan Suzuki SX4 S-Cross terbilang sulit mendapatkan diskonnya. “Cuma kami yang saat ini bisa kasih diskon SX4 S-Cross sampai Rp 25 juta nih. Sampai akhir tahun,” bilangnya lagi.

Mengunjungi dealer resmi Suzuki Indomobil Sales (SIS) di kawasan, Jaksel, menginformasikan bahwa pihaknya masih menyediakan sejumlah unit rakitan tahun 2017. Diskon yang ditawarkan juga cukup menggiurkan

  • Ignis GL (2017): Diskon Rp 15 juta
  • Iginis AGS (2017): Diskon Rp 12 juta
  • Ertiga Dreza (2017): Diskon Rp 32 juta
  • Ertiga Diesel (2017): Diskon Rp 32 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Hyundai

Hampir semua model Hyundai masih rakitan 2017. Seperti yang ditemui di salah satu dealer Hyundai bilangan Jaktim, serta pada sebuah pameran di wilayah Tangsel. Berikut ini potongan harganya;

  • SantaFe (2016): Diskon Rp 50 jutaan
  • SantaFe Gasoline AT (2017): Diskon Rp 30 juta
  • All New Tucson GLS (2016): Diskon Rp 50 juta
  • All New Tucson XG Gasoline (2017): Diskon Rp 30 juta
  • Grand i10 GLX MT (2017): Diskon Rp 15 juta
  • All New i20 S MT (2016): Diskon Rp 40 juta
  • H-1 Elegance Gasoline Next Gen AT (2017): Diskon Rp 15 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Daihatsu

Pembelian Daihatsu Ayla periode November akan mendapatkan potongan sebesar Rp 11 juta dan gratis jasa servis 50.000 Km atau setara 3 tahun. “Bulan lalu potongan harganya hanya Rp 8 juta, sekarang sudah Rp 11 juta, khusus November saja. Kalau awal tahun biasa naik harga atau turun diskon,” kata salah satu Sales Counter dealer Daihatsu, di daerah Jaksel. Selain itu, di dealer ini, pembeli juga akan mendapatkan bonus lain seperti kaca flm 40%, voucher oli Rp 250 ribu, dan sarung jok. Sementara pada kantor cabang Daihatsu Serpong, diskon akhir tahun yang diberikan agak berbeda. “Untuk Ayla saya berani kasih tambahan, dengan total diskon jadi Rp 11,750 juta. Tapi kalau Sirion, saya tidak berani kasih tambahan sebab stok barang sedang kosong, sehingga harus inden,” jelas sales counter Astrido Daihatsu Serpong, Tangsel.

Baca Juga  Kegunaan dan Biaya Gurah Mesin Mobil

Untuk mobil-mobil berlambang D ini juga tentunya punya potongan yang menarik. Berdasar penelusuran ke beberapa dealer yang ada di Tangsel. Sangat bergantung pada negosiasi yang dilakukan dan juga lokasi dealer. Sebagai gambaran, beberapa ini besaran diskon yang ada

  • Great New Xenia (2017): Diskon Rp 30 juta
  • Luxio (2017): Diskon Rp 23 juta
  • New Ayla 1.0 (2017): Diskon Rp 10 juta
  • New Ayla 1.2 (2017): Diskon Rp 7 juta
  • Sigra 1.0 (2017): Diskon Rp 11 juta
  • Sigra 1.2 (2017): Diskon Rp 7 juta
  • Gran Max MB 1.5 D PS FH (2017): Diskon Rp 20 juta
  • All New Terios (2017): Diskon Rp 2 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun Kia

Menyambangi salah satu dealer Kia bilangan Jaksel, seorang wiraniaga membeberkan besaran diskon untuk produknya. “All New Picanto dan All New Rio CBU diskon Rp 20 juta. Untuk All New Sportage CBU kena diskon Rp 25 juta,” ujar seorang wiraniaga tersebut. Selain itu, ada tambahan berupa bonus kaca flm dan talang air

Bukan hanya pabrikan Jepang saja yang memiliki diskon besar, merek asal Korea juga demikian. Seperti dealer Kia Motor Indonesia yang berlokasi di Tebet, Jaksel. Dengan negosiasi yang cukup apik, konsumen bisa memperoleh diskon yang cukup baik untuk mobil dengan VIN 2017

  • All New Rio (2017): Diskon Rp 10 juta
  • All New Sportage (2017): Diskon Rp 15 juta

Diskon Mobil Akhir Tahun DFSK

Bagi Anda penyuka mobil berjenis SUV, salah satu dealer DFSK di Kebayoran Lama, Jaksel menawarkan promo menarik. Tak cuma itu, ternyata masih ada model dengan VIN lama (2018), tentunya dengan diskon yang besar. “Kita masih ada satu unit Glory 580 1.5 L Turbo A/T VIN 2018 warna merah maroon. Diskonnya cukup besar, Rp 50 juta. Kalau yang VIN 2019 diskonnya Rp 20 juta. Pikap DFSK Super Cab, promonya cicilan ringan Rp 100 ribu per hari dan DP ringan mulai dari Rp 9 jutaan,” terang wiraniaga yang bertugas di dealer tersebut. Masih menurutnya, untuk model Glory 560 Luxury 1.5 L Turbo CVT A/T harga OTR dari Rp 244 juta diskon jadi Rp 242 juta. Semua itu dikemas dalam program Year End Promo. Berlaku dari Oktober hingga Desember 2019, promo yang diberikan antara lain bunga 0%, cicilan ringan Rp 2-3 jutaan, DP spesial, door prize emas dan cashback Rp 1 juta untuk pembelian unit Glory 560 dan 580

Pemain baru, DFSK, ternyata juga sudah memberikan diskon. Memang tidak banyak, hanya Rp 10 juta, tapi tetap menarik. Dengan kondisi jika beli di periode 17 Oktober hingga 28 Desember 2018 dengan mengikuti promo Glorious Festival berhadiah menarik 5 unit Macbook Pro dan 80 smartphone Vivo V11. “Selain itu, bisa dapatkan cashback Rp 15 juta,” ujar salesman DFSK yang ditemui pada salah satu gelaran di bilangan Tangsel

Diskon Mobil Akhir Tahun Isuzu

Mampir ke salah satu dealer Isuzu, juga ada diskon untuk model rakitan 2017. Khususnya untuk model kendaraan penumpang produksi 2017. Berikut ini diantaranya;

  • mu-X (2017): Diskon Rp 30 juta
  • Panther Grand Touring (2017): Diskon Rp 5 juta

 

Kelebihan Kekurangan Mobil dengan VIN Lama

Bagi yang tidak peduli dengan tahun produksi mobil, membeli mobil 2018 dengan VIN (Vehicle Identifcation Number) sebelum 2018 (bisa 2017, atau bahkan 2016) tentu punya beberapa keuntungan. Harga yang didapat akan lebih murah dibanding mobil produksi 2018 sudah menjadi salah satu keuntungan pasti. Selain itu adalah pajak BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) juga lebih murah. Sehingga mempengaruhi harga penjualan on the road (OTR), serta berpengaruh pada besaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang dibayarkan tiap tahun. Tapi, tentu saja dibalik keuntungan ada kerugian juga. Pertama mengenai rugi pakai tahun. Maksudnya mobil baru didapat 2018, tapi sebenarnya sudah keluar sejak 2017. Selain itu, tentu saja nilai jual kembali atau resale value-nya, lebih rendah dibanding model rakitan 2018. Hal ini bisa dianggap sebagai kerugian bagi yang berencana menjual kembali mobilnya. Namun kalau mau dipakai terus, tentu tak ada ruginya pakai mobil baru VIN lama.

IDENTIFIKASI VIN

Vehicle Identifcation Number (VIN) atau biasa disebut dengan nomor rangka yakni nomor yang wajib dimiliki setiap unit kendaraan. Berfungsi untuk mengidentifkasi bahwa kendaraan tersebut terdaftar secara sah di suatu negara. “Pastinya tercantum pada setiap bodi kendaraan, cuma tempatnya berbeda-beda di setiap tipe kendaraan. Contohnya seperti Honda BR-V yang ada dibagian pengemudi yakni dibawah karpet lantai kabin,” ungkap Edi Haryadi, Service Manager dealer Honda Megatama Group. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena selain tertera di badan mobil, Edi juga mengatakan bahwa nomor VIN juga tercetak pada surat tanda kendaraan nomor kendaraan (STNK) dan di buku perawatan berkala.

“Kalau enggak mau repot mencari, bisa dilihat pada STNK kendaraan pasti tercantum dan ada juga di buku garansi servis ditempel,” lanjutnya. VIN ini juga enggak sekedar identitas kendaraan saja, sob. Tapi urutan angka atau nomor itu punya arti masing-masing, lho. “Contohnya Suzuki Ertiga, huruf depan MHGDN itu tipe mobilnya, selanjutnya angka 414 itu artinya 4 silinder 1.400 cc, terus huruf lagi SEG itu berarti tahunnya misalnya 2017 dan angka terakhirnya itu baru nomor rangka kendaraan,” jelas Ade Mukgiyantoro, Service Manager Suzuki Sejahtera Buana Trada cabang Puri Kembangan. Fungsi utamanya ialah supaya unit kendaraan yang kita miliki sesuai berdasarkan produk yang kita beli dan legal secara hukum. “Kalau secara teknis selama partnya cocok meskipun berbeda tipe kendaraan bisa saja, tapi kan jadi ilegal secara hukum, jadi ini upaya pemerintah juga untuk menertibkan kendaraan”

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.