Teknologi Mobil KIA Terbaru, Optima Sportswagon

  • Whatsapp

Teknologi Mobil KIA Terbaru, Optima Sportswagon

 

Optima Sportswagon menjadi usaha pertama Kia demi berkompetisi di segmen wagon medium.

 

Terinspirasi dari model konsep Show tahun 2015 silam, di pertama kali di Geneva Motor KiaSportspace yang muncul ajang pameran yang sama satu tahun setelahnya akhirnya muncul versi produksinya yang diberi nama Kia Optima Sportswagon. Kehadiran Sportswagon menjadi jawaban Kia terhadap kedinamisan pasar otomotif di Eropa, di mana dua pertiga dari total penjualan segmen­D, dan tiga perempat total penjualan kendaraan bisnis (fleet), didominasi oleh mobil jenis tourer (wagon).

mobil terbaru KIA

Kia Optima Sportswagon memiliki tampilan dan dimensi yang kurang lebih sama sepertiOptima Saloon, dengan panjang 4.855mm dan lebar 1.860mm, namun sedikit lebih tinggi 5mm (1.470mm) demi mengakomodasi tinggi ruang kompartemen belakangnya. Overhang belakangnya seolah menekankan volume visual dari bagian buritannya, namun tetap terlihat proporsional berkat sudutkaca belakangnya yang sedikit melandai, mirip konsep shooting­brake. Nama “Sport” juga terlihat dari bumper belakangnya dengan desain ala diffuser. Velg berdiameter 16­18 inci tersediasesuaipilihanvariannya. Untuk interiornya, Optima Sportswagon menawarkan kesan premium penuh teknologi. Pilihan interior satu warna atau dua warna bisa disesuaikan dengan preferensi pribadi, dan layar infotainment 7­inci (atau 8­inci dengan opsional navigasi satelit) juga dapat mengadopsi sistem operasi Android Auto ataupun Apple CarPlay. Layar ini juga bisa menampilkan 360­degree Around View Monitor saat bermanuver parkir. Audio standar 6­speaker juga bisa ditingkatkan lagi menggunakan sistem Harman Kardon Premium 590­watt 8­speaker.

Baca Juga  Mobil Sport Terbaru, Kecepatan Tinggi, Audi R8 V10 Plus Selection 24H

 

Sebagai mobil wagon yang menawarkan kepraktisan di kargo belakang, Optima Sportswagon memiliki kapasitas bagasi 553 liter, atau 48 liter lebih besar dibandingkan Optima Saloon. Jika dirasa kurang besar, tentu operasi pelipatan kursi baris kedua juga bisa menambah kapasitas tersebut dengan konfigurasi pelipatan 40:20:40. Pintu bagasi Sportswagon juga sudah menggunakan sistem elektronik. Kia Optima Sportswagon akan ditawarkandalamtigapilihan mesin 4­silinder: 1,7 liter CRDi diesel, 2,0 liter CVVL bensin, dan mesin Kia terbaru untuk model Sportswagon GT, 2,0 liter T­GDI turbo bensin. Semua pilihan mesin tersebut akan terhubung dengan transmisi manual 6­percepatan, ataupun otomatis 6­percepatan dan juga otomatis 7­percepatan dual­clutch terbaru buatan Kia khusus untuk mesin diesel CRDi yang mampu “menjinakkan” torsi besar khas turbodiesel di putaran bawah. Mesin CRDi tersebut menghasilkan tenaga 141 hp dan torsi maksimum 340 Nm mulai putaran 1.750­2.500 rpm. Sedangkan mesin bensin CVVL bensin naturally­aspirated menelurkan tenaga 163 hp dan torsi 196 Nm. Mesin T­GDI turbo menjadi dapur pacu Sportswagon paling “berotot”, dengan 245 hp dan torsi 353 Nm yang sudah tersedia di putaran lebih rendah daripada mesin dieselnya, 1.350­ 4.000 rpm. Mobil ini akan mulai dijual pada kuartal keempat tahun 2016, dan akan langsung diimpor dari pabrik Kia di Hwasung, Korea Selatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.